Review Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Halo semuanya. Kali ini kami akan membahas tentang Pintu, aplikasi tempat membeli dan menjual mata uang kripto (cryptocurrency). Dan, seperti kita tahu, pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia untuk melakukan trading dan investasi aset digital.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang aplikasi Pintu, ada baiknya kita mengenal dulu beberapa istilah yang berkaitan dengan cryptocurrency. Istilah-istilah tersebut bakal sering kita jumpai saat menggunakan aplikasi Pintu nantinya. Di antaranya adalah market, wallet, trading, deposit, dan withdraw.

Market. Secara sederhana market atau pasar dapat kita terjemahkan sebagai tempat di mana dua pihak atau lebih berinteraksi untuk melakukan transaksi ekonomi secara sadar. Dalam bahasan kita, market berarti tempat di mana kita membeli dan menjual aset kripto.

Wallet atau dompet digital adalah suatu tempat di mana kita bisa menyimpan tokens kripto secara aman. Di wallet ini, kita bisa menyimpan berbagai jenis token kripto, di mana masing-masing memiliki alamat sendiri-sendiri.

Trading adalah aktivitas yang kita lakukan di pasar finansial dalam hal ini jual beli kripto. Biasanya, kita membeli satu jenis kripto saat harga rendah, dan menjual kembali ketika harganya sedang naik.

Deposit artinya penempatan dana (menyimpan uang) dalam bentuk mata uang kripto untuk keperluan jual beli atau investasi

Withdraw adalah pemindahan sejumlah dana dari wallet di sebuah marketplace kripto ke wallet kripto lainnya atau penarikan ke rekening bank lokal.

Di pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia kita akan lebih akrab dengan istilah tersebut. Lalu, apa saja hal yang kita bahas dalam artikel ini? Dalam tulisan ini kita akan membahas cara mendownload aplikasi Pintu, proses instalasi, registrasi akun, verifikasi KYC (know your customer), deposit, trading hingga withdraw. Selain itu, kita juga akan mengulik fitur-fitur di aplikasi Pintu serta kemudahan apa yang ditawarkan aplikasi crypto terbaik ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Kripto dari Aplikasi Telegram

ilustrasi trading mata uang kripto
Ilustrasi trading mata uang kripto (Photo: Pixabay)

Apa itu aplikasi Pintu?

Jika Anda seorang trader kripto atau pecinta cryptocurrency tentu tidak asing lagi dengan aplikasi Pintu. Dan kalian mungkin bisa langsung skip pembahasan ini. Namun, jika Anda belum tahu apa itu Pintu, penjelasan ini boleh jadi akan membantu. Pintu adalah aplikasi trading crypto terbaik dan termudah di Indonesia yang dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja.

Siapa sosok di balik platform yang berfokus pada transaksi jual beli dan investasi cryptocurrency ini? Sebagai informasi, PT Pintu Kemana saja sebagai induk perusahaan aplikasi Pintu didirikan oleh Jeth Soetoyo pada April 2020. Awalnya, startup ini memiliki misi membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan trading dan investasi aset kripto.

Sebagai perusahaan teknologi blockchain terkemuka di Indonesia, di aplikasi Pintu kita dapat membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim mata uang crypto dengan mudah. Semuanya bisa kita lakukan lewat satu aplikasi smartphone saja. Pengembang aplikasi membuat Pintu demi kenyamanan Anda semata!

Aplikasi ini tentu saja aman dan legal untuk digunakan. Soalnya, Pintu sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka/Commodity Futures Trading Regulatory Agency (BAPPEBTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Merujuk pada peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto, Pintu terjamin aman dan legal, dan bebas dari penipuan. Karenanya, di aplikasi Pintu kita bebas melakukan jual/beli (trading) dan investasi mata uang crypto dengan aman dan nyaman tanpa diliputi rasa takut.

Saat tulisan ini dibuat (Selasa, 14 Desember 2021), setidaknya ada sekitar 36 aset mata uang kripto yang diperdagangkan di aplikasi Pintu (dan jumlahnya akan bertambah seiring waktu). Di antaranya adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH),, Tether (USDT), Binance Coin (BNB), Compound (COMP), The Sandbox (SAND), Cardano (ADA), Ripple (XRP), Solana (SOL) hingga token milik Pintu: Pintu Token (PTU). Di website maupun di aplikasi Pintu, Anda bisa melihat semua mata uang kripto yang diperdagangkan di Pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia ini.

Apa itu Mata Uang Kripto?

Dari awal kita sudah cukup sering mendengar tentang mata uang kripto. Tapi, apa itu mata uang kripto? Mata uang kripto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi yang tidak mungkin untuk dipalsukan atau digandakan.

Wikipedia menulis “mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.”

Dengan kata lain, cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melalui pihak ketiga. Dan, dewasa ini mata uang kripto sedang populer banget, loh. Banyak anak milenial dewasa ini melakukan trading (jual/beli) uang kripto di aplikasi Pintu yang memperdagangkan mata uang digital ini. Apalagi cuan dari mata uang kripto sangat menggiurkan.

Salah satu mata uang kripto yang sering dibahas adalah Bitcoin (BTC) yang November 2020 lalu harganya hampir menyentuh angka Rp1 miliar per 1 BTC. Jika ingin membaca lebih lanjut tentang bitcoin, Anda bisa merujuk pada artikel Apa itu Bitcoin.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Kripto HIVE dan Proses Penarikan

Ilustrasi aplikasi trading kripto
Ilustrasi aplikasi trading kripto (photo: pixabay)

Beberapa Fitur Aplikasi Pintu yang Perlu Diketahui

Sebagai aplikasi terbaik dan termudah di Indonesia, Pintu tentu saja menyediakan banyak sekali fitur yang bakal memanjakan pengguna. Dengan fitur-fitur tersebut, Pintu memikat pengguna agar tidak berpindah ke lain hati, sekaligus menggoda calon pengguna baru untuk segera menginstall aplikasi Pintu.

Tidak elok rasanya kalau kami tidak membahas secara lengkap apa saja fitur yang ada di aplikasi Pintu, serta kelebihan dan kemudahan yang diberikan aplikasi jual beli aset digital ini. Penjelasan ini sedikit banyak akan membantu para pengguna saat menggunakan aplikasi Pintu.

Fitur-fitur di Aplikasi Pintu

Kalau Anda pertama kali membuka website atau menggunakan aplikasi Pintu, Anda akan langsung dihadapkan pada fitur andalan di Pintu. Fitur-fitur ini semakin menegaskan Pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia. Ini dia empat fitur andalan tersebut:

1. Pintu Market

Fitur market menampilkan daftar 36 aset kripto beserta harga secara realtime dan berapa persen perubahan dalam rentang 24 jam. Tidak cuma itu, di fitur market, Anda bisa mengetahui perubahan harga selama 1 minggu, 1 bulan dan 1 tahun. Jadi, Anda bisa mengetahui berapa persen harga uang kripto itu terkoreksi.

Pintu juga menyediakan informasi secara lengkap untuk masing-masing aset digital tersebut. Misalnya, di halaman tiap aset kripto, Anda bisa memantau grafik beserta filter waktu, info transaksi minimum, ringkasan investasi, info tentang aset itu sendiri, berita, tombol untuk alert dan tombol beli/jual.

2. Pintu Earn

Ini termasuk fitur baru di Pintu. Sayangnya, saat tulisan ini dibuat, fitur ini belum tersedia bagi semua pengguna. Pun begitu, fitur Earn sangat cocok untuk Anda yang lebih cenderung memilih investasi. Keuntungan investasi di Pintu Earn seperti bunga yang dibayar tiap jam, saldo yang tidak dikunci dan aset yang dijamin aman. Oh ya, Anda bisa mendapatkan bunga hingga 4% per tahun dengan menyimpan aset di Earn. Top up dan tarik saldo kapan saja.

3. Pintu Fees

Kehadiran fitur Fees ini semakin memantapkan posisi Pintu sebagai aplikasi crypto terbaik karena menawarkan biaya transaksi (trading) dan kirim kripto ke sesama Pintu secara gratis. Sementara untuk biaya withdraw rupiah ke semua bank lokal juga sangat murah. Harganya hanya Rp4.500 per transaksi.

4. Pintu OTC (Over-the-counter)

Seperti dijelaskan di laman Pintu, Over-the-counter (OTC) adalah transaksi likuiditas tinggi yang lebih aman dan personal. Layanan ini ditujukan untuk institusi dan individu yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar. Di fitur ini para trader atau investor bisa mendapatkan harga khusus dengan slippage minimum untuk transaksi dalam jumlah besar, minimal Rp1,5 miliar per transaksi. Selain itu Anda juga akan mendapatkan layanan khusus alias 1on1 personal, mulai dari konsultasi hingga transaksi, sesuai kebutuhan Anda tentunya.

