Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang Setia Menjawab Anda

tanya veronika asisten virtual Telkomsel

Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah panduan berkomunikasi secara real-time melalui live chat yang disediakan oleh Telkomsel untuk para pelanggan setianya. Asisten virtual veronika akan menjawab setiap pertanyaan dan keluhan serta memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang pengguna.

Sebelum kalian membaca ulasan berikut ini, ada baiknya saya sampaikan bahwa pembahasan soal veronika asisten virtual dari telkomsel ini sudah cukup banyak diulas. Bahkan laman resmi Telkomsel juga sudah mencantumkan informasi secara detail apa itu asisten virtual veronika dan bagaimana cara bertanya atau mengakses fitur veronika.

Tulisan ini hanya pelengkap saja bagi pembaca terkait bagaimana bertanya dan menggunakan fitur veronika. Untuk panduan resmi silakan langsung merujuk pada laman Telkomsel, karena di sana Anda akan mendapatkan penjelasan yang lebih detail terkait masalah ini. Anggap saja ulasan yang saya tulis ini semacam pengantar saja.

Mengenal Teknologi Chatbot, Asisten Virtual

Jika Anda mengakses website perusahaan jasa atau marketplace, Anda akan menemukan fitur live chat dan biasanya secara otomatis menyapa Anda atau setidaknya bertanya apa yang dapat mereka bantu. Nah, keberadaan fitur live chat tersebut pada sebuah website atau dalam bentuk aplikasi bisnis, belakangan ini sangatlah penting dan dibutuhkan. Hal itu menjadi cara efektif sebuah perusahaan menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Tapi, pertanyaannya adalah bagaimana jika Anda berhadapan dengan situasi di mana ada cukup banyak pertanyaan yang diajukan pelanggan atau permintaan yang diminta dalam waktu secara bersamaan? Tentu saja Anda membutuhkan lebih banyak sumber daya dari biasanya. Dan, saya yakin itu akan sangat merepotkan sekali. Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan besar yang memiliki ratusan ribu pelanggan.

Anda mungkin berpikir untuk merekrut banyak pegawai atau customer service. Anda akan mengerahkan para custumer service ini untuk membantu menjawab permasalahan pelanggan. Hanya saja, pilihan ini tentu saja tidak mudah dan sesederhana yang dipikirkan. Apalagi jika Anda tidak memiliki modal yang kuat dalam menggaji banyak pegawai. Pilihan ini juga tidak cocok jika Anda berhadapan dengan ribuan pelanggan yang mengajukan pertanyaan secara bersamaan.

Inilah yang mendorong Telkomsel menggunakan veronika asisten virtual untuk memudahkan menjawab keluhan pelanggan. Awalnya, veronika hanyalah mesin penjawab yang dimiliki oleh perusahaan plat merah tersebut. Suara veronika muncul setidaknya karena dua hal: ponsel orang yang kita hubungi mati, atau tidak ada jaringan (sinyal).

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang Siap 24 Jam

Telkomsel memilih menggunakan bantuan teknologi live chat atau chatbot untuk menghadapi banyaknya pertanyaan dan permintaan pelanggan yang muncul secara bersamaan. Memang, chatbot belum bisa menggantikan peran manusia sepenuhnya, tapi teknologi ini cukup efisien dalam merespon pelanggan untuk sementara waktu.

Sebagai informasi, chatbot merupakan sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence). Karena menggunakan kecerdasan buatan, robot virtual ini dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia pada umumnya. Sebagai asisten digital, teknologi chatbot ini dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Mengapa teknologi live chat ini dikenal dengan sebutan “bot”? Ya, karena itu merupakan singkatan dari robot internet. Bahkan, saking canggihnya teknologi bot ini, ia dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks maupun suara yang diaplikasikan pada website dan aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Twitter dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa chatbot atau layanan percakapan berbasis kecerdasan buatan sangatlah responsif dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar seperti Telkomsel.

Veronika Asisten Virtual Telkomsel dengan Teknologi AI

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, kita jadi tahu bahwa asisten virtual dibangun di atas teknologi artificial intelligence (AI). Bahkan ia merupakan turunan dari AI yang dilengkapi dengan serangkaian bahasa pemrograman dengan basis natural language processing (NLP) dan mesin pembelajaran yang memungkinkan terjadinya interaksi layaknya individu pada umumnya.

Sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi terkini dan prinsip customer-centricity, Telkomsel mau tidak mau perlu mengadopsi teknologi asisten virtual. Ini pula yang kemudian kita kenal melalui veronika, asisten virtual Telkomsel.

Informasi dari laman Telkomsel menjelaskan apa itu veronika. Disebutkan:

Veronika merupakan layanan digital berbasis chat yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

Telkomsel menghadirkan veronika sebagai asisten virtual pada tahun 2017. Hal ini untuk menyahuti kebiasaan masyarakat yang mulai aktif menggunakan pesan instan (instant messaging) dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, veronika Telkomsel lebih dikenal sebagai mesin penjawab di kala panggilan masuk tidak terjawab, atau orang yang dihubungi berada di luar jangkauan sinyal.

Kini, pengguna dapat menggunakan veronika untuk membeli paket, mengisi pulsa, bayar tagihan kartuHalo, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

Cara Mengakses Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Untuk menghadirkan Veronika yang canggih ini, Telkomsel bekerjasama dengan Kata.ai, perusahaan teknologi yang dikenal sebagai pembuat aplikasi live chat. Telkomsel menggaet Kata.ai untuk mengembangkan akun chatbot GraPari Virtual yang diberinama Veronika pada Agustus 2017. Asisten virtual veronika diprogram secara khusus agar memiliki kemampuan menjawab pertanyaan dan keluhan para pelanggan Telkomsel lewat aplikasi pesan LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

Lalu, bagaimana cara mengakses atau bertanya pada veronika? Bagi Anda yang ingin meminta bantuan dari veronika, Anda bisa mencoba bertanya melalui beberapa platform berikut ini:

Aplikasi MyTelkomsel

Sebagai pengguna Telkomsel, kamu wajib memiliki aplikasi ini. Melalui aplikasi self-service Telkomsel ini, kamu bisa mencoba fitur asisten virtual veronika. Untuk memulai obrolan dengan veronika, klik “Menu” yang ada di kolom bawah. Setelah itu klik menu “Help Center”, pilih “Chat with Veronika”, dan kamu akan dibawa ke halaman chat. Untuk memulai percakapan, kamu bisa ketik “Hai” atau “Halo”. Veronika akan membalas sapaanmu dengan memberikan kata kunci untuk berbagai kebutuhan, seperti Isi Pulsa, Beli Paket, Kirim Hadiah, dan lainnya.

Situs Resmi Telkomsel

Kamu dapat juga mengakses asisten virtual telkomsel veronika ini dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel. Asisten virtual ini dapat kamu akses melalui semua halaman situs, dengan cara mengklik icon veronika yang berada di pojok kanan bawah. Cukup klik logo veronika tersebut, kamu akan dibawa ke halaman obrolan. Jangan kaget jika veronika akan meminta beberapa data dari kamu sebelum memulai obrolan.

Via Pesan WhatsApp

Kamu bisa juga bercakap-cakap dengan asisten virtual veronika melalui layanan pesan instan WhatsApp di nomor 0811-1111-1111 (Cantik kan nomornya?). Cukup ketik “hai” atau “halo”, veronika akan merespon sapaan kamu. Bagi pelanggan pascabayar, Veronika juga bisa memberikan detail informasi mengenai tagihan yang belum terbayar, tanggal tenggat, hingga batas penggunaan.

