Cara Belanja di Aplikasi SIPLah Kemdikbud untuk Satuan Pendidikan

cara belanja di aplikasi siplah kemendikbud

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim terus saja melakukan berbagai pembenahan di sektor pendidikan. Setelah sukses dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, ia juga meluncurkan program pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk sekolah melalui aplikasi SIPLah.

Tujuan dari aplikasi SIPLah adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, pihak satuan sekolah dapat dengan mudah memenuhi segala kebutuhan belajar mengajar. Di aplikasi ini satuan sekolah dapat berbelanja keperluan pembelajaran secara online melalui mitra SIPLah seperti SIPLah Blibli, Blanja, Gramedia, Telkom dan banyak lagi.

Seperti diketahui, untuk proses pengadaan barang dan jasa, pihak sekolah mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah. Jumlah penerimaan dana BOS masing-masing sekolah nominalnya berbeda-beda, berdasarkan dengan jumlah peserta didik yang terdaftar di sekolah.

Sebagai informasi, pihak sekolah kini wajib melakukan proses PBJ di situs SIPLah Kemdikbud. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan.

Dengan menggunakan SIPLah, sekolah atau instansi pendidikan dapat melaksanakan PBJ dengan efektif, efisien, transparan dan juga akuntabel. Dengan begitu, satuan pendidikan bisa memperoleh barang dan jasa yang sesuai dari dana yang sudah disalurkan.

Melalui tulisan ini, kami akan membahas apa itu aplikasi SIPLah, cara belanja di aplikasi SIPLah Kemdikbud, dan mitra SIPLah yang terdaftar di SIPLah Kemendikbud. Kami berharap dengan adanya informasi ini akan memudahkan satuan pendidikan dalam mendapatkan barang dan jasa melalui aplikasi pengadaan barang dan jasa.

Apa itu aplikasi SIPLah

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah atau SIPLah adalah portal atau platform yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan untuk melakukan pengadaan barang dan jasa. Satuan pendidikan dapat mengakses melalui laman siplah.kemdikbud.go.id.

Untuk dapat menggunakan dan melakukan login di aplikasi SIPLah, seorang user harus memiliki akun terlebih dahulu. Dan, akun login di SIPLah diambil dari akun aktif yang ada pada sistem Dapodik atau Single Sign On (SSO).

Satuan pendidikan dapat mengakses laman SIPLah dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan jaringan internet. Soalnya laman SIPLah itu berbentuk aplikasi berbasis web yaitu marketplace atau situs jual beli.

Untuk memudahkan satuan pendidikan berbelanja, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan penyempurnaan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah atau SIPLah. Kini, belanja barang dan jasa sekolah di SIPLah memiliki banyak keuntungan.

Sebagai tambahan, SIPLah merupakan sistem elektronik untuk Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) secara daring yang dananya bersumber dari BOS. Pengembangan platform belanja online ini dilakukan dalam rangka mendukung program digitalisasi sekolah yang menjadi salah satu prioritas Merdeka Belajar.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan, belanja di SIPLah dijamin 100% aman. Soalnya, seluruh sistem belanja telah mengikuti regulasi yang ada.

“Seluruh sistem sudah mengikuti regulasi yang ada, semua kepala sekolah, semua sekolah yang belanja ini (platform SIPLah) akan 100% aman” tegas Nadiem saat peluncuran Merdeka Belajar episode 12 pada Agustus tahun 2021 lalu.

Di sisi lain, SIPLah juga dinilai dapat mengurangi potensi praktik korupsi. Hal tersebut dikarenakan SIPLah menggunakan sistem yang terintegrasi dan pelaporan keuangan dilakukan secara digital.

Selain itu, kata Nadiem, belanja di SIPLah lebih transparan dan menghindari praktik intimidasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kunci daripada sistem ini untuk memberikan kepercayaan kepada kepala sekolah agar tidak terintimidasi oknum-oknum tertentu dan khawatir dalam pengadaan barang,” papar Nadiem.

Cara Login di Aplikasi SIPLah

Dalam aplikasi SIPLah, penjual diberikan fasilitas untuk bisa menawarkan seluruh barang dagangannya. Begitu juga halnya dengan satuan pendidikan yang dapat membeli keperluan pembelajaran sesuai dengan kaidah pengadaan barang dan jasa yang sudah ditetapkan.

Dengan begitu, semua riwayat transaksi dan dokumen PBJ yang dilakukan oleh penjual dan pembeli akan tersimpan aman di aplikasi tersebut.

Agar transaksi berjalan, maka terdapat sistem pengamanan yaitu autentikasi akun berupa user dan password. Untuk proses autentikasi itu harus menggunakan akun yang sudah terverifikasi di Dapodik.

Soalnya, pengguna SIPLah adalah satuan pendidikan. Jadi, akun yang bisa digunakan adalah akun yang sudah terdaftar di sistem pendataan pendidikan di Kemendikbud yaitu Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Akun Dapodik yang bisa mengakses SIPLah Kemendikbud yaitu user Kepala Satuan Pendidikan atau tenaga kependidikan yang sudah ditunjuk oleh Kepala Satuan Pendidikan, baik secara individu maupun kelompok kerja yang memang bertugas untuk melaksanakan PBJ.

User Kepala Satuan Pendidikan itu sendiri adalah akun GTK (Guru Tenaga Kependidikan) untuk Kepala Sekolah yang dibuat di aplikasi Dapodik. Sedangkan, user tenaga kependidikan adalah GTK untuk Pelaksana PBJ, di mana pada di aplikasi Dapodik harus ditambahkan tugas tambahan sebagai Pelaksana PBJ.

Meski kini sudah serba digital, sayangnya tak sedikit satuan pendidikan yang kerap mengalami kendala terkait penggunaan user Dapodik untuk login ke SIPLah. Nah, jika mengalami kendala tersebut, segera hubungi:

– Operator Dapodik Dinas Pendidikan.
– Helpdesk Dapodik di masing-masing jenjang pendidikan.

Belanja di Mitra SIPLah Blibi

Berikut ini kami jelaskan cara belanja di aplikasi SIPLah Kemdikbud untuk satuan pendidikan. Sebenarnya, berbelanja di aplikasi SIPLah sama saja seperti belanja di marketplace pada umumnya. Apalagi bagi Anda yang sudah berpengalaman berbelanja di aplikasi Blibi. Berikut langkah-langkah berbelanja di CV Raja Rimba, salah satu penjual di Mitra SIPLah Blibli:

1. Masuk ke laman SIPLah Blibli (siplah.blibli.com).
2. Pilih kategori “Pembeli”.
3. Masuk menggunakan akun yang terdaftar di Dapodik.
4. Lakukan pencarian barang atau produk atau klik di sini.
5. Klik produk yang sesuai untuk mengetahui detail produk.
6. Masukkan jumlah yang ingin dibeli dan klik tombol “Masukkan Keranjang” atau “Beli Sekarang”.
7. Pilih sumber pendanaan yang akan kamu gunakan untuk melakukan transaksi.
8. Klik menu “Nego”, jika ingin melakukan negosiasi harga dengan penjual tapi khusus untuk kategori “Barang Umum”.
9. Klik “Buat Pesanan”.
10. Selanjutnya lakukan cek pesanan untuk memastikan jumlah produk sudah benar.
11. Memilih opsi pengiriman.
12. Selesaikan pesanan dengan memilih sumber dana seperti BOS Reguler dan klik “Selesaikan Transaksi”.
13. Jika sudah selesai melakukan pembayaran maka akan muncul notifikasi transaksi berhasil.
14. Pembeli dapat memberikan Penilaian dan Ulasan setelah barang sudah diterima.

Untuk mencari barang lainnya, satuan pendidikan bisa langsung masuk ke laman CV Raja Rimba dan cari barang yang dibutuhkan. Setelah jenis barang ditemukan, segera lakukan pembelian dan pilih opsi pengiriman seperti halnya Anda berbelanja di toko online lainnya.