Selain empat fitur utama di atas, sebenarnya ada cukup banyak fitur lain yang ada di aplikasi Pintu. Sebagai aplikasi terbaik dan termudah, Pintu menyediakan banyak sekali fitur yang memberi kemudahan kepada para pengguna. Di antaranya adalah:

5. Keamanan Akun

Fitur Keamanan Akun Pintu terbilang komplit dan canggih. Untuk menjaga akun tetap aman, Anda da bisa menggunakan OTP (SMS/Whatsapp/Telegram), Google Authenticator, PIN, kata sandi hingga Fingerprint/Face ID.

6. Academy Pintu

Fitur ini gudangnya pengetahuan. Di sini Anda bisa mengakses kumpulan artikel yang dapat membantu Anda untuk memahami dunia cryptocurrency secara gratis dan lengkap.

7. Menabung Rutin & Price Alert

Fitur Nabung Rutin sangat berguna untuk Anda yang gemar melakukan investasi kripto. Fitur ini akan mengingatkan Anda untuk menabung secara rutin. Sementara price alert adalah sebuah fitur di mana akan mendapatkan notifikasi saat harga crypto sesuai dengan yang Anda inginkan.

8. Pintu Support

Layanan adalah urat nadi sebuah perusahaan profesional. Karena itu, Pintu menyediakan Pusat Bantuan, Chat Support hingga komunitas (Discord & Telegram) dan media sosial (Youtube, Instagram, Twitter dan Facebook).

9. Pintu Promo & Referral

Jika Anda pemburu cuan dari mata uang kripto, Anda bisa memanfaatkan fitur promo dan referral ini. Melalui fitur ini Anda akan mendapatkan cashback, komisi referral, saldo gratis, voucher gratis ongkir hingga voucher menginap.

Kelebihan dan Kemudahan Menggunakan Aplikasi Pintu

Setelah mengetahui fitur apa saja yang ada di aplikasi Pintu, kini saatnya kita membahas kelebihan dan kemudahan menggunakan Pintu sebagai aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia.

1. Daftar & Verifikasi Akun Pintu

Anda bisa mendaftar dan membuat akun Pintu dengan mudah, cukup dengan modal email. Sedangkan untuk verifikasi akun di Pintu, Anda cukup menggunakan foto dan selfie dengan KTP.

2. Login dengan Mudah

Pintu menyediakan kemudahan saat Anda melakukan login. Ada beberapa pilihan login yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, yaitu menggunakan Fingerprint/Face ID. Anda bisa menggunakan Google Authenticator agar proses login tetap aman.

3. Deposit & Fee Tarik Uang

Di Pintu Anda bisa deposit melalui transfer Bank dan E-Wallet (GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay). Ini akan membantu sekali jika Anda tipe orang yang tidak ingin ribet. Oh ya, biaya tarik rupiah di Pintu terbilang paling murah, loh saudara-saudara! Biasanya hanya Rp4.500 untuk biaya withdraw rupiah ke semua bank.

4. Transaksi Minimum Murah Banget

Sebagai aplikasi trading crypto terbaik, Pintu sangat paham dengan kondisi keuangan anak bangsa. Aplikasi Pintu sangat merakyat karena kita dapat melakukan transaksi atau deposit mulai dari Rp11 ribu. Jumlah ini sangat murah dan terjangkau. Inilah alasan mengapa pengguna baru begitu tergoda untuk menggunakan aplikasi Pintu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bitcoin dari Menulis Konten Blog

Ilustrasi cuan Bitcoin
Ilustrasi cuan dari Bitcoin (photo: Pixabay)

Cara Menggunakan Pintu Aplikasi Terbaik dan Termudah di Indonesia

Di bagian ini kami akan menjelaskan secara detail cara menggunakan aplikasi Pintu secara mudah, mulai dari cara download, cara registrasi akun, cara verifikasi KYC, deposit aset digital hingga trading. Setidaknya, setelah membaca bagian ini, Anda benar-benar bisa menjadi seorang trader atau investor jempolan di Pintu.

Cara Download dan Install Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu bisa Anda download di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store jika Anda menggunakan sistem operasi IOS. Berikut ini proses download dan instal aplikasi Pintu:
1. Buka Play Store atau App Store
2. Di kolom pencarian, ketik “Pintu” kemudian tap tombol Search atau cari.
3. Tap tombol Instal atau Dapatkan (Get)
4. Tunggu proses download dan instal hingga selesai.

Setelah proses download dan instalasi aplikasi Pintu selesai, selanjutnya kita masuk ke proses pendaftaran akun atau registrasi.

Cara Registrasi Pintu

1. Buka aplikasi Pintu
2. Tap Daftar
3. Anda bisa daftar dengan akun Google, Apple atau dengan email
4. Selesai

Horee….sekarang Anda sudah memiliki akun di Pintu. Namun, untuk dapat melakukan deposit, trading hingga withdraw, Anda perlu melakukan verifikasi akun alias verifikasi KYC (know your customer).

Cara Verifikasi KYC Pintu

Untuk melakukan verifikasi KYC di Pintu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi dan saat di Beranda, Tap Verifikasi Sekarang
2. Masukkan nomor HP dan pilih verifikasi OTP melalui SMS, WA atau Telegram.
3. Pilih tipe ID apakah KTP, SIM atau Passport/KITAS/KITAP
4. Upload Foto KTP dan Foto Selfie dengan KTP
5. Masukkan nomor KTP, nama lengkap dan tanggal lahir
6. Selesai.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dari pihak Pintu. Jangan panik, proses verifikasi di Pintu cepat kok.

Deposit dan Trading di Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Kini, tibalah kita di pembahasan yang paling ditunggu-tunggu: cara deposit dan trading di aplikasi Pintu.

Untuk melakukan deposit di aplikasi Pintu, langkah-langkahnya adalah:
1. Saat di Beranda, ketuk Deposit di Rupiah Token
2. Pilih metode deposit (transfer bank atau e-wallet)
3. Ikuti petunjuk dan lakukan transfer
4. Selesai

Sementara untuk melakukan trading, langkah-langkahnya adalah:
1. Ketuk Market
2. Pilih aset kripto yang akan dibeli atau dijual
3. Ketuk tombol Beli atau tombol Jual
4. Masukkan nominal yang akan dibeli atau dijual
5. Tap Berikutnya
6. Tap “Beli Sekarang” atau “Jual Sekarang”
7. Selesai dan tap OK

Baca juga: Publish0x: Cara Mudah Mendapatkan Uang Kripto FARM

Kesimpulan

Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi, bisa menyebabkan Anda panas-dingin. Soalnya, harga aset kripto sangat fluktuatif, berubah dengan cepat tanpa bisa diprediksi. Karena itu, berhati-hatilah ketika membuat keputusan apakah itu saat membeli atau menjual aset kripto. Beli suatu aset ketika harganya murah, dan jual kembali saat harga tinggi. Tanggalkan ego dan keinginan cepat kaya atau kaya mendadak.

Selalu pantau informasi dan baca pergerakan pasar aset kripto. Manfaatkan fitur Pintu Academy untuk menambah pengetahuan dan memahami seluk beluk dunia kripto. Demikian pembahasan dari kami tentang Pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembaca.[]

————-
Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu Aplikasi Pintu?
Pintu adalah aplikasi trading crypto terbaik dan termudah di Indonesia yang dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja.

2. Siapa sosok di balik aplikasi Pintu?
PT Pintu Kemana saja sebagai induk perusahaan aplikasi Pintu didirikan oleh Jeth Soetoyo pada April 2020. Awalnya, startup ini memiliki misi membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan trading dan investasi aset kripto.

3. Apa saja yang bisa dilakukan di aplikasi Pintu?
di aplikasi Pintu kita dapat membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim mata uang crypto dengan mudah. Semuanya bisa kita lakukan lewat satu aplikasi smartphone saja. Pengembang aplikasi membuat Pintu demi kenyamanan Anda semata!

4. Apakah Pintu aman untuk digunakan?
Pintu sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka/Commodity Futures Trading Regulatory Agency (BAPPEBTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Merujuk pada peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto, Pintu terjamin aman dan legal, dan bebas dari penipuan. Karenanya, di aplikasi Pintu kita bebas melakukan jual/beli (trading) dan investasi mata uang crypto dengan aman dan nyaman tanpa diliputi rasa takut.

5. Berapa biaya transaksi ke sesama Pintu?
Pintu sebagai aplikasi crypto terbaik karena menawarkan biaya transaksi (trading) dan kirim kripto ke sesama Pintu secara gratis. Sementara untuk biaya withdraw rupiah ke semua bank lokal juga sangat murah. Harganya hanya Rp4.500 per transaksi.

6. Berapa biaya deposit minimal di aplikasi Pintu?
Sebagai aplikasi trading crypto terbaik, Pintu sangat paham dengan kondisi keuangan anak bangsa. Aplikasi Pintu sangat merakyat karena kita dapat melakukan transaksi atau deposit mulai dari Rp11 ribu.

Artikulli paraprakBagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tahun 2022?
Artikulli tjetërKabar Baik Buat Pemain Kripto, Harga Mata Uang Kripto Mulai Membaik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini