Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Opini di Medium

0
788
Menghasilkan uang dari Medium

Kamu suka menulis opini dan ingin mendapatkan uang dari menulis artikel di internet? Ya, kamu bisa menjadi penulis Medium, sebuah online publishing platform yang dirilis pada 15 Agustus 2012 oleh Co-Founder Twitter, Evan Williams.

Medium sangat cocok untuk kalian yang hobi menulis dan mengandalkan pendapatan dari dunia tulis-menulis. Apalagi, selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang harus bekerja di rumah dan mengalami kesulitan ekonomi. Bagi pekerja kantoran dan mendapatkan gaji bulanan, dan tiba-tiba harus berhenti kerja karena PHK, perlu melirik platform menulis sederhana ini.

Jadi, daripada meratapi masa yang tidak normal ini, kamu bisa mencoba salah satu alternatif mencari uang di internet. Yaitu dengan menjadi penulis dan menulis artikel di medium. Kamu harus mencoba fitur Medium Partner Program (MPP) yang sudah terbukti membayar penulis. Pendapatan dari Medium bisa diandalkan.

Dalam postingan ini, saya akan menjabarkan bagaimana cara dan langkah-langkah mendapatkan uang dari Medium melalui program mitra medium ini. Sudah banyak penulis yang mampu menghasilkan ribuan dollar dari menulis artikel di Medium, kebayakan adalah para penulis berbahasa Inggris.

Kalian pasti bertanya-tanya, sekaya apa sih medium sampai mampu membayar penulis dengan angka demikian fantastis. Kamu perlu tahu, bahwa bukan medium yang membayar penulis, melainkan para pelanggan konten di medium. Gini, untuk menikmati tulisan bermutu di medium kamu harus berlangganan. Ya, seperti halnya kita berlangganan koran dan membayar biaya langganan.

Jadi, kita nggak bisa membaca tulisan di medium secara gratis? Bisa donk. Hanya saja, kalau mau yang gratisan, maka kamu hanya bisa membaca 3 artikel premium setiap bulan. Di medium artikel premium ini ditandai dengan tanda * di samping tanggal terbit artikel. Kalau kamu mau membaca lebih banyak artikel premium, yang kualitasnya bagus-bagus itu, kamu harus bayar.

Biaya berlangganan artikel di medium adalah $5 per bulan atau sekitar Rp60 ribu, dan $50 per tahun (sekitar Rp700 ribu). Tapi, dijamin biaya itu sepadan dengan kualitas artikel yang ada di medium. Sangat berkualitas dan berguna. Nah, biaya berlangganan itulah yang diberikan kepada para penulis medium, agar mereka selalu menghasilkan artikel berkualitas.

Baca juga: Daftar Situs yang Bayar Mahal Penulis

Syarat untuk menghasilkan uang dari Medium

Sebelum kita membahas cara menghasilkan uang dari menulis di medium, ada baiknya kita mempersiapkan syarat-syaratnya lebih dahulu. Berdasarkan pengalaman dan riset yang saya lakukan, untuk menghasilkan uang dari medium sangatlah mudah. Ada tiga syarat yang harus kita miliki.

1. Membuat dan Memilik akun medium
2. Memiliki akun Payoneer
3. Memiliki akun Stripe

Nanti kamu akan tahu kenapa ketika hal tersebut harus dimiliki.

Langkah menjadi penulis artikel di Medium

Mendaftar sebagai penulis mediumUntuk menjadi penulis opini di Medium, kita harus membuat dan memiliki akun Medium. Tenang saja, tidak ribet kok. Cara mendaftar akun di Medium sangat mudah. Silakan ketik di browser dan masuk ke halaman https://medium.com, dan klik tombol Get Started.

Kemudian, kamu bisa memilih metode sign up apa yang akan anda gunakan. Kamu bisa menggunakan Google, Facebook, ataupun Email. Untuk lebih mudah, gunakan saja email Gmail yang kamu punya agar nantinya mudah ketika melakukan reset password.

Setelah proses pendaftaran akun tersebut selesai, selamat! Kamu sudah terdaftar di Medium dan sudah bisa menulis artikel. Namun, kamu belum bisa menghasilkan uang, meskipun sudah menulis banyak artikel di sana. Itu hanya langkah bikin akun Medium dan menjadi penulis artikel di medium. Untuk dapat menghasilkan uang dari menulis di medium, ada proses lain yang harus dilakukan.

Mendaftar medium partner program

Setelah Anda memiliki akun Medium, langkah selanjutnya adalah bergabung menjadi Medium Partner Program. Caranya adalah masuk ke halaman utama Medium, lalu klik profile Anda di pojok kanan atas, dan klik label Medium Partner Program.

Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini, berupa informasi dan penjelasan mengenai Medium Partner Program. Kalau mau baca silakan saja. Kemudian, klik Join the Medium Partner Program. Kamu bisa juga klik link ini untuk bergabung menjadi mitra medium.
join program mitra medium
Untuk menghasilkan uang dari menulis di medium, kamu mutlak harus bergabung dengan program mitra medium. Caranya pun mudah, karenanya siapa pun bisa mendaftar program mitra medium. Oh ya, mitra medium ini berbeda dengan program dari platform tetangga yang kudu diundang, dan mitranya dipilih secara random.

Mengatur pembayaran di Stripe

Setelah kamu klik Join the Medium Partner Program, kamu akan diarahkan pada halaman pengaturan pembayaran di Stripe, platform pembayaran online untuk bisnis Internet. Stripe adalah satu-satunya metode pembayaran yang tersedia dan didukung Medium. Jadi, kalau mau mendapatkan uang dari menulis di medium, mau tidak mau, kamu harus punya akun Stripe.

setting pembayaran di Stripe

Setelah kamu klik setup Stripe, maka akan muncul halaman seperti ini.
Form Stripe

Kita diminta mengisi form seperti negara tempat bisnis kita lakukan beroprasi, apakah kita mewakili entitas individu atau perusahaan, nomor telfon serta alamat email. Kabar buruknya, pada form negara terdaftar, kebetulan tidak ada negara +62 Indonesia. Mau tidak mau kita harus menggunakan United States (US) sebagai tempat bisnis kita akan beroprasi. Karena itu, kita akan mengikuti kebijakan regulasi US seperti pajak dll.

Setelah form tersebut diisi, kamu akan mendapatkan pesan konfirmasi yang dikirimkan ke ponsel sesuai dengan nomor handphone yang kamu daftarkan.

Selanjutnya kamu diminta memasukan bank account yang akan digunakan untuk menerima pembayaran. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu bank account dan debit card. Namun, ada permasalahan di sini. Instant payouts tidak tersedia untuk debit card yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia. Itulah kenapa kita harus memiliki akun Payoneer.

Membuat akun Payoneer

Membuat akun Payoneer

Karena kita tadi memilih Amerika Serikat, maka kita harus memiliki bank account di Amerika. Tapi, kita tidak punya akun bank di Amerika. Bagaimana ini? Nah, itulah kenapa kita membutuhkan akun Payoneer, perusahaan jasa keuangan yang menyediakan transfer uang online dan layanan pembayaran digital seperti Paypal. Jika kamu belum mempunyai akun Payoneer, silakan mendaftar akun payoneer dengan klik Daftar Payoneer.

Setelah akun Payoneer siap, silakan masuk ke menu Receive -> Global Payment Service, lalu klik view detail untuk mata uang USD. Nantinya akan muncul tampilan seperti ini.

Routing number payoneer

Disini kita hanya perlu menggunakan nomor Routing dan Account number ke dalam form ini.
Routing Number di Stripe
Setelah selesai, klik save. Nantinya, kalau semua proses berhasil, tampilannya akan seperti ini.

Akun Medium terhubung dengan Stripe

Oh ya, kalau kamu sudah berhasil mendaftar Medium Partner Program, akan muncul tampilan seperti ini.

Selamat menjadi mitra medium

Selamat! Kamu sudah menjadi mitra Medium dan bisa mendapatkan uang dari Medium.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Internet di Masa Covid-19

Namun, kamu perlu bersabar, karena itu belum selesai. Kita masih harus melewati satu proses lagi yaitu mengisi form pajak. Klik profile di pojok kanan atas, kemudian klik Medium Partner Program.

Kamu bisa melihat bahwa tampilan halaman tersebut berbeda dari tampilan sebelum kita registrasi untuk partner program. Sekarang terlihat bahwa kita masih belum mengisi tax form. Klik submit taxpayer information dan ikuti petunjuk yang ada. Pilih W-8BEN untuk non-US taxpayer. Kemudian isi form yang disediakan.

Jika sudah selesai mengisi form, kamu bisa mengeceknya di menu Medium Partner Program. Kalau kamu mengisi form pajak dengan benar, maka Taxpayer information kamu sudah terverifikasi (verified). Lihat tampilan berikut ini.

Halaman dasboard program mitra

Kesimpulan

Selamat, sekarang kamu sudah bisa menghasilkan uang dari setiap tulisan yang kamu publikasikan di Medium. Jika beruntung, kamu bakal menerima “gaji” setiap awal bulan. Medium akan mengirimkan pembayaran melalui akun stripe yang telah terhubung dengan medium.

Oh ya, di Medium, kita dibayar per lamanya user/member berbayar membaca artikel kita. Maka, bikin artikel sebagus mungkin agar member berbayar ini tahan berlama-lama di artikel kita. Bagaimana cara hitungnya? Gini, seorang member yang berlangganan $5 per bulan dan dalam sebelum dia membaca lima artikel berbayar, maka uang $5 itu dibagi rata untuk lima penulis artikel yang dia baca.

Dulu, medium membayar berdasarkan jumlah claps (semacam like) pada artikel. Kini, claps digunakan untuk meperluas penyebaran artikel atau seberapa menarik artikel tersebut. Jika sebuah artikel memiliki banyak claps, maka jelas artikel tersebut disukai pembaca.

Sebagai penutup sekaligus memotivasi kita semua, seorang YouTuber, Shelby Church, mampu mendapatkan $6,000 USD di minggu pertamanya menulis di Medium. Kalau dia mampu, mengapa kita tidak.

Terima kasih sudah membaca artikel mendapatkan uang dari menulis di medium. Jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda. Saya akan senang sekali jika pembaca berkenan mengikuti akun Medium saya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here