Cara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

cara mendapatkan bitcoin

Kali ini saya akan membahas cara mendapatkan Bitcoin (BTC) dari menulis konten blog. Soalnya, harga Bitcoin sedang tinggi-tingginya, mencapai Rp570 juta per 1 BTC (saat tulisan ini dibuat). Tingginya harga Bitcoin ini tentu saja menggembirakan para penambang. Mereka bisa mendapatkan cuan yang cukup banyak, dan meraih untung yang cukup besar.

Para trader mata uang kripto (Cryptocurrency) tentu saja bergembira. Saya perhatikan pergerakan market di Indodax.com, sangat aktif. Hal ini mengingatkan kita pada pengalaman akhir 2017 silam, ketika harga Bitcoin mencapai Rp270 juta per 1 BTC.

Nah, bagi yang serius ingin mendapatkan Bitcoin hanya dengan menulis konten, beberapa situs berikut ini layak dicoba. Memang, nilai bitcoin yang dapat kita hasilkan tidaklah besar, tapi jika kita konsisten menulis suatu saat jumlahnya pasti akan banyak.

STEEMIT.COM
Platform blogging berbasis blockchain ini pernah menjadi favorit para pemburu mata uang kripto (cryptocurrency). Situs yang beralamat di steemit.com ini didirikan oleh Ned Scott dan Dan Larimer pada tahun 2016 lalu. Platform ini memberikan reward kepada para kreatornya dalam bentuk STEEM, Steem Dollars (SBD) dan Steem Power. Kedua coin yang disebut pertama bisa langsung ditransfer ke market yang memperdagangkan coin tersebut atau menggunakan layanan layanan pihak ketiga untuk konversi ke bitcoin, ethereum atau mata uang kripto lainnya. Saya biasanya menggunakan blocktrades.us saat melakukan konversi Steem ke mata uang kripto lain karena lebih mudah. Sementara Steem Power (SP) gunanya untuk kekuatan nilai voting kita agar mendapatkan reward yang lebih besar, dan SP ini bisa ditrasfer menjadi Steem.

Namun, belakangan ini banyak kreator konten yang jarang menulis di Steemit. Ini terjadi sejak harga Steem dan SBD anjlok, yang dimulai pertengahan 2018. Akibatnya, banyak kreator yang meninggalkan Steemit. Pada akhir tahun 2016 sampai awal 2018, banyak penulis aktif di Steemit. Soalnya, saat itu harga 1 STEEM setara dengan Rp170 ribu, dan 1 SBD diganjar Rp190 ribu. Dengan hanya memposting satu konten setiap hari, kita bisa mendapatkan Rp2–5 juta dalam seminggu. Saya sendiri pernah mendapatkan Rp2 juta dari tulisan sepanjang 600 kata. Itu hanya dari satu tulisan saja.

Akhir-akhir ini, para kreator konten kembali ke STEEMIT, setelah harga SBD melambung tinggi. Para Mei lalu, misalnya, harga SBD pernah menyentuh angka Rp264 ribu per 1 SBD. Ini harga tertinggi setelah sebelumnya uang kripto itu sempat berada di kisaran Rp24 ribu.

Baca juga: Mau Dapat Uang Rp139 juta? Segera Pindah ke Desa di Italia Ini

WEKU.IO
Platform yang tampilannya menyerupai Steemit ini cara kerjanya sama dengan Steemit. Hanya saja, reward yang diberikan dalam bentuk coin WEKU yang kini sudah listing di market Bitshares. Sejauh ini, harganya memang belum begitu menggembirakan. Tapi, jika kamu konsisten menulis satu-dua postingan setiap hari suatu saat jumlah WEKU yang kamu kumpulkan akan banyak. Saya lihat beberapa pengguna Quora cukup aktif menulis di WEKU.

Di platform WEKU ini saya belum pernah PO. Jadi belum bisa bercerita berapa pendapatan yang pernah saya dapatkan dari WEKU. Jadi, reward yang saya peroleh saya anggap saja untuk tabungan. Siapa tahu nanti harga 1 WEKU bisa mencapai Rp100 ribu. Kan bisa menang banyak kita. Kalau mau bergabung, silakan kunjungi laman deals.weku.io.

[Update: sayangnya, platform WEKU ini sudah tutup alias gulung tikar sebelum sempat membuat bahagia para penggunanya]

REALITYHUBS
Ada satu lagi platform yang mirip dengan Steemit yaitu RealityHubs.com. Untuk mulai menulis di platform ini kita bisa menggunakan username/password Steemit karena nanti postingan kita muncul di Steemit. Jika tidak mau ribet, kita cukup memposting tulisan di Steemit dengan menulis tags #realityhubs dan tulisan kita akan muncul di RealityHubs, dan mendapatkan upvote dari pengguna RH, dengan syarat kita sudah mengaktifkan akun di sana menggunakan akun Steemit. Reward yang diberikan dalam bentuk RHB dan sejauh ini belum masuk listing market. Jadi, anggap saja untuk menabung.

YOURS.ORG
Kalau kamu senang berburu Bitcoin Cash SV, maka platform yours.org sangatlah cocok. Dengan menulis di platform ini kita akan mendapatkan reward dalam bentuk Bitcoin Cash SV, salah satu mata uang kripto yang bernilai tinggi. Hanya saja untuk menghasilkan rewards di sini gampang-gampang susah. Konten kita harus menarik dan ditulis dalam bahasa Inggris.

Kita bisa menetapkan harga $5-$10 untuk nilai konten kita. Jika ada pengguna yang tertarik, dia akan membelanjakan uangnya untuk konten kita (semacam ucapan terima kasih). Nilainya tergantung pada niat mereka. Saya sendiri pernah mendapatkan Bitcoin Cash senilai $12 untuk satu konten perkenalan. Untuk membuktikan apakah Yours membayar, maka saya langsung mentransfer reward tersebut ke akun Indodax, yang jika dirupiahkan sekitar Rp150 ribu. Dan, benar saja, YOURS.ORG benar-benar membayar.

Sebagai informasi, saat saya memposting tulisan ini, harga Bitcoin Cash SV (BSV) setara dengan Rp2,5 juta per 1 BSV. Lumayan tinggi ya? Menulis di Yours.org juga salah satu cara mendapatkan bitcoin yang paling mudah untuk dilakukan.

HIVE.IO
Platform HIVE ini cara kerjanya sama dengan STEEMIT. Bahkan, boleh dibilang HIVE adalah STEEMIT perjuangan (hehehe). Soalnya, ketika pemilik STEEMIT, Ned Scott, menjual platform ini ke Tron Foundation, banyak pengguna kemudian beralih ke HIVE.

HIVE dikembangkan untuk Web 3.0, adalah blockchain dan ekosistem terdesentralisasi yang inovatif dan berwawasan ke depan, dirancang untuk menyesuaikan dengan adopsi mata uang dan platform secara luas. Dengan menggabungkan waktu pemrosesan secepat kilat dan transaksi tanpa biaya, Hive diposisikan untuk menjadi salah satu blockchain Web 3.0 terkemuka yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Baca: Cara Mendapatkan Uang Kripto Gratis dari Menulis di HIVE

Untuk menulis di HIVE, kamu bisa langsung mengunjungi laman hive.blog dan mendaftar di sana. Jika kamu sudah punya akun Steemit sebelumnya, kamu bisa langsung login menggunakan usernama dan password Steemit kamu. HIVE akan memberikan reward dalam bentuk koin HIVE dan HIVE Power. Koin HIVE ini bisa langsung kamu transfer ke marketplace Indodax.com. Jadi, hasil menulis di HIVE dapat langsung kamu nikmati. Kamu juga bisa menggunakan HIVE untuk membeli Bitcoin di marketplace asli Indonesia tersebut.

Baca juga: Facebook Pay, Alat Pembayaran Facebook di Media Sosial

Di luar empat platform yang saya tulis di atas, sebenarnya ada juga Scorum dan SportsTalk yang khusus untuk kreator konten olahraga. Menulis di platform-platform tersebut memang tidak secara otomatis mendapatkan Bitcoin. Namun, kita bisa menukar dan melakukan konversi reward yang kita dapat ke Bitcoin dengan menggunakan layanan pihak ketiga seperti saya sebutkan di atas.

Bagaiman, tertarik berburu bitcoin? Hanya dengan menulis konten blog, kita sudah bisa mendapatkan Bitcoin. Inilah cara mendapatkan bitcoin gratis yang paling memungkinkan kita lakukan, jika tidak memiliki sumber daya untuk melakukan penambangan. []

Berita sebelumyaCara Mendapatkan Uang Kripto Gratis dari HIVE dan Proses Pencairan: Sebuah Panduan Lengkap
Berita berikutnya3 Tips Membuat Curriculum Vitae Menarik dengan Cepat

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here