11 Game Penghasil Uang Terbaik 2021 Bermodalkan HP dan Desktop

daftar game penghasil uang

Bermain game tidak hanya sebagai hiburan yang menyenangkan. Kini, bermain game juga dapat mendatangkan penghasilan dan pendapatan berupa uang. Sebab, ada banyak sekali game penghasil uang yang hanya butuh modal HP atau PC.

Dewasa ini, banyak sekali game yang menghasilkan uang dan bisa dimainkan menggunakan perangkat apapun, seperti melalui HP, Tablet atau Personal Computer (PC).

Beberapa permainan di bawah ini bahkan sudah diperlombakan sebagai ajang olahraga di acara E-Sport dunia dengan hadiah uang jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Jadi, selain menyalurkan hobi bermain game, permainan yang kamu mainkan ini bisa menjadi sumber penghasilan. Apalagi jika sukses menjadi atlet e-Sport yang bisa membuat kamu meraih kesuksesan berlipat-ganda. Tapi, kamu meski berlatih lebih tekun agar menjadi atlit e-sport profesional.

Pun begitu, tanpa menjadi atlet E-Sport pun, kamu sebenarnya tetap bisa mendapatkan uang dengan bermain game penghasil uang ini.

Baca juga: Tak Cuma YouTube, Upload video ke Situs Ini juga Menghasilkan Uang

Daftar game penghasil uang

Tidak semua game bisa menghasilkan uang, karena ada game yang dibuat semata-mata sebagai permainan mengisi waktu luang belaka. Pun begitu, ada beberapa game yang menghasilkan uang, dan permainan inilah yang kita bahas. Berikut ini daftar pilihan game yang dapat menghasilkan uang.

1. Player Unknown Battle Ground (PUBG)

Pada tahu kan game ini? Inilah permainan tembak-tembakan sejuta umat, yakni PUBG Mobile. Permainan ini memberikan pilihan untuk bermain sendiri atau dengan teman yang maksimal 1 tim terdiri dari 4 orang. Target dari game ini adalah bertahan hidup hingga tim lain berhasil dikalahkan.

Saking populernya, banyak YouTubers ataupun atlet E-Sport memanfaatkan PUBG sebagai sumber pencaharian. Mereka menghasilkan uang dari bermain game ini dan kemudian mengunggahnya ke YouTube atau Facebook. Syaratnya, ya kamu harus memiliki Channel YouTube yang sudah bisa dimonetisasi, atau Creator Studio Facebook yang disetujui AdBreak.

2. Game penghasil uang DOTA 2

Siapa sih yang nggak tahu game satu ini. Permainan berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini termasuk permainan paling laku dan populer di dunia.

Keahlian dan ketekunan dalam memainkan game ini bisa membuat rekening gemuk. Kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi uang yang banyak. Alih-alih bermain game untuk menghilangkan penat, game ini dapat mendatangkan rezeki buat kamu.

Caranya adalah dengan menjual item atau jagoan langka yang kamu peroleh kepada para pemain lain. Besaran harga jualnya tergantung dari tingkat kelangkaannya ya! Semakin langka tentu semakin mahal, bisa sampai jutaan rupiah.

Selain dengan berjualan item, kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi tingkat nasional atau internasional yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah sampai miliaran rupiah. Intinya, kamu harus menjadi gamer profesional untuk meraup banyak uang dari game ini.

3. Mobile Legends

Mobile Legends (ML) masuk dalam daftar game terpopuler di dunia saat ini. ML termasuk salah satu permainan alternatif pengganti DOTA yang hanya bisa dimainkan di komputer. Mobile Legends bisa dimainkan di ponsel, sehingga lebih mudah dan praktis.

Kini para pemain Mobile Legends bisