Cara Mendapatkan Uang Kripto Gratis dari HIVE dan Proses Pencairan: Sebuah Panduan Lengkap

Cara Mendapatkan Uang Kripto Gratis dari HIVE

Akhir tahun lalu jadi bulan madu bagi pemilik mata uang kripto (cryptocurrency). Harga Bitcoin (BTC) sebagai mata uang kripto utama hampir menyentuh angka 1 miliar per BTC. Kenaikan harga gila-gilaan juga terjadi pada Doge, yang awalnya berkisar Rp60 per Doge menjadi Rp10 ribu. Penyimpan koin kripto bergambar anjing ini pun menjadi kaya mendadak.

Bagi Anda yang ingin memiliki uang kripto secara gratis, tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dalam posting kali ini saya akan membagikan cara mendapatkan uang kripto gratis dari HIVE, salah satu media sosial berbasis blockchain yang memberikan reward bagi kreator konten. Selain membeberkan panduan lengkap cara menghasilkan uang kripto, saya juga akan membahas secara rinci proses pencairan uang kripto ke dalam bentuk rupiah.

Salah satu situs web yang digunakan untuk menghasilkan uang kripto dari blockchain HIVE adalah hive.blog. Di sinilah para pembuat konten berkumpul, membangun komunitas, untuk tumbuh bersama-sama.

Apa itu HIVE.blog

Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara menghasilkan uang kripto dari HIVE, ada baiknya kita mengenal dulu platform HIVE. Kata orang, “tak kenal maka tak sayang.” Seperti sudah banyak diulas, HIVE adalah sebuah platform media sosial berbasis blockchain.

Pada laman resmi, dijelaskan bahwa Hive telah mendefinisikan kembali media sosial dengan membangun ekonomi sosial yang hidup, bernapas, dan berkembang – sebuah komunitas di mana pengguna diberi penghargaan karena membagikan suara mereka. Ini jenis ekonomi baru yang mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini.

Semua konten yang diproduksi pengguna dapat dilihat di laman hive.blog, salah satu dari banyak situs web yang didukung oleh blockchain Hive dan cryptocurrency HIVE. Situs web ini membaca dan menulis konten ke blockchain Hive, yang menyimpan konten dalam buku besar blockchain yang tidak dapat diubah, dan memberi penghargaan kepada pengguna atas kontribusinya dengan token digital yang disebut HIVE.

Setiap hari, blockchain Hive mencetak token HIVE baru dan menambahkannya ke “reward pool” komunitas. Token ini kemudian diberikan kepada pengguna atas kontribusinya, berdasarkan suara (vote) yang diterima konten mereka. Pengguna yang memegang lebih banyak token di akun mereka dalam bentuk “Hive Power” akan memutuskan di mana sebagian besar dari kumpulan hadiah akan didistribusikan.

Apa yang membuat HIVE berbeda dengan media sosial lainnya? Seperti kita tahu sebagian besar situs media sosial mengekstraksi nilai ini untuk kepentingan pemegang saham mereka, sementara Hive percaya bahwa pengguna platform harus menerima manfaat dan penghargaan atas perhatian mereka dan kontribusi yang mereka berikan pada platform.

Tokens dari HIVE Blockchain

Sebelum mulai menghasilkan tokens dan uang kripto dari platform HIVE, ada baiknya kita mengenal jenis tokens di blockchain HIVE. Tokens-tokens tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Namun, semuanya memiliki nilai yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

HIVE – HIVE adalah token mata uang cair dasar di platform. HIVE dapat diaktifkan ke Hive Power, diperdagangkan untuk Hive Dollars, atau ditransfer ke akun lain. Ini adalah token cryptocurrency, mirip dengan bitcoin.

Hive Power – Hive Power (disingkat HP) adalah ukuran seberapa besar pengaruh yang dimiliki pengguna di jaringan Hive. Semakin banyak Hive Power yang dimiliki pengguna, semakin mereka dapat mempengaruhi nilai postingan dan komentar. Hive Power kurang cair. Jika seorang pengguna ingin melakukan power down HP, mereka akan menerima distribusi yang sama dari HIVE setiap minggu, selama periode 13 minggu.

Hive Dollars – Hive Dollars (biasa disingkat HBD) adalah token mata uang bernilai stabil yang dirancang untuk dipatok ke $1 USD. Hive Dollars dapat diperdagangkan dengan HIVE, dan ditransfer ke akun lain untuk perdagangan atau pertukaran. Hive Dollars juga dapat diubah menjadi HIVE melalui proses yang memakan waktu 3,5 hari.

Cara Menghasilkan Tokens HIVE

Seperti sudah disinggung di atas bahwa di platform HIVE pengguna akan menerima manfaat dan penghargaan atas perhatian mereka dan kontribusi yang mereka berikan untuk platform. Nah, berikut ini beberapa cara mendapatkan token digital di Hive:

Posting – Dengan membagikan posting Anda, Anda dapat memperoleh suara positif dari anggota komunitas. Bergantung pada suara positif yang Anda terima, Anda mungkin mendapatkan sebagian dari “rewards pool”.

Memberi suara dan melakukan kurasi – Jika Anda menemukan postingan dan memberi suara positif sebelum postingan menjadi populer, Anda bisa mendapatkan hadiah kurasi. Jumlah hadiah akan tergantung pada jumlah Hive Power yang Anda miliki.