Buku Muatan Lokal Aceh di CV Raja Rimba

Selain barang keperluan sekolah, di SIPLah Blibi CV Raja Rimba, Anda juga bisa mendapatkan buku muatan lokal dengan harga murah. Mulai dari buku pelajaran sejarah, bahasa hingga buku berisi permainan anak-anak. Buku-buku ini sangat cocok sebagai pelajaran tambahan bagi siswa-siswi Aceh.

Buku muatan lokal Aceh tersebut umumnya ditulis oleh penulis dari Aceh dan diterbitkan oleh penerbit lokal, sehingga sangat cocok digunakan oleh satuan pendidikan di Aceh. Pihak sekolah bisa langsung mencari buku muatan lokal Aceh ini di SIPLah Blibli CV Raja Rimba.

Keuntungan Belanja di SIPLah

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa kehadiran aplikasi SIPLah dapat memudahkan satuan pendidikan dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa (PBJ). Berbelanja di SIPLah prosesnya lebih transparan, dapat mengurangi potensi praktik korupsi, dan bisa menjauhkan pihak sekolah dari intimidasi pihak ketiga. Selain itu, SIPLah menggunakan sistem yang terintegrasi dan pelaporan keuangan dilakukan secara digital.

Inilah beberapa keuntungan berbelanja di SIPLah:
1. Alur pembelanjaan dijamin sesuai dengan peraturan yang berlaku.
2. Lebih banyak pilihan mitra pasar dan penyedia.
3. Lebih banyak pilihan mitra pengiriman.
4. Memiliki fitur yang lebih lengkap, termasuk pembatalan transaksi, aduan, serta dashboard pemantauan status transaksi.
5. Membantu sekolah melakukan pengadaan yang transparan, aman, dan mudah.
6. Turut membuka kesempatan bagi pelaku UMKM daerah untuk berpartisipasi.

Oh ya, pihak sekolah dapat melakukan komplain apabila barang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Itulah penjelasan singkat tentang cara belanja di aplikasi mitra SIPLah Kemendikbud, SIPLah Blibli. Semoga dapat membantu. []

Artikulli paraprakCara Menambah 1K Followers Instagram dalam 5 Menit
Artikulli tjetërApakah Taruhan Online Bisa Menjadi Sumber Pendapatan Tambahan?

18 KOMENTAR

  1. Mantab kak tutorialnya, sangat membantu sekali, terkadang saya juga masih bingung daftar dan login di aplikasi SIPlah, setelah lihat ini jadi bisa.. hehe.. Terima kasih kak.. 😁👍👍

  2. Kemdikbud semakin keren ya, banyak aplikasi yang memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran termasuk pengadaan barang dan jasa. Nice info kak. 😉

  3. wahh.. instansi pendidikan udah semakin maju dan berkembang nih.. udah dibuka transparansi pengadaan barang dan jasa via platform online.. jd bisa terbuka utk siapa aja yang tertarik dan memiliki kompetensi utk ikut mensukseskan program2 pengadaan tersebut..

    terimakasih telah berbagi informasinya.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

  4. Wah informasinya sangat bermanfaat kak. Apakah dapat digunakan untuk belanja masyarakat umum atau hanya guru saja kak? JIka dapat digunakan untuk umum saya tertarik banget untuk lihat-lihat buku-buku anak sebagai bahan pembelajaran untuk anak saya. Barangkali dalam situs tersebut banyak buku-buku mulok yang bagus dan dapat menambah wawasan. Walaupun anak saya masih 4 tahun, saya saat ini sedang banyak koleksi buku-buku terutama buku bacaan untuk anak.

  5. Baru tahu ada aplikasi ini.. Sepertinya produknya bakal lebih terjamin kualitasnya ya.. Mungkin nnt dicoba coba biar pernah gitu, barangkali cocok

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini