RIP Google Play Music: Pengguna Diminta Beralih ke YouTube Music

0
52

Google akhirnya merilis rincian tentang matinya Google Play Music, dan meluncurkan tombol transfer cepat di YouTube Music untuk mereka yang ingin beralih. Demikian kabar yang pingkom.com kutip dari laman sea.mashable.com, Rabu (12/5/2020).

Pada 2017, Google mengatakan pada akhirnya akan menggabungkan Google Play Music dengan layanan streaming musik YouTube, yang kemudian dikenal sebagai YouTube Red. Langkah ini dimaksudkan untuk menghindari kebingungan tentang layanan musik Google, tetapi butuh hampir tiga tahun untuk membuatnya jadi kenyataan.

Google Play Music akan ditutup akhir tahun ini. “Untuk saat ini, pengguna akan terus memiliki akses ke kedua layanan,” kata Google dalam posting blog. “Kami ingin memastikan semua orang punya waktu untuk mentransfer konten mereka dan terbiasa dengan YouTube Music, jadi kami akan memberikan banyak pemberitahuan ke pengguna yang tidak lagi memiliki akses ke Google Play Music akhir tahun ini.”

Perusahaan mengatakan, itu menciptakan cara “mudah” bagi pengguna untuk mentransfer koleksi musik dan daftar putar mereka ke YouTube Music, sehingga pendukung Google Play Music mudah-mudahan tidak akan kehilangan banyak.

Mereka yang ingin memulai sekarang dapat mengunduh aplikasi YouTube Music di ponsel mereka, dan mengklik tombol transfer di dalam antarmuka. Aplikasi kemudian harus mengunggah pembelian Anda, menambahkan lagu dan album, daftar putar, dan pada dasarnya semua preferensi Anda dari profil Google Play Music Anda. Prosesnya bisa memakan waktu beberapa detik atau hingga beberapa hari untuk menyelesaikannya, kata Google, tetapi begitu selesai, rekomendasi audio Anda akan muncul di aplikasi YouTube Music.

“Semua pengguna Google Play Music akan segera menerima email dengan instruksi terperinci tentang cara mulai mentransfer lengkap riwayat dan konten Google Play Music Anda, serta podcast, ke rumah baru mereka,” tambah perusahaan.

Itu termasuk informasi penagihan. “Member Google Play Music Unlimited akan secara otomatis diberikan tingkat yang setara dengan YouTube Music Premium atau YouTube Premium berdasarkan tingkat manfaat dengan langganan mereka saat ini, dengan harga yang sama,” kata Google.

Untuk podcast, perusahaan menginginkan pengguna untuk mencoba aplikasi Google Podcasts, yang juga dapat Anda gunakan untuk mentransfer langganan podcast Anda melalui halaman web khusus ini.

Alasan utama mengapa pengguna terjebak dengan Google Play Music melalui YouTube Music adalah karena Google Play Music memungkinkan Anda untuk mengunggah file musik Anda sendiri ke aplikasi sedangkan YouTube Music tidak. Tapi ini berubah awal tahun ini ketika YouTube Music memperkenalkan fitur unggah musik, menandakan bahwa Google Play Music tidak akan bertahan lama lagi. Anda juga dapat menambahkan hingga 100.000 trek pribadi ke koleksi Anda di YouTube Music, meningkat lebih dari 50.000 dibandingkan dengan Google Play Music.

Dalam pengumuman hari ini, perusahaan mengakui bahwa perubahan bisa sulit. Tetapi Google mengatakan YouTube Music memang menawarkan beberapa fitur yang ditingkatkan di atas layanan lama, seperti daftar putar yang diperluas dan fitur pencarian yang cerdas, yang dirancang untuk dengan mudah membantu Anda menemukan lagu-lagu baru di perpustakaan cloud YouTube.

SEA MASHABLE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here