Kerja Online Dibayar Google? Begini Cara dan Langkah-langkahnya

Asyiknya kerja online dibayar google

Mau kerja online dibayar Google? Dapat uang gratis pula? Jika jawabannya ya, mulailah menggunakan beberapa produk Google di bawah ini.

Dalam postingan kali ini, kita akan mengupas cara mendapatkan uang dari Google secara gratis. Kami akan mengupas cara berikut langkah-langkah menghasilkan uang secara online dengan memanfaatkan produk dari Google.

Aplikasi penghasil uang dari Google berikut ini terbukti membayar dan termasuk paling legit. Banyak pemburu dollar di internet memanfaatkan aplikasi dari Google ini untuk menambah pundi-pundi dollar.

Sebagian dari pembaca mungkin bertanya-tanya, apakah kita bisa mendapatkan uang dari Google? Ataukah apakah ada kerja online yang dibayar oleh Google? Jika Anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Dengan memanfaatkan kolom Google pun sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan jawabannya. Soalnya cukup banyak artikel ditulis di internet yang membahas cara mendapatkan uang dari Google, dan sebagian dari mereka merekomendasikan aplikasi berikut ini.

Hanya saja, kadang-kadang sebagian blogger masih merahasiakan caranya secara mendetail. Alhasil, artikel yang diposting di blog hanya sekadar membidik kata kunci.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail apa saja produk Google yang memungkinkan para penggunanya menghasilkan uang.

Platform Online Penghasil Uang dari Google

Awalnya Google hadir untuk memudahkan para pengguna internet mencari informasi yang dapat diakses dengan mudah. Itulah yang semula dipikirkan Larry Page dan Sergei Brain ketika meluncurkan mesin pencari Google.

Dalam perjalanannya, Google sekadar menciptakan mesin pencari. Bisnisnya bergerak ke sana kemari dengan menghubungkan orang-orang. Sejumlah produk diluncurkan dan mulailah orang dibuat ketergantungan pada Google.

Para pendirinya sadar bahwa Google tidak dibuat sebagai perusahaan yang membagikan keuntungannya dengan pengguna. Setidaknya ini berlaku di masa-masa awal Google dibangun. Namun, mengumpulkan uang untuk perusahaan semata-mata tidaklah menyehatkan. Soalnya, Google pun butuh para pengguna yang bekerja secara tidak sadar untuk kepentingan Google.

Inilah yang membuat kita kini dapatkan menghasilkan uang dari Google. Ada beberapa layanan dan produk dari Google yang memungkinkan kita para pengguna ‘merampok’ sedikit uang dari Google.

Berikut ini beberapa produk Google yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang:

1. Google AdSense
Sebagai blogger, kita sudah sering mendengar bahwa google adsense merupakan platform penerbit iklan paling populer di dunia. Jadi wajar kalau Google Adsense dikenal sebagai layanan Google penghasil uang populer di dunia.

Lalu, bagaimana menghasilkan uang dari Google AdSense? Cara termudah mendapatkan uang dari Google AdSense adalah dengan membuat website/blog dan channel YouTube. Tanpa dua hal ini, Anda tidak mungkin menghasilkan uang dari Google AdSense.

Membuat website atau blog dewasa ini pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan layanan blog gratisan dari Google, yaitu Blogger atau Blogspot, dan platform blog berbayar: WordPress self-hosting.

Memiliki blog/website tidak serta merta Anda sudah bisa menghasilkan uang dari Google. Soalnya, untuk bisa menjadi publisher Google AdSense syaratnya cukup ketat. Blog atau Chanel Youtube anda harus memenuhi kriteria dan mematuhi pedoman kualitas ala Google agar bisa dimonetisasi.

Lagi pula, saat mendaftar sebagai penayang (publisher) Google AdSense, aplikasi Anda akan ditinjau oleh manusia dan bukan robot. Mereka akan memeriksa kualitas konten dari blog atau channel YouTube Anda.

Kalau dianggap layak, iklan akan tampil di website/blog atau channel Youtube milik anda. Di blog, iklan Adsense akan tampil dalam bentuk widget. Karenanya, Anda perlu mengatur posisinya secara manual. Namun, Anda bisa menggunakan layakan auto-ads yang memberi hak kepada Google untuk menempatkan iklan di posisi-posisi strategis.

Sementara, di Youtube, iklan akan tampil secara otomatis. Namun pengguna bisa mengatur letak iklannya di dalam video serta lokasi lain di featured video.

Apakah Anda otomatis akan mendapatkan uang? Tidak juga. Anda akan mendapatkan uang berdasarkan jumlah klik iklan atau berapa kali iklan tampil di website Anda. Jadi, selain berdasarkan jumlah klik atau cost per click (CPC), Anda akan mendapatkan uang berdasarkan impres per seribu kali tayang iklan atau cost per mile (CPM) dan click through rate (CTR).

Mengapa Google AdSense sangat diminati oleh pemilik website dan blog? Ini terkait dengan sistem bagi hasil yang diterapkan oleh Google sangat menguntungkan para publisher. Sebagai informasi, publisher akan mendapatkan 68% dari total pendapatan iklan, sisanya kembali ke Google.

2. Google Play Books
Kalau Anda seorang penulis, cobalah gunakan layanan Google Play Book. Ini adalah katalog buku digital yang dikelola Google dan terintegrasi dengan Google Play Store. Di platform ini Anda bisa mendapatkan buku atau eBook secara gratis maupun berbayar.

Sebagai penulis, Anda bisa menerbitkan buku atau ebook apa saja tanpa perlu mengeluarkan biaya apa pun. Ketika ada pengguna atau pembaca tertarik dengan buku Anda dan melakukan pembalian, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi. Pembagian jumlah komisi cukup manusiawi. Sebagai penulis Anda akan mendapatkan 70% dari total penjualan.

Jika kerja online Anda ingin dihargai oleh Google, maka Anda wajib memanfaatkan layanan dari Google Play Book. Platform ini memiliki jutaan pengguna dan tersebar di lebih dari 75 negara.

3. Youtube Channel
Kita sudah tahu kalau YouTube merupakan aplikasi berbagi video paling populer sejagat yang kini dimanfaatkan kreator konten untuk menghasilkan uang. Dengan pengguna harian yang mencapai jutaan orang, YouTube menjadi tambang uang Google paling potensial. Orang-orang kerap memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan uang.

Soalnya, menghasilkan uang dari YouTube sangat mudah dan gratis tentu saja. Anda cukup membuat channel di YouTube dan mengunggah video di sana. Untuk mulai menghasilkan uang, channel Anda harus memiliki 1000 subscriber serta jumlah tayangan video di channel Anda sudah mencapai 4000 jam tayang.

Syarat monetisasi channel YouTube ya itu saja, selain mematuhi ketentuan-ketentuan layanan dari Google. Ketika channel Anda sudah disetujui (dimonetisasi), maka Anda akan mulai menghasilkan uang dari iklan yang tampil di video yang Anda unggah.

4. Google Opinion Rewards
Kami sudah pernah membahas Google Opinion Rewards di blog ini sebelumnnya. Google Opinion Rewards merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Google. Melalui aplikasi ini, pengguna harus mengisi soal survei tentang belanja dan traveling yang tersedia.

Namun, Google Opinion Rewards tidak termasuk dalam kategori penghasilan reguler seperti aplikasi atau layanan lainnya yang kita bahas di postingan ini.

Untuk mendaftar Google Opinion Rewards, Anda bisa mendownload aplikasinya di Google Play Store. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan VPN saat mendownload dan mendaftar aplikasi ini.

Cara kerjanya sangat sederhana. Anda hanya perlu menjawab survei yang akan dikirimkan secara berkala (sesuai preferensi pengguna), dan setelah survei dijawab Anda akan diberikan kredit Google Play.

Survey biasanya dikirim setiap minggu, kadang kala lebih lama. Setelah mengisi kuisioner atau survey, anda akan dapat hadiah (gift).

Kredit yang didapatkan bisa digunakan untuk membeli aplikasi berbayar di Google play. Anda juga bisa mendapatkan kredit permainan hingga $1,00 setelah menyelesaikan survey.

Baca juga: Google Opinion Rewards, Aplikasi Penghasil Dollar dari Google

5. Google AdMob
Kalau Anda seorang developer dan pembuat aplikasi, maka Anda wajib menggunakan Google AdMob. Google AdMob merupakan perusahan periklanan seluler milik Google yang fokus pada iklan seluler, khususnya aplikasi android.

Jika Google AdSense adalah plaform iklan untuk website dan YouTube, maka Google AdMob adalah AdSense-nya untuk aplikasi seluler. Layanan ini terintegrasi dengan Google AdSense.

Anda bisa memonetisasi aplikasi android yang Anda buat dengan iklan Google AdMob. Syaratnya, aplikasi Anda sudah jadi dan lolos review Google Play serta tersedia di Goole Play.

Sebagai pembuat aplikasi, penghasilan Anda akan terus meningkat jika aplikasi buatan populer dan digunakan oleh banyak orang.

Proses pendaftaran di AdMob tidak sesukar mendaftar Google AdSense. Setelah aplikasi selesai dibuat, Anda bisa langsung mendaftar Google AdMob. Nantinya iklan akan tampil dalam tiga bentuk yakni Banner, Video dan iklan native atau asli, di aplikasi yang Anda buat.

Untuk memaksimalkan pendapatan, Anda bisa mengaktifkan satu atau lebih ID unit iklan. Fungsi ID ini untuk filter tempat-tempat strategis menampilkan iklan di dalam aplikasi. Sekilas ini memang mirip dengan iklan auto-ads di Google AdSense.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, kita jadi paham bahwa AdMob termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari Google Play Store dengan mudah dan gratis.

6. Blogger.com
Blogger adalah layanan blog gratisan milik Google yang memungkinkan pengguna menerbitkan tulisan. Awalnya blogger.com dikembangkan oleh Pyra Labs, dan pada tahun 2003, layanan ini resmi menjadi milik Google. Blog yang dibuat oleh pengguna dapat diakses dari subdomain “blogspot.com”.

Kalau Anda baru memulai ngeblog, ada baiknya Anda menggunakan layanan blog gratisan milik Google ini. Membuat blog di blogger cukup mudah. Buka blogger.com dan login menggunakan akun Gmail Anda. Buat blog dan mulailah membuat konten untuk mengasilkan uang dari platform ini.

Jenis konten yang bisa Anda unggah sangatlah variatif. Anda bisa memilih konten teks, gambar, video, audio-visual dan lain sebagainya. Desain tampilan blog bisa gunakan dari template default yang disediakan Blogger atau beli theme premium.

Salah satu kelebihan blogger di platform lain adalah anda bisa menggunakannya secara untuk mendapatkan uang dengan mudah.

7. Google Pay
Google pay adalah teknologi digital finance peer to peer yang bisa digunakan oleh siapapun selama sistem operasi ponsel mereka kompatibel dengan versi G-Pay saat ini.

Sebagai salah satu pembayaran digital populer, Google Pay memiliki program bagi hasil dengan pengguna yang nilainya cukup menguntungkan,tentu saja.

Google pay adalah hasil integrasi antara Android Pay dan Google Wallet. Google Pay menyatukan semua cara pembayaran yang dapat Anda lakukan dengan Google.

Untuk bisa menggunakan G-Pay, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

– Download dan instal G-Pay di Google Play store atau App Store
– Setelah itu lakukan registrasi seperti biasa. Jangan lupa tambahkan rekening bank di dalam aplikasi untuk bisa menggunakannya
– Setelah itu gunakanlah G-Pay untuk melakukan transaksi baik itu pembayaran atau pembelian dengan cukup mudah.
– Dengan Google Pay Anda bisa membuat PIN UPI rekening bank yang diinput saat melakukan pembayaran pertama dan selanjutnya.

Untuk menjaga akun Google Pay tetap aman, sebaiknya atur pin aplikasi di mana hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

Lalu, bagaimana sih cara menghasilkan uang dengan G-Pay? Caranya sangat mudah. Anda tinggal mengundang teman untuk bergabung dengan G-pay. Jika ada orang yang Anda undang itu menginstal G-Pay dan melakukan pembayaran pertama, maka Anda akan mendapatkan komisi 51% dari total pembayaran.

Cookie referral program G-Pay juga berlaku selamanya dan tersimpan di perangkat Android. Jadi, kapan pun teman Anda menginstal dan melakukan transaksi, tetap akan dianggap sebagai hasil link referral Anda.

Perlu diketahui, Anda akan terus mendapatkan komisi referral selama mereka masih menggunakan perangkat Android yang sama alias belum ganti HP baru.

8. Link referral G-Suite
Salah satu kerja online dibayar Google yang cukup mudah adalah menjadi referral G-Suite. Program referral dari Google ini memungkinkan pengguna G-Suite untuk menghasilkan uang tambahan dari layanan premium milik Google tersebut.

Cara kerja program referral G-Suite dari Google ini sama dengan program referral sejenis. Yaitu, jika ada orang yang berhasil bergabung dengan G-suite lewat program rujukan link milik kita, maka kita akan mendapatkan hadiah/uang.

Komisi yang diberikan oleh Google melalui G-suite pun cukup menggiurkan. Setiap orang yang berhasil Anda ajak dan menjadi pelanggan G-suite, Anda akan memperoleh komisi hingga $5,7 per orang.

Hanya saja, besaran pendapatan ini sangat tergantung pada wilayah tempat Anda tinggal dan harga yang dikeluarkan oleh pelanggan G-Suite rujukan Anda.

Secara umum, ada dua cara menjadi pelanggan premium di G-suite, yakni dengan G-Suite Basic dan G-Suite Bussiness. Biaya masing-masing layanan ini berbeda-beda.

Anda bisa menghasilkan menghasilkan uang dari dua layanan ini jika Anda menjadi pengguna dua platform tersebut. Lebih-lebih jika sebelumnya Anda sudah pernah berlangganan G-Suite.

9. Google Maps
Dewasa ini, keberadaan Google Maps sangatlah penting, terutama bagi Anda yang menyukai traveling. Belakangan, pemilik bisnis pun mulai menggunakan Google Maps untuk menandai lokasi bisnis mereka.

Apakah kita bisa menghasilkan uang dari Google Maps? Secara resmi jawabannya adalah tidak bisa. Tapi, yakinlah bahwa Anda pun kini bisa menghasilkan uang dari Google Maps. Itu bukan sesuatu yang mustahil dilakukan.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Maps? Untuk menghasilkan uang dari layanan peta Google ini, Anda dapat memaksimalkan fitur local guide yang teritegrasi dengan akun Google milik Anda.

Setelah dimaksimalkan, langkah berikutnya adalah mengajukan proposal kepada pemilik usaha entah itu restoran, mall, gedung, pengelola tempat wisata dan lain sebagainya.

Jika proposal diterima, Anda akan memberikan ulasan untuk bisnis mereka. Cara reviewnya pun mudah di mana Anda tinggal memasukkan foto atau video dalam ulasan Anda tentang tempat tersebut.

Agar pemilik bisnis tertarik dengan proposal yang Anda tawarkan, Anda harus sudah berstatus Street View Trusted Photographer (SVTP) di Google Maps. Dengan begitu anda bisa langsung kerja online dibayar google secara gratis.

SVTP merupakan status tertinggi local guide di Google Maps. Meski tidak dibayar langsung oleh Google seperti aplikasi lain, tapi cara ini tetap bisa dimaksimalkan oleh Anda untuk dapat uang.

Selain memberi review atau ulasan, Anda bisa mengklaim/membuat tempat usaha yang belum memiliki lokasi di Google Maps. Lalu Anda tawarkan kepada pemilik bisnis untuk mengelola Google Maps mereka untuk memaksimalkan jumlah kunjungan.

10. Google Meet
Google Meet adalah aplikasi untuk melakukan konferensi percakapan baik secara video dan audio online. Untuk menggunakan aplikasi ini sebenarnya mudah, Anda hanya memerlukan akun Gmail saja. Jadi, Google meet adalah platform untuk pertemuan online seperti Zoom.

Aplikasi ini merupakan salah satu dari dua aplikasi yang dibuat Google untuk menggantikan Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat. Seperti kita tahu, Google mulai menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019 silam.

Lalu, apakah kita dapat menghasilkan uang dari Google Meet? Jawabannya adalah tidak. Hanya saja, jika kita sedikit kreatif tentu kita bisa menghasilkan uang dari Google Meet.

Caranya seperti membuat kelas online atau webinar berbayar. Anda bisa memanfaatkan skill dan keahlian Anda. Siapa yang mau ikut kelas atau webinar Anda, mereka harus mendaftar dan membayar sejumlah uang.

Cara Mudah Kerja Online Dibayar Google yang Layak Dicoba

Itulah beberapa produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang secara online. Bahasa kerennya, kerja online dibayar google.

Baca juga: 10 Pekerjaan Online yang Menghasilkan Ribuan Dollar Tiap Bulan

Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan milik Google di atas untuk mendapatkan uang dari Google secara legal. Namun, sebelum mulai menghasilkan uang dari Google, perhatikan ketentuan layanan dan penggunaan yang sudah ditulis oleh Google. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan: akun dibanned dan sebagainya.

Sebagai kesimpulan: mencari dan menghasilkan uang dari Google itu sangatlah mudah. Kreativitas dan ketekunan kita adalah kuncinya. []

Berita sebelumya7 Situs Survey Online Berbayar di Indonesia yang Terbukti Membayar
Berita berikutnyaPublish0X: Cara Mudah Mendapatkan Uang Kripto FARM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here