Tanya Veronika Asisten Virtual ‘Cantik’ dari Telkomsel yang Siap 24 Jam

509
tanya Veronika asisten virtual dari Telkomsel

Dulu, kita paling sering mendengar kata-kata begini: “Tak ada jawaban. Hanya terdengar suara Veronika.” Suara veronika muncul setidaknya karena dua hal: ponsel orang yang kita hubungi mati, atau tidak ada jaringan (sinyal). Suara Veronika, asisten virtual dari Telkomsel tidak pernah bosan menyapa kita.

Veronica ini sudah lama menjadi sahabat setia dan tidak pernah bosan menjawab pertanyaan kita. Kini, jika kita memiliki masalah atau ingin menanyakan sesuatu terkait produk dari Telkomsel, silakan tanya veronika asisten virtual Telkomsel.

Lalu, apa itu Veronica? Menurut informasi yang saya baca-baca, Veronica ini merupakan singkatan dari voice response and info care. Dulu, Veronica adalah mesin atau sistem penjawab pribadi yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan.

Si ‘mbak’ Veronika ini akan muncul ketika ponsel orang yang kita calling dalam keadaan mati, atau yang bersangkutan sedang berada di lokasi yang tidak ada sinyal. Si Veronika inilah yang memberitahu kita tentang keadaan orang yang ingin kita hubungi.

Apa itu Asisten Virtual?

Sebelum kita mengulas panjang lebar mengenai veronika asisten virtual dari Telkomsel, ada baiknya kita memahami lebih dulu istilah asisten virtual. Apalagi kita cukup sering mendengar istilah ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.

Istilah asisten virtual sebenarnya dialih-bahasakan dari frasa dalam bahasa Inggris, virtual assistant, yaitu sebuah profesi yang merujuk pada seseorang yang bertugas memberikan layanan administrasi dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh. Kerja jarak jauh ini sering disebut dengan kerja remote.

Bagaimana asisten virtual ini bekerja? Ya, sama saja seperti pekerjaan seorang asisten pada umumnya, yaitu untuk membantu menyelesaikan masalah rutin setiap hari. Seperti namanya, asisten virtual, semua pekerjaan mereka dilakukan secara virtual atau online.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, asisten virtual menjadi kebutuhan setiap perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen atau nasabah secara efektif dan efisien. Tugas mereka mulai dari menjawab semua keluhan dan pertanyaan dari konsumen, hingga membantu konsumen menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Sebagai sebuah perusahaan operator telekomunikasi dengan jutaan pengguna, Telkomsel tentu saja membutuhkan asisten virtual. Untung saja mereka mempunyai veronica, si mbak cantik yang sejak lama sudah setia menemani pengguna. Hanya saja pekerjaan Veronika ini tidak lagi sederhana saat jaringan 3G baru ditemukan.

Kita, para pengguna kartu Telkomsel, tentu tidak asing lagi dengan pekerjaan Veronika. Misalnya, ketika kita menelepon seseorang dan ponselnya dalam kondisi mati, maka muncullah Veronika untuk menjawabnya, dan kemudian mempersilakan kita meninggalkan pesan suara.

Begitu pula ketika kita mengirim pesan singkat kepada seseorang yang ponselnya sedang tidak aktif atau di luar jangkauan sinyal, maka pesan yang kita kirimkan akan masuk ke ponsel penerima ketika Hp dinyalakan dan memiliki sinyal (aktif).

Kini, Telkomsel, operator telekomunikasi dengan pengguna terbanyak di Indonesia membutuhkan asisten lebih dari sebelumnya. Itulah mengapa mereka memperbaharui layanan Veronica, dan memberi nama baru untuknya: Asisten Virtual Telkomsel.

Mengenal Veronika, Asisten Virtual Telkomsel

Veronika naik kelas dan derajatnya diangkat lebih tinggi dari Veronica ‘kecil’ ketika dunia digital belum berkembang pesat seperti hari ini. Sebagai asisten virtual, Veronika harus lebih canggih dan cerdas lebih dari sebelumnya, dan mereka juga harus menguasai platform digital.

Bagi yang masih bertanya-tanya, apa itu Veronika asisten virtual Telkomsel, penjelasan dari laman resmi Telkomsel bisa sedikit membantu. Asisten Virtual Telkomsel adalah sebuah layanan digital berbasis chat atau obrolan yang diluncurkan oleh Telkomsel.

Asisten virtual Veronika dari Telkomsel telah melayani pelanggan sejak 24 Agustus 2017. Operator seluler terbesar di Indonesia ini boleh berbangga, karena menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang memiliki layanan customer service berbasis kecerdasan buatan (AI). Layanan asisten virtual ini dapat berjalan dengan baik di aplikasi pesan.

Tanya veronika asisten virtual dibangun dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan. Teknologi ini digunakan secara virtual sebagai asisten untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan. Asisten memiliki kemampuan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui pesan chatbot. Tidak hanya itu, sebagai asisten virtual andal, veronika dapat mengeksekusi perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, beli paket data dan pulsa.