Pembelian – Pengguna dapat membeli token Hive atau Hive Dollar langsung melalui dompet Hive mereka menggunakan token bitcoin, Ether, atau BitShares. Mereka juga tersedia dari pasar dan bursa lain termasuk BlockTrades dan Ionomy.

Vesting – Token HIVE yang didukung hingga Hive Power akan mendapatkan sejumlah kecil token baru untuk disimpan.

Baca: Cara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

Cara Memposting Tulisan di HIVE

Memang tidak mudah mendapatkan banyak rewards di HIVE. Namun, jika Anda bersungguh-sungguh dan konsisten memposting satu konten (apakah itu dalam bentuk tulisan, foto, video) setiap hari, Anda akan mendapatkan hasil yang setimpal.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di HIVE. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun Steemit, maka Anda dapat langsung melakukan login menggunakan akun Steemit tersebut dan mulai memposting tulisan.

Agar keberadaan Anda di HIVE.blog tidak sia-sia, bergabunglah dengan beberapa komunitas yang bisa Anda lihat di sisi kiri. Bergabung dengan komunitas cukup mudah. Klik pada nama komunitas yang berada di sisi kiri (sidebar kiri), dan ketika laman komunitas tersebut sudah terbuka, segera klik join atau subscribe.

Jika sudah melakukan join/subscribe, Anda dapat langsung melakukan posting dengan klik fitur ‘New Post’ di bilah kanan (sidebar kanan). Ada baiknya Anda membaca deskripsi dan aturan posting di komunitas tersebut yang juga dicantumkan di bawah fitur ‘New Post’, sehingga Anda paham aturan mainnya, dan biar postingan Anda mendapatkan kurasi dan upvote (dukungan naik).

Sebelumnya, coba pelajari dulu postingan seperti apa yang banyak mendapatkan upvote di komunitas tersebut, termasuk mengetahui tags yang digunakan. Penulisan tags yang keliru kerap membuat postingan Anda tidak mendapatkan upvote. Misalnya, untuk postingan di komunitas Stock Images, maka tags yang tidak boleh dilupakan adalah ‘hivestockimages’ dan ‘photography’. Intinya, cantumkan tags sesuai dengan tema postingan dan tags yang disarankan di komunitas tersebut.
Cara memposting melalui komunitas di HIVE

Proses Pencairan Uang Kripto HIVE

Perlu diketahui bahwa masa berlaku sebuah postingan di HIVE adalah seminggu. Artinya, selama satu minggu postingan Anda masih bisa mendapatkan dukungan naik (upvote). Setelah seminggu, Anda bisa melakukan klaim rewards dari postingan tersebut, dan postingan ini tidak lagi menghasilkan tokens untuk Anda.

Setelah rewards yang Anda peroleh tersebut masuk ke dalam dompet (wallet), Anda bisa melakukan perdagangan (trading) untuk Hive Dollars atau sebaliknya. Tokens dalam bentuk HIVE bisa Anda transfer ke market seperti bittrex, poloniex, blocktrades dan atau ke market lokal seperti Indodax. Intinya, tokens HIVE tersebut bisa Anda transfer dan witdhdraw ke market yang sudah me-listing tokens tersebut.

Para pengguna Indonesia, mereka bisa langsung mentransfer tokens HIVE ke akun Indodax semudah mengirim pesan WhatsApp. Karena pihak market membutuhkan beberapa kali konfirmasi, maka tokens tersebut akan masuk ke akun kita paling cepat 10 menit setelah dikirimkan. [untuk detailnya, akan saya tambahkan secepatnya]

Baca: Nasib Libra Facebook Setelah 7 Investor Mundur

Kesimpulan
Menghasilkan uang kripto ternyata tidaklah sesukar yang dibayangkan orang. Hanya dengan memposting konten di hive.blog, kita sudah dapat menghasilkan tokens HIVE yang nantinya bisa kita perdagangkan dan juga konversi ke Bitcoin, Ethereum atau ke mata uang kripto lainnya.

Itulah cara mendapatkan uang kripto gratis dari HIVE dan proses pencairannya. Panduan lebih lengkap akan segera saya tambahkan secepatnya. Ini saya posting dalam keadaan terburu-buru, sehingga beberapa hal yang mendetail tidak sempat saya cantumkan, seperti bagaimana melakukan postingan sehingga mendapatkan upvote, atau cara membuat akun di Indodax, cara transfer tokens HIVE ke Indodax serta cara mencairkannya dalam bentuk rupiah. Postingan ini akan saya lengkapi secepatnya. []

Berita sebelumya11 Game Penghasil Uang Terbaik 2021 Bermodalkan HP dan Desktop
Berita berikutnyaCara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

3 KOMENTAR

    • Lebih baik aktif dua-duanya, cuma harus pakek strategi. Di Steemit khusus untuk postingan dalam bentuk tulisan, dan post-nya via komunitas seperti Indonesia, STEEM SEA dan sebagainya. Sementara di HIVE, lebih baik posting foto saja di komunitas Photography Lovers, StockImages atau Black And White. Jadi, tidak perlu capek-capek menulis konten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here