Yuk, Jual Fotomu di Situs Jual Beli Foto Online Terbaik Ini

0
1122
situs jual beli foto terbaik

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang mencari uang di internet. Memang sih, cari uang secara online itu gampang-gampang susah. Tapi, orang mulai melirik internet untuk menghasilkan uang. Misalnya, anak-anak milenial yang hobi fotografi.

Orang yang suka jepret sana jepret sini bisa menghasilkan banyak uang dari hobi tersebut. Caranya dengan menjual karya foto di situs jual foto online terbaik. Dan, bayarannya cukup menggiurkan loh.

Menjual foto secara online jadi trend di kalangan anak-anak milenial. Mereka kerap memanfaatkan situs jual beli foto untuk menghasilkan uang sampingan. Selain mudah juga tidak banyak butuh modal. Dengan bermodal ponsel cerdas, mereka sudah bisa menghasilkan uang. Asal fotonya menarik dan kreatif.

Cukup banyak marketplace dan situs di internet yang menerima kiriman foto dari pengguna. Di situs ini kita bisa menjual foto hasil jepretan sendiri, tanpa melalui perantara. Harga untuk setiap foto tentu berbeda-beda antara satu situs dengan lainnya. Namun, bayaran yang kita terima dijamin tidak akan mengecewakan.

Bayangkan, ada situs yang berani membayar pemilik foto hingga $100 per foto. Coba jika ada 10 foto yang terjual, maka penghasilan yang diterima tidak kurang dari Rp14 juta. Jumlah ini tentu lebih besar dari gaji seorang pejabat eselon II.

Kita bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar jika aktif di beberapa platform. Karena itu coba saja daftar di beberapa platform sekaligus, siapa tahu karya foto kita banyak yang lirik. Maka penghasilan yang bakal kita terima mungkin jauh lebih besar lagi.

Dari ratusan situs jual foto, saya memilih tiga situs di bawah ini yang menjadi primadona di kalangan anak milenial. Selain situs besar dengan jaringan luas, situs-situs ini sudah terbukti membayar mahal untuk pewarta foto. Sudah banyak rakan-rakan fotografer yang sudah menerima manfaat dari situs ini.

Tapi, jika kamu tipe orang yang ingin karyamu cepat laku dan dibeli, mungkin perlu bersabar. Soalnya, di situs ini kita tidak bisa menjual sebuah foto secepat tukang parkir meniup peluit. Soalnya, foto kita hanya dipajang di marketplace, dan berharap pengunjung situs tersebut tertarik dengan karya kita. Jadi, berharaplah ada pengunjung situs yang melakukan download foto tersebut, agar kita mendapatkan komisi.

Situs jual beli foto terbaik di internet

Berikut ini adalah beberapa situs jual beli foto yang menerima kiriman foto dari luar. Situs-situs ini sudah terbukti membayar mahal untuk setiap foto yang terjual.

1. Getty Images

Saya yakin kamu sudah sering mendengar nama Getty Images. Jika sedikit rajin mengamati foto yang dimuat di media online besar, kamu pasti sering membaca nama Getty Images. Ya, situs ini sudah lama dikenal sebagai situs microstock yang memungkinkan orang-orang atau fotografer mendaftar menjadi kontributor untuk menjual foto hasil jepretan mereka sendiri.

Visi utama platform ini adalah untuk mendapatkan gambar-gambar atau foto-foto eksklusif berkualitas tinggi untuk brand dan penerbit. Jadi jangan heran jika foto dari Getty Images ini banyak digunakan oleh media besar dan perusahaan raksasa.

Saking istimewanya, foto-foto yang terdapat di Getty Images jarang sekali ada di situs jual foto online lain. Mereka menerapkan aturan yang ketat dan hanya menerima foto eksklusif.

Lalu, bagaimana kita menghasilkan uang dari Getty Images? Sangat mudah, kok. Kamu harus mendaftar sebagai kontributor. Sebelum mendaftar kontributor, pastikan kamu memilik foto berkualitas tinggi dan menarik. Ini akan memudahkan aplikasi pendaftaran kamu diapprove oleh mereka.

Sebab Getty Images memasang standar tinggi untuk setiap foto yang diunggah. Mereka tidak menerima sembarang foto. Dan, di Getty Images ini berkumpul para fotografer beken. Mereka yang jadi kontributor di Getty Images merupakan pewarta foto yang bekerja di media.

Karena itu, untuk menjadi kontributor di Getty Images tidaklah mudah dan kompetitif. Kita harus berkompetisi dengan banyak kontributor lain. Soalnya, situs microstock yang satu ini punya ribuan kontributor di seluruh dunia, dan karya-karya mereka sudah terjamin mutunya.

Untuk setiap foto yang dilisensikan ke Getty Images, kontributor akan mendapatkan komisi atau bayaran sebesar 20% dari total harga penjualan foto.

Selain menjual foto, di Getty Images kamu bisa juga mendapatkan uang dengan cara mereferensikan produk Getty Images kepada orang lain. Kamu bisa bergabung dengan program afiliasi Getty Images. Cuma mengajak orang mendaftar dan membeli foto di Getty Images, kita sudah bisa mendapatkan uang.

2. Shutterstock

Situs jual beli foto populer lainnya adalah Shutterstock. Situs penyedia foto milik Jon Oringer ini berdiri pada tahun 2003 dan berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Untuk menghasilkan uang dari situs ini, kita harus menjadi kontributor.

Di Shutterstock, setiap kontributor akan memperoleh penghasilan sebesar $120 per unduhan gambar. Semakin banyak foto yang diunggah semakin besar uang yang didapatkan. Meski memiliki struktur penetapan harga sedikit lebih rumit, tapi setiap kontributor bisa mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas.

Sebagai informasi, hingga saat ini kontributor di Shutterstock telah menerima gaji lebih dari $300 juta dari sekitar 500 juta unduhan. Data ini menunjukkan bahwa dunia fotografi masih menggiurkan.

Menurut informasi di laman resmi, di Shutterstock seorang kontributor tidak hanya bisa menjual foto. Mereka juga bisa menjual video, termasuk video dengan kualitas gambar HD dan 4K, serta gambar vektor.

Bahkan, kita bisa mengundang fotografer lain untuk menjadi member di Shutterstock. Dan, dari setiap undangan yang berhasil, kita akan mendapatkan sejumlah komisi dengan nilai yang tidak kalah menggiurkan.

Konon, komisi yang bisa kita dapatkan sekitar $0,4 tiap kali ada orang yang datang mendaftar dan mengupload foto. Kita bahkan bisa mendapatkan komisi yang jauh lebih besar jika berhasil mengajak pelanggan untuk membeli foto di Shutterstock. Kita akan mendapatkan 20% dari biaya pembelian pertama mereka.

Nah, untuk menghasilkan uang dari jual foto, silahkan mendaftar sebagai kontributor Shutterstock. Mudah-mudahan kamu bisa sukses di situs ini.

Baca juga: 10 Pekerjaan Online yang Menghasilkan Ribuan Dollar Tiap Bulan

3. iStockphoto

iStock adalah penyedia fotografi stok mikro internasional bebas royalti online yang berbasis di Calgary, Alberta, Kanada. Perusahaan yang berdiri pada Mei 2000 ini menawarkan jutaan foto, ilustrasi, clip art, video, dan trek audio. iStockphoto yang dimiliki Getty Images ini memiliki jaringan kontributor yang luas.

Untuk menjual foto lewat iStockphoto kita harus terdaftar sebagai kontributor [daftar di sini]. Dan, untuk menjadi kontributor di situs ini tidak semudah menggesek kartu tol. Soalnya, tim iStockphoto akan memeriksa para pelamar baru secara ketat. Hal ini untuk memastikan apakah mereka cocok dengan tujuan situs mereka atau tidak.

Setelah mendaftar, silahkan pilih kategori foto yang paling kamu sukai. Kamu dapat memilih kategori foto, ilustrasi, video atau audio. Setelah itu, isi persyaratannya lainnya.

Tim iStockphoto akan memeriksa kualifikasi kamu. Jika cocok, kamu diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan singkat untuk bisa langsung menjadi member.

Langkah terakhir adalah mengunggah beberapa karya yang sudah kamu hasil. Ini untuk memastikan apakah kamu sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh tim iStockphoto atau tidak. Jadi, unggah 5 foto terbaik kamu, dan tunggu sampai mereka menyetujui aplikasi kamu.

Setelah diterima sebagai tim iStockphoto, maka mulailah mengunggah foto sebanyak-banyaknya. Soalnya, kita tidak pernah tahu foto apa yang lolos seleksi dan mana yang tidak. Dan, kita akan memperoleh komisi sekitar 15% dari setiap penjualan foto.

Sebagai tambahan, jika kamu termasuk dalam kategori kontributor eksklusif, pendapatan yang kamu peroleh bakal lebih besar lagi, mencapai 45% dari setiap penjualan foto.

Itulah tiga situs jual foto terbaik di internet yang patut dilirik kaum milenial, dan mulai menghasilkan uang dari foto hasil jepretan sendiri. Mudah, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here