3 Tips Membuat Curriculum Vitae Menarik dengan Cepat

20
Tips Membuat Curriculum Vitae Menarik

Haloo sahabat Pingkom semua! Kali ini kami akan mengulas 3 tips membuat curriculum vitae menarik. Seperti kita tahu, membuat curriculum vitae (CV) merupakan sesuatu yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan prosesnya juga cepat.

Jadi, meski sedang pandemi, kalian mesti tahu tool pembuat CV menarik agar CV kalian mendapat perhatian dari Human Resources Development (HRD) perusahaan yang dituju. Menariknya, dengan tool yang kami sampaikan di bawah ini, kalian bisa membuat CV sendiri dengan mudah dan cepat.

Seperti kita tahu, setiap mengajukan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintahan, pelamar diharuskan menyertakan curriculum vitae (CV). Melalui CV yang kita masukkan tersebut, pihak HRD perusahaan melakukan proses seleksi untuk mengetahui kemampuan dan skill masing-masing pelamar.

Jika CV kamu biasa-biasa saja, tentu saja tidak bakal dilirik oleh pemilik kerja atau panitia penerima karyawan. Karenanya, kamu perlu mencantumkan profil, pengalaman kerja, skill yang kamu miliki yang membuat CV kamu berbeda dari milik pelamar lain.

Sebab, sering terjadi surat lamaran kerja seseorang tidak dibaca secara serius oleh perusahaan dan bahkan tidak diminati pihak HRD, hanya karena kualitas CV tidak menjanjikan. Tidak jarang, sebuah CV yang dibuat terlihat membosankan. Jangankan untuk dibaca, meihat saja mereka sudah malas.

Nah, dalam tips kali ini, kami akan memberitahu cara membuat CV menarik sehingga dilirik oleh HRD atau pemilik perusahaan. Dengan demikian, peluang kamu diterima untuk bekerja di perusahaan mereka terbuka lebar.

Baca juga: Tips dan Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Sebelum membuat curriculum vitae yang menarik, ada baiknya kamu memahami lebih dulu kira-kira informasi apa saja yang perlu dicantumkan. Jika kita perhatikan CV para pesohor/profesional yang beredar di internet, umumnya mereka hanya mencantumkan beberapa informasi penting.

Isi dari sebuah CV

Ini beberapa informasi yang sering diisi dan dimasukkan dalam sebuah CV:

  • Identitas Diri (nama lengkap, alamat, nomor kontak dan alamat email)
  • Pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK)
  • Personalitas (gambaran singkat karakter diri Anda)
  • Keterampilan (keterampilan yang Anda miliki)
  • Proyek dan Pengalaman Kerja (Proyek yang Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah diperoleh)
  • Training/Pelatihan Terbaru (pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir)
  • Informasi lain tentang Diri Anda (hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar)

Semua informasi di atas hendaknya ditulis dengan singkat dan jelas. Hal ini akan membuat orang yang membaca CV Anda terasa nyaman. Kami pernah melihat CV yang hanya berisi satu halaman saja.

Desain CV Sederhana dan Menarik

Membuat CV terlihat menarik sangatlah penting karena hal ini menjadi salah satu daya tarik. Buatlah sebuah CV semenarik mungkin, dengan desain sederhana namun mengandung semua informasi yang dibutuhkan. Ketika membuat CV kamu perlu memperhatikan penggunakan huruf italic, bold dan huruf kapital. Jenif huruf yang dipilih pun hendaknya nyaman ketika dibaca.

Usahakan untuk tidak menggunakan font yang terlalu mainstream seperti Times New Roman atau Calibri. Pilih font modern yang elegan, membuat tulisan tampak menarik dibaca. Intinya bikin resume kamu yang eye catching dan terlihat sederhana.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain CV menarik, seperti CorelDraw, Photoshop atau IndeSign. Atau kamu bisa memanfaatkan alat pengolah CV yang tersedia secara gratis.

Tulis pengalaman kerja dengan detail

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, cantumkan pengalaman kerja tersebut secara detail. Tulis posisi jabatan dan tanggung jawab terkait jabatan tersebut, yang berhubungan dengan posisi yang hendak kamu lamar.

Semakin lengkap informasi di CV kamu, semakin besar peluang kamu dipanggil untuk interview oleh perusahaan tersebut.

Cantumkan kontak referensi Anda

Agar tampak profesional, jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak referensi Anda di kolom yang disediakan. Kontak referensi ini penting memberikan informasi dari pihak ketiga terkait kompetensi yang kamu miliki dan track record dari pekerjaan sebelumnya.

Tapi ingat, sebelum mencantumkan informasi referensi, pastikan Anda telah meminta izin pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi. Setidaknya ini akan mengingatkan dia bahwa kalian saling kenal.

Di luar informasi tersebut, kamu juga perlu mencantumkan tingkat kemampuan bahasa asing, informasi media sosial dan soft skill yang kamu miliki. Hal ini akan memberi kesan bahwa kamu memang kandidat potensial dan istimewa di antara ribuan pelamar lainnya.

Baca juga: Ingin Cari Penghasilan Tambahan? Coba Kerja Lepas di Situs Berikut

Aplikasi Pengolah Curriculum Vitae (CV) Menarik

Di bawah ini kamu akan menemukan aplikasi pengolah CV sederhana dan gratis. Dengan aplikasi berikut ini, tips membuat curriculum vitae menarik menjadi mudah dan cepat.

Membuat CV Menggunakan Canva

Tips membuat CV dengan aplikasi Canva
Aplikasi yang sering kami gunakan ketika mengolah dan membuat curriculum vitae (CV) adalah canva.com.

Apa itu Canva? Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan. Saat ini, canva menyediakan dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar.

Untuk membuat CV menggunakan Canva, kunjungi laman Canva.com dan masuk menggunakan alamat email yang kalian punya. Setelah itu cari kanal Templates -> Personal -> Resumes. Di situ kamu akan menemukan bermacam-corak desain resume atau curriculum vitae. Jika ada contoh desain yang menarik, segera klik dan mulailah mengedit pelan-pelan dengan memasukkan informasi kalian.

Jika semua bagian sudah diisi, jangan lupa untuk mendownload. Sekarang, CV kamu sudah jadi dan siap untuk dikirim ke perusahaan yang kalian lamar.

Membuat CV dengan Google Docs

Layanan yang diberikan oleh Google ini sangat berguna. Dengan Google Docs kamu tidak hanya bisa mengolah tulisan dan dokumen penting lainnya, melainkan juga untuk membuat resume atau curriculum vitae. Untuk menggunakan layanan milik perusahaan mesin pencari ini, kamu perlu memiliki email GMail.

Buka dan ketik di browser docs.google.com, dan akan muncul halaman kerja dan dokumen kamu yang tersimpan secara online. Kamu bisa mulai menulis CV secara manual atau menggunakan template CV yang sudah disediakan oleh Google. Klik template gallery di sebelah kanan, dan kalian akan menemukan banyak contoh CV dari yang sederhana sampai super canggih.

Pilih desain CV yang menurut kamu menarik, dan mulailah mengisi dengan biodata Anda sendiri. Setelah selesai, kamu bisa mendownload dokumen tersebut dalam bentuk docx, pdf atau jpg sesuai selera.

Tips Membuat CV dengan Europass

Oh ya, dalam artikel tips membuat curriculum vitae menarik ini kamu bisa juga membuat CV dengan standar Eropa. Biasanya, CV standar Eropa ini digunakan jika kamu ingin melamar kerja di perusahaan asing atau ingin melamar beasiswa dari lembaga Eropa.

Nah, kalau kamu ingin memiliki model CV Eropa, segera kunjungi laman Europass CV. Untuk dapat menggunakan layanan dari Europas, kamu mesti register dan membuat akun di sana. Setelah membuat akun, mulailah membuat CV standar Eropa.

Berita sebelumyaCara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here