6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbukti Ampuh

750
cara mendapatkan uang dari blog

Kini, menjadi penulis blog bukan lagi sebatas hobi belaka. Menjadi blogger (baca: penulis blog) sama seperti menjalani profesi lain, di mana kita juga mendapatkan bayaran. Bagi mereka, tujuan ngeblog tidak hanya untuk menyalurkan hobi menulis, melainkan juga untuk mendapatkan uang atau penghasilan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Para blogger tentu saja sudah terbiasa mendapatkan pertanyaan begini. Bagi mereka, banyak jalan menuju Roma, eh banyak jalan menghasilkan uang dari blog. Mulai dari cara mudah sampai cara yang paling sulit dilakukan.

Masing-masing blogger tentu saja memiliki metode yang berbeda-beda, sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman, tentunya. Intinya, ada cara-cara yang ampuh bagi sebagian blogger dan ada juga yang tidak. Pengalaman dan jam terbang sangat menentukan pada bagaimana cara seorang blogger menghasilkan uang dan metode apa yang cocok untuknya.

Berikut saya paparkan 6 cara menghasilkan uang lewat blog yang perlu dicoba. Sebagian cara ini pernah saya lakukan, sebagian lainnya berdasarkan pengalaman teman-teman blogger lain. Intinya, menghasilkan uang melalui blog sangat mudah dilakukan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Memanfaatkan Internet di Masa Pandemi

1. Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Rasanya hampir tidak ada blogger yang tidak tahu apa itu Google AdSense. Soalnya, Google AdSense adalah cara pertama dan utama yang dipilih oleh sebagian besar blogger untuk memonetisasi blog.

Proses pendaftaran Google AdSense cukup mudah dan tidak rumit. Syaratnya tidak berat-berat amat. Intinya, kita cukup mendaftarkan website/blog ke program Google AdSense, tunggu di-approve, pasang kode iklan, dan menunggu penghasilan. Sangat sederhana, bukan?

Dalam kenyataannya, tidaklah semudah itu. Sejumlah blogger menerima beberapa kali penolakan sebelum diterima menjadi publisher (penayang) Google AdSense. Namun, banyak juga yang langsung diterima jadi penayang hanya dengan sekali daftar.

Kalau Anda mau mendaftar Google AdSense dan ingin mendapatkan uang dari blog, maka penting untuk memperhatikan beberapa hal. Misalnya, menulis 10 artikel unik (bukan hasil copy-paste), melengkapi navigasi blog seperti menu about us, privacy policy, contact us dan sitemaps. Ini penting agar blog Anda diterima secepatnya untuk menayangkan iklan oleh Google. [Pelajari cara Google bekerja di sini]

Ada beberapa jenis blog yang dipilih blogger, seperti blog konten berupa artikel atau blog wallpaper (isinya gambar) yang mengandalkan trafik dari search image. Apapun jenis blognya, yang paling penting adalah trafik. Tanpa trafik, sebuah blog tidak akan menghasilkan apa-apa, kecuali hanya kepuasan batin pemiliknya.

Banyak cara untuk mendatangkan trafik. Misalnya, menggunakan teknik search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM) atau paid traffic. Jika ingin mendapatkan trafik secara cepat, paid traffic adalah pilihan yang cocok. Anda bisa menggunakan Facebook Ads, Google AdWord, Bing Ads atau paid link lainnya.

Uang yang Anda keluarkan untuk membayar platform-platform tersebut boleh jadi sebanding dengan hasil yang bakal didapatkan. Ingat, sistem kerja program periklanan seperti Google AdSense adalah trafik yang melimpah. Semakin besar trafik, maka semakin besar pendapatan yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Bagaimana Mendapatkan Uang Puluhan Juta dari Lomba Blog

2. Menghasilkan Uang dengan MGID

Tempo hari, seorang teman memberi kabar bahwa pendapatan dia dari MGID sudah lebih $100 atau melebihi ambang batas penarikan. Dia senang bukan main, dan mengaku sedang menanti pembayaran melalui Paypal.

Sebagai informasi, MGID adalah perusahaan periklanan online yang berkantor pusat di Santa Monica, California. Sebelumnya pernah bermarkas di New York tahun 2008 dan Los Angeles sejak tahun 2014. Perusahaan ini berdiri tahun 2004 yang dibangun oleh seorang programmer muda dari Ukraina, Stanislav Telyatnikov, dengan menghadirkan teknologi periklanan modern.

Seperti umumnya platform iklan pay per click (PPC), MGID juga tersedia untuk advertiser dan publisher. Jika tidak salah, perusahaan ini hadir ke Indonesia sejak tahun 2018 dan banyak menggandeng perusahaan besar. Kini, sebagian besar media online di Indonesia menggunakan layanan MGID ini untuk memonetisasi konten mereka.

MGID dikenal sebagai penyedia iklan alami atau native advertising dengan sentuhan modern. Menjadi leading dalam bidang iklan gaya hidup dan hiburan, serta sangat powerful sebagai penyedia layanan promosi konten berkualitas tinggi. Iklan dari MGID sangat mudah dikenali dan berbeda dengan iklan dari layanan platform tetangga.

Meski MGID banyak bekerjasama dengan website-website berita untuk menayangkan iklannya, kita para blogger juga berpeluang mendapatkan cuan dari mereka. Apalagi, untuk mendaftar sebagai publisher MGID sangat mudah. Anda cukup memiliki blog dengan konten menarik, pengunjung melimpah dan tentu saja tidak melanggar ToS MGID.

Tapi, sebelum mendaftar, sebaiknya Anda membaca dan memahami aturan main dari MGID terlebih dahulu.

Blog tidak memiliki konten dewasa atau cabul, memfitnah atau mencemarkan nama baik, konten ilegal, penjualan senjata api atau obat-obatan terlarang, partisipasi dalam kegiatan ilegal. Apabila di kemudian hari publisher melanggar TOS maka MGID berhak menonaktifkan layanannya setiap saat. Selengkapnya bisa dilihat di : http://mgid.com/content-guidelines)

Telah memiliki pengunjung. Minimal pengunjung tidak ditentukan, namun berdasarkan pengalaman, beberapa blog yang memiliki views 500 (bukan visitor) per hari bisa diterima.

Tidak ada masalah untuk bahasa blog. Bahasa Indonesia bisa diterima.

Setuju dengan kebijakan (TOS) MGID: http://mgid.com/tos

MGID ini bisa menjadi alternatif Google AdSense, jika blog Anda berkali-kali ditolak oleh Google. Jika ingin sukses bersama MGID, ada baiknya kamu mulai meningkatkan trafik blog agar bisa payout tiap bulan. Tertarik mencoba MGID? Silakan daftar MGID di sini.

3. Mendapatkan uang dari Affiliate Program/Referral

Salah satu cara yang ampuh mendapatkan uang dari blog adalah dengan memanfaatkan program afiliasi atau affiliate program. Program afiliasi yang juga dikenal dengan referral program ini sangat populer di kalangan internet merketer yang ingin mencari pemasukan tambahan dari blog. Jika kamu tipe blogger yang memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang, tidak ada salahnya menjajal program referral ini.

Cara kerja program afiliasi ini cukup mudah. Kita akan kita mendapatkan komisi untuk setiap produk yang kita promosikan. Keuntungan dari monetisasi blog dengan cara ini adalah jika visitornya tertarget Anda bisa mendapatkan penghasilan meskipun visitor blog kamu kecil.

Program afiliasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan berupa komisi setelah sukses mengajak orang untuk menggunakan sebuah produk. Anda cukup mempromosikan sebuah produk, dan kemudian ada pengunjung blog Anda yang tertarik dan kemudian membeli produk tersebut. Dengan adanya pembelian ini, maka sebagai affiliate, Anda mendapatkan sejumlah komisi yang sudah ditentukan.

Jadi, program ini memungkinkan Anda untuk menerima penghasilan usai mempromosikan suatu produk. Orang yang Anda tawarkan kemudian tertarik dan membeli produk tersebut. Melalui pembelian ini maka Anda memperoleh komisi sekian persen dari total belanja yang dilakukan.

Beberapa program afiliasi yang bisa kamu coba untuk blog adalah:
– Affiliate hotel (agoda, booking.com, dll)
– Affiliate produk digital (ratakan.com, idaff, clickbank, jvzoo, dll)
– Affiliate online shop tertentu atau marketplace (lazada, amazon, ebay, dll)
– Affiliate bisnis (currency trading, crypto, option, dll)
– Software
– Hosting dan domain

Baca juga: 10 Pekerjaan Online yang Menghasilkan Ribuan Dollar Tiap Bulan

4. Content Placement/Quest Post Berbayar

Cara monetisasi blog yang juga mudah dilakukan adalah melalui content placement atau quest post berbayar. Di media cetak, kita sering melihat tulisan advertorial atau tulisan yang ditulis dengan gaya editorial/berita.

Jika blog Anda sudah memiliki trafik, mempunya Domain Authority (DA) di atas 15, dan muncul di halaman pertama untuk beberapa kata kunci, maka Anda sudah siap menerima content placement. Apa itu content placement? Secara sederhana, content placement adalah penempatan artikel/konten pada suatu blog/website. Biasanya content placement yang berbentuk artikel tersebut berasal dari sebuah brand.

Content placement bisa berupa iklan berbayar ataupun sponsored post dari sebuah brand atau mereka. Para blogger yang menyediakan slot content placement akan mendapat penghasilan karena telah memposting artikel berupa iklan tersebut, dan pihak yang memberikan iklan akan mendapat keuntungan berupa promosi produk secara luas.

Blog Pingkom yang masih baru ini sudah beberapa kali mendapatkan content placement. Harga dari setiap article placement ini berbeda-beda. Intinya, semakin terkenal sebuah blog, maka semakin mahal bayaran yang akan diperoleh. Jadi, boleh dibilang, content placement atau posting berbayar dari tamu bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog.

5. ShortLink

Shortlink juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang lewat blog. Jika ditekuni dengan serius, layanan URL Shortener ini dapat menjadi salah satu sumber pemasukan bagi Anda yang bergelut di dunia online.

Seperti kita tahu, ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, tapi banyak dari kita kadangkala melakukannya dengan cara yang salah, dan juga tidak sabaran. Mnghasilkan uang dari internet (blog hanya salah satunya) tidak semudah memasukkan uang ke mesin ATM. Namun, kalau Anda sedikit kreatif dan tahu cara melakukannya dengan benar, menghasilkan uang dari internet itu amatlah gampang.

Kalian bisa memulainya dengan mencari link-link menarik: bisa link film, link kata-kata bijak, link buku, atau link artikel motivasi. Link-link tersebut bisa kalian dapatkan di mana saja, dan kemudian perpendek link tersebut menggunakan layanan shortlink. Lalu, link yang sudah kalian perpendek itu, kalian sebarkan melalui blog, media sosial, email atau group chatting WhatsApp. Tapi, lakukan dengan hati-hati dan natural, jangan main nyepam!

Layanan URL Shortener ini sungguh menarik. Dengan adanya layanan ini, mencari uang sekarang tidak berbatas ruang dan waktu lagi. Salah satu layanan shortlink yang sering digunakan adalah bit.ly. Namun, shortlink yang membayar para penggunanya adalah adf.ly dan payout minimal hanya $5. Jika tertarik, silakan mendaftar Adf.ly di sini.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual ‘Cantik’ dari Telkomsel yang Siap 24 Jam

6. Spot Iklan

Jika blog kamu memiliki konten menarik dan unik, serta memiliki pengunjung yang berlimpah, tidak ada salahnya menyediakan ruang iklan mandiri. Apalagi jika blog Anda bermain niche tertentu, tentu akan dilirik oleh brand.

Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, menawarkan ruang iklan ke pemilik brand atau menunggu pengiklan secara pasif, hanya dengan memasang banner menerima pemasangan iklan. Soal rate harga dapat kamu sesuaikan, misalnya per minggu Rp250 ribu dan sebagainya.

Kalau blog kamu populer pasti ada brand yang mau membayar hingga Rp1 juta untuk sebuah iklan yang tayang selama sebulan. []

Berita sebelumyaJustAnswer, Mendapatkan Uang dengan Menjawab Pertanyaan
Berita berikutnyaTidak Cuma YouTube, Upload Video ke Situs Ini Juga Dapat Uang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here