Dari penjelasan di atas, tampak jelas bahwa kehadiran asisten virtual veronika ini untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, lokasi MyGraPARI atau informasi lainnya seputar layanan Telkomsel. Semua tugas ini tentu saja tidak akan mampu diemban oleh veronika versi jadul.

Karenanya, kemampuan Veronika ditingkatkan agar mampu beradaptasi dengan perkembangan komunikasi yang lebih banyak menggunakan layanan pesan instan. Telkomsel menggandeng perusahaan teknologi Accenture, untuk menghadirkan asisten virtual Veronika yang hadir 7 x 24 jam. Hal ini akan mempermudah pelanggan untuk berinteraksi secara langsung melalui platform social chat.

Saat pertama kali diluncurkan, asisten virtual Telkomsel ini hanya tersedia di tiga platform, yaitu aplikasi LINE, Facebook Messenger, dan Telegram. Kini, para pengguna Telkomsel dapat menikmati layanan Asisten Virtual Telkomsel melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Boleh dibilang, transformasi Veronika ini menjadi solusi pelayanan pelanggan di kanal digital yang menggabungkan sisi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, customer analytics, dan interaksi manusia untuk menghasilkan sebuah layanan self-service yang memberikan pengalaman pengguna menjadi lebih baik, cepat, dan tepat.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), asisten virtual Veronika ini dapat menjawab berbagai permintaan informasi dari pelanggan. Di antaranya informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, informasi tagihan, informasi PIN T-Care, dan juga informasi PUK.

Transformasi GraPARI Virtual Telkomsel

Demi mengembangkan veronika asisten virtual, operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini merancangnya sebagai GraPARI Virtual. Sebagai asisten, mereka untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan dari pelanggan kapan pun dan di mana pun. Boleh dibilang, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengimplementasikan layanan virtual ini.

Dengan hadirnya GraPARI Virtual Telkomsel ini, memungkinkan pelanggan untuk memperoleh solusi layanan, seperti berlangganan paket, pembelian pulsa, membayar tagihan, serta melakukan redeem POIN.

Secara sederhana, veronika memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menangani pekerjaan seperti membeli pulsa, paket data, hingga melacak lokasi GraPARI terdekat. Semua informasi itu hanya cukup dilakukan lewat pertanyaan di aplikasi pesan instan.

Kendati demikian, Veronika Telkomsel belum bisa menerima keluhan pelanggan. Namun, pihak Telkomsel sangat yakin bahwa kemampuan tersebut bisa dipelajari AI Veronica seiring waktu berjalan.

Lalu, mengapa asisten virtual ini dibenamkan pada aplikasi layanan instan? Boleh jadi karena kini banyak masyarakat menggunakan media sosial. Bahkan, kecenderungan masyarakat mengakses media sosial disebut-sebut menjadi alasan Telkomsel meng-upgrade kemampuan Veronika.

“Indonesia adalah pengguna media sosial yang sangat besar, lima besar dunia, sehingga kita merasa perlu menghadirkan layanan digital di media sosial,” kata seorang perwakilan Telkomsel dalam pernyataan di media.

Nah, bagi Anda yang ingin mengakses layanan Veronica di Line dan Facebook Messenger bisa menghubunginya lewat akun @telkomsel. Sementara di Telegram, pengguna cukup mengontaknya di username telkomsel_official_bot. Untuk semua kebutuhan informasi terkait layanan Telkomsel, silakan tanya Veronika ssisten virtual cantik dari Telkomsel.

Untuk memulai percakapan dengan asisten virtual Telkomsel, cukup ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan. Selamat mencoba!

FAQ Veronika Telkomsel

Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chatting untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel. Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.
Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel. MyTelkomsel Situs web Telkomsel WhatsApp Facebook Messenger Telegram LINE Untuk melakukan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan.
Asisten Virtual Telkomsel telah melayani pelanggan sejak 24 Agustus 2017. Layanan ini tersedia selama 24 jam.
Saat ini layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.
Jika pelanggan salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
Untuk mengganti atau mengakhiri topik percakapan, Anda bisa mengetik “Batal” atau “Cancel”.
Untuk menemukan lokasi GraPARI terdekat, ketik "GraPARI terdekat" lalu gunakan fitur ’Share Location’.
Ada. Berikut beberapa aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika pelanggan berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel: - Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. - Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. - Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1x24 jam.
Veronica terkenal saat komunikasi telepon dan SMS masih mendominasi. VERONiCA (Voice Response and Info Care) merupakan mesin penjawab pribadai yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan. Saat itulah, terdengar suara wanita yang khas menyapa pelanggan dan memperkenalkan diri dengan nama Veronica.

Referensi:
– Telkomsel.com
– Gizmologi.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here