Tidak Cuma YouTube, Upload Video ke Situs Ini Juga Dapat Uang

0
245
upload video dapat uang dari situs ini

Bersenang-senang, menghasilkan uang. Itulah iklan lowongan kerja perusahaan teknologi Atari di koran San Jose Mercury di tahun 1970-an yang menarik minat Steve Jobs. Pendiri perusahaan Apple itu kemudian melamar kerja di sana. Awalnya dia ditolak, tapi dia ngotot tidak akan pulang sebelum dibolehkan bekerja.

Siapa pun menyukai pekerjaan yang menyenangkan, terutama jika pekerjaan itu sesuai dengan minat dan passion, dan kemudian dibayar karenanya. “Tidak ada hal yang lebih menyenangkan kecuali hobi yang dibayar,” demikian orang-orang menyebutnya sekarang.

Nah, bagi Anda yang gemar dan hobi membuat video atau memproduksi konten digital, punya peluang lebih besar untuk menghasilkan uang. Di era serba digital ini, inovasi dan kreativitas bakal dihargai dengan sangat mahal. Itulah alasan mengapa platform berbagi video terus bermunculan, dan TikTok bisa begitu populer.

Sebelumnya kita sudah mendengar kisah sukses YouTube sebagai platform berbagi video populer di dunia. Banyak orang memanfaatkan perusahaan yang dibeli Google pada 2006 seharga Rp14 triliun (kurs saat itu) untuk berbagi video. Mereka mengunggah video dan kemudian memonetisasi video tersebut untuk menghasilkan uang.

Hanya saja, menghasilkan uang di YouTube tidaklah semudah menarik uang dari mesin ATM. Ada banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi, terutama soal kelayakan sebuah channel untuk dimonetisasi. Soalnya, untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube, sebuah channel haruslah memiliki 1.000 subscriber (pelanggan) dan 4.000 jam tayang video selama setahun.

Di YouTube siapa pun bisa menghasilkan uang dengan mudah asalkan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Google, itu. Dan, jika kita seorang figur terkenal cukup mudah menghasilkan uang di sana. Sementara bagi channel milik orang biasa, menghasilkan uang di YouTube sama sulitnya seperti menikahi Ivanka Trump, anak presiden Donald Trump.

Platform berbagi video untuk menghasilkan uang

Jika kamu merasa channel kamu belum layak untuk menghasilkan uang dari YouTube, janganlah bersedih dan berkecil hati. Situs berbagi video tidak cuma YouTube dan Vimeo saja. Ada banyak sekali situs-situs lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah video, dan kemudian mendapatkan uang dari setiap video yang kamu unggah.

Jadi, daripada bingung memikirkan bagaimana memonetisasi video di YouTube, ada baiknya kamu mulai melirik platform berbagi video berikut ini. Selain menyalurkan hobi, kita juga akan mendapatkan uang dari setiap video yang berhasil kita unggah.

1. Vigo Video
Seperti kita tahu, platform video pendek sedang naik daun beberapa waktu belakangan ini, bahkan beberapa di antaranya menawarkan hal yang cukup berbeda. Jika kamu suka memproduksi konten video unik dan menarik, layak melirik platform yang satu ini.

Memang, dibandingkan dengan TikTok, platform Vigo Video masih kalah dalam hal popularitas. Tapi, platform ini akan membayar kreativitasmu dengan imbalan uang yang nyata. Ya, di platform Vigo Video atau sebelumnya bernama Hypstar, kita bisa menghasilkan dollar.

Dengan memanfaatkan aplikasi dari platform ini, para pengguna dapat memperoleh popularitas dan basis penggemar, serta pendapatan lebih tentunya. Karenanya, kamu harus bikin video kamu semenarik dan sekreatif mungkin.

Apa itu Vigo Video? Seperti disinggung di atas, platform ini sebelumnya bernama Hypstar, sebuah platform jejaring sosial berbasis video pendek. Pengguna dapat membuat sekaligus membagikan video dalam satu layanan. Aplikasi ini bukan aplikasi baru, karena sebenarnya telah dirilis pada pertengahan tahun 2017 lalu. Bagaimana kamu dibayar? Jika video yang kamu unggah mendapatkan atensi dari penggemar, kamu akan mendapatkan uang dalam bentuk dollar, dan proses pembayarannya dilakukan melalui PayPal.

2. Vidio
Bagi kita di Indonesia, platform Vidio tidak lagi asing karena inilah situs berbagi video buatan lokal dan berafiliasi dengan salah satu jaringan televisi tanah air. Untuk mendapatkan penghasilan dari platform ini, kita kudu terdaftar sebagai mitra vidio atau dikenal dengan verified content partner.

Untuk dapat menghasilkan uang, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Vidio yang kamu buat harus orisinil bikinan kamu sendiri, tidak ada jiplak-jiplakan atau re-upload video orang lain.

Kemudian, kamu sudah meng-upload minimal 15 video (semuanya video milik kamu) kalau kamu mau dibayar. Setelah terdaftar dan memenuhi syarat, pihak Vidio bakal menghubungi kamu untuk kerja sama pembuatan konten. Kamu nanti bakal mendiskusikan soal bayaran yang akan kamu terima.

Oh ya, di Vidio sering ada kontes video, dan kamu bisa mendapatkan ratusan juta jika menjadi salah satu pemenangnya.

Menghasilkan uang dari Creator Studio Facebook

3. Facebook Ad Breaks
Kalau kamu punya halaman facebook yang memiliki pengikut puluhan ribu, kamu bisa manfaatkan untuk mulai menghasilkan uang. Sekarang ini sudah ada fitus creator video di Facebook di mana kamu bisa mengunggah video.

Sepertinya Facebook kepincut untuk menggaet kreator video agar menggunakan layanan mereka. Mereka pun bakal membayar kamu yang suka mengunggah video untuk mendapatkan uang melalui proses monetisasi video. Jadi, kalau kamu punya laman fanpage dengan pengikut lebih dari 2.000 orang, kamu sudah bisa berpartisasi dalam program Ad Breaks atau jeda iklan.

Syaratnya sebenarnya berat. Halaman facebook kamu memiliki 10.000 pengikut, dan video yang kamu unggah sudah memiliki 30 ribu tayangan untuk video yang berdurasi 3 menit. Jadi, di setiap video yang kamu unggah, akan dipasang iklan oleh Facebook yang dikenal dengan jeda iklan (ad breaks).

Konon, nilai per seribu tayangan (CPM) di Facebook lebih tinggi dari YouTube. Hanya saja, sebagai kompensasi, penghasilan dari iklan itu dibagi 55 persen untuk pemilik video dan 45 persen buat Facebook. Hak reman-nya tinggi ya?

4. DailyMotion
Tahu nggak, dari DailyMotion kamu bisa juga mendapatkan dollar. Memang sih, reputasi DailyMotion tidak sementereng YouTube, tapi banyak kontennya tidak kalah menarik dibanding di YouTube. Di DailyMotion kamu bisa upload video, dan kamu akan dapat uang sebagai kompensasi.

Sistem kerja DailyMotion juga mirip YouTube, yaitu kita akan bisa mendapatkan uang dengan mennjadi partner dan membiarkan video yang kita unggah untuk diisi iklan. Nantinya, uang hasil monetisasi akan ditransfer tiap bulan ke akun PayPal, dengan syarat uang yang kamu dapatkan sudah mencapai $100.

5.Break
Sebagai informasi, Break sering menjadi rujukan video-video konyol dan lucu. Jadi, kalau kamu punya video lucu dan konyol, kamu berkesempatan mendapatkan uang dari platform Break.

Karenanya, Break.com punya ceruk pasar tersendiri, yakni anak muda dan mereka yang suka hal lucu. Kebanyakan video yang diunggah di Break memang bertema konyol, meski video serem-serem juga ada di sana.

Tapi jangan salah, terlepas dari kekonyolan mereka, orang-orang yang mengunggah video di sini memang berniat untuk dapat uang. Soalnya, kita akan mendapatkan uang kalau video yang kita unggah mendadak viral dan populer.

Cara untuk tahu kalau video kita populer, video tersebut muncul di halaman depan. Hadiahnya tidak main-main, soalnya kita bisa mendapatkan hadiah hingga $600.

6. Envul
Kamu seorang gamer? Platform ini sangat cocok untuk kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Envul adalah situs komunitas pencinta game. Kita bisa upload video yang berkaitan dengan game untuk mendapatkan uang dari setiap 30 detik video yang ditonton.

Untuk bisa menghasilkan uang, jangan lupa aktifkan fitur “Monetization” saat mendaftar agar kamu tidak rugi ketika mengupload video. Semakin banyak upload video, maka semakin tinggi juga peluang kamu untuk dibayar.

Kesimpulan
Sebenarnya, masih banyak situs berbagi video lain selain Youtube yang dapat kamu manfaatkan sebagai alternatif YouTube untuk mendapatkan uang. Hanya saja, beberapa situs ini tidak begitu populer di Indonesia. Tidak sedikit juga yang diblokir Kominfo karena dianggap menyebarkan konten negatif seperti Vimeo.

Pun begitu, dengan hadirnya platform berbagi video seperti disebutkan di atas, semakin memberi peluang dan kesempatan bagi kita untuk menghasilkan uang. Kita bisa memanfaatkan internet buat mencari uang sebanyak-banyaknya.

Salah satu cara paling ampuh mendapatkan uang dari internet adalah konsistensi. Jadi, upload video secara konsisten dan jadi kreator video super kreatif. Siapa tahu kamu bisa sukses di platform-platform ini. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here