Ingin Cari Penghasilan Tambahan? Coba Kerja Lepas di 5 Situs Freelance Terpercaya di Indonesia Ini

496

Anda sedang mencari penghasilan tambahan atau sekedar ingin mengisi waktu luang, Anda bisa mencoba menjadi pekerja lepas atau freelance di beberapa situs berikut.

Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan proyek sebagai pekerja lepas. Soalnya, di Indonesia, sudah cukup banyak situs yang menjadi jembatan antara pemberi proyek/kerja dan penerima proyek/pekerja.

Beberapa situs untuk pekerja lepas atau freelance di bawah ini sudah terbukti membayar dan sangat terpercaya.

1. Sribulancer

Situs ini beralamat di sribulancer.com dan merupakan salah satu situs freelancer yang cukup terkenal di Indonesia, terutama di kalangan pencari kerja paruh waktu.

Situs ini juga sangat terpercaya karena pemberi proyek dan penerima proyek hanya akan bertransaksi setelah pekerjaan yang sudah disepakati selesai.

Ibaratnya, Sribulancer memakai sistem rekening bersama untuk menjaga keamanan transaksi. Antara pemberi proyek dan pelaksana proyek sangat terbuka soal pendanaan.

Dalam situs ini, Anda dapat mencari berbagai proyek yang sesuai dengan keahlian Anda. Anda bisa mendaftarkan diri Anda, dan menunggu keputusan pemberi proyek apakah akan menggunakan jasa Anda atau tidak.

Beberapa pekerjaan yang tersedia antara lain website developer, marketing online, content writer, android developer, dan desain grafis.

2. Projects

Projects mulai beroperasi sejak tahun 2013 dengan alamat situs projects.co.id. Situs ini memang belum sepopuler Sribulancer, tapi sudah banyak para pekerja lepas menggunakan situs ini untuk mencari penghasilan tambahan.

Memiliki sistem pembayaran yang mirip seperti situs freelancer lain, di Projects dilengkapi dengan fitur Arbitrase.

Dengan fitur ini, pemberi proyek berhak membatalkan dan tidak membayar apabila penerima proyek tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Bagi Anda yang gemar menulis artikel, ada banyak sekali proyek penulisan artikel yang bisa Anda dapatkan dari situs Projects.

3. Sribu

Sribu merupakan situs freelancer yang dimiliki oleh PT. Sribu Digital Kreatif, satu grup dengan Sribulancer.

Cara mendaftarkan proyek dan pembayarannya juga sama persis dengan Sribulancer.

Bedanya adalah, situs Sribu ini khusus untuk proyek di bidang desain grafis.
Sehingga seluruh anggota di Sribu adalah para pekerja lepas dengan keahlian desain yang sangat mumpuni.

4. Ruang guru

Situs kerja lepas khusus bagi Anda yang berprofesi sebagai guru atau lulusan dari fakultas keguruan.

Dalam situs ruang guru, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengajar sesuai dengan bidang dan keahlian Anda.

Cara mengajar di sini biasanya secara privat atau belajar menggunakan sarana media online.

Saat ini, Ruangguru telah memiliki puluhan ribu pengajar yang terdaftar.
Anda bisa mengaksesnya dalam situs ruangguru.com.

Nah, jika Anda tertarik untuk mulai bekerja lepas, Anda bisa memulai karir Anda dengan website di atas.

Semua situs di atas adalah buatan anak bangsa, sehingga dalam hal pembayaran proyek dan komunikasi tentu lebih mudah dibandingkan situs luar negeri.

5. Faswork.id

Fasword merupakan salah satu website paling populer untuk mencari freelancer di Indonesia saat ini. Situs ini menggandeng perusahaan kecil menengah, bisnis start up dan pemilik bisnis dengan freelancer ahli untuk bekerja sama. Sebagai contoh, software development, desain/desain grafis, gambar, penulisan/penerjemahan seperti juga pemasaran online dan video editing.

Di Thailand, situs ini beralamat Fastwork.co dan merupakan situs web pasar freelancer nomor satu di negara berjuluk gajah putih itu. Fasword mencocokkan agensi, UKM, startup, dan pengusaha dengan freelancer profesional yang tepat untuk mengerjakan proyek di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, desain & ilustrasi, penulisan & terjemahan hingga pemasaran online dan bahkan pengeditan video.

Bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan bisa langsung mendaftarkan diri di situs ini dan mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian. ()

Berita sebelumyaMau Dapat Uang Rp139 Juta? Segera Pindah ke Desa di Italia Ini
Berita berikutnyaCara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here