Bot Telegram

Bagi kamu yang menggunakan Telegram, kamu bisa mencoba layanan Telkomsel Care melalui akun @telkomsel_official_bot. Saat berada di halaman Telegram Telkomsel Care kamu tinggal tekan tombol “start” yang ada di bawah. Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

Facebook Messenger

Kamu bisa juga tanya veronika di Facebook Messenger Telkomsel. Dengan klik tautan tersebut, secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman chat Facebook Messenger. Sapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo” dan sampaikan kebutuhanmu. Ikuti langkah demi langkah yang dikirimkan dalam kolom chat.

LINE

Kamu dapat juga mengakses veronika melalui aplikasi pesan instan LINE (@Telkomsel). Cara memulai percakapan dengan veronika sama juga dengan langkah di WhatsApp, Telegram, maupun Facebook Messenger.

Baca juga: Facebook Pay, Alat Pembayaran Facebook di Media Sosial

Fungsi dan Fitur Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Dengan mengusung teknologi kecerdasan buatan (AI), asisten virtual veronika Telkomsel ini tentu saja memiliki fungsi dan fitur tertentu. Anda dapat mengakses veronika berdasarkan fungsi dan fitur tersebut.

Nah, Anda dapat mengakses beberapa fitur yang dimiliki Veronika sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa fitur dan fungsi yang dimiliki Veronika.

a. Mengecek sisa kuota data internet.
b. Menemukan lokasi GraPARI Telkomsel terdekat di kota sekitar Anda.
c. Menukar Telkomsel POIN yang Anda miliki.
d. Mengganti kartu Telkomsel.
e. Membeli dan mengirim paket.
f. Membeli paket promo telkomsel.

Itulah beberapa fungsi yang dapat Anda peroleh ketika mencoba fitur tanya veronika asisten virtual dari Telkomsel ini. Anda dapat memilih untuk bertanya apa saja sesuai kebutuhan, dengan mengikuti panduan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dan, buat kamu yang butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan pelanggan Telkomsel, ada beberapa channel yang bisa kamu akses selain layanan asisten virtual Veronika. Kamu dapat menghubungi call center 24 jam di 188, GraPARI terdekat, email [email protected], juga akun media sosial Facebook fan page Telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk kita Tanya Veronika dari Telkomsel!

Frequently Asked Questions tentang Veronika Asisten Virtual Telkomsel

1. Apa yang dimaksud dengan Asisten Virtual?
Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chatting untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel. Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

2. Bagaimana cara mengakses veronika asisten virtual Telkomsel?
Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel. MyTelkomsel Situs web Telkomsel WhatsApp Facebook Messenger Telegram LINE Untuk melakukan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan.

3. Kapan layanan asisten virtual dapat digunakan oleh pelanggan?
Asisten Virtual Telkomsel telah melayani pelanggan sejak 24 Agustus 2017. Layanan ini tersedia selama 24 jam.

4. Channel apa saja yang layanan asisten virtual telkomsel?
Saat ini layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

5. Bagaimana jika saya salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN saat berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel?
Jika pelanggan salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.

6. Bagaimana jika saya ingin mengganti topik di tengah-tengah percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel?
Untuk mengganti atau mengakhiri topik percakapan, Anda bisa mengetik “Batal” atau “Cancel”.

7. Bagaimana cara menemukan lokasi GraPARI terdekat melalui Asisten Virtual Telkomsel?
Untuk menemukan lokasi GraPARI terdekat, ketik “GraPARI terdekat” lalu gunakan fitur ’Share Location’.

8. Apakah terdapat aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) yang dikirim saat berinteraksi di Asisten Virtual Telkomsel?
Ada. Berikut beberapa aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika pelanggan berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel: – Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. – Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. – Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1×24 jam.

9. Mengapa asisten virtual Telkomsel bernama Veronika?
Veronica terkenal saat komunikasi telepon dan SMS masih mendominasi. VERONiCA (Voice Response and Info Care) merupakan mesin penjawab pribadai yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan. Saat itulah, terdengar suara wanita yang khas menyapa pelanggan dan memperkenalkan diri dengan nama Veronica.

Berita sebelumyaTanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang Siap 24 Jam
Berita berikutnyaTips Menulis Artikel Agar Dimuat di Koran Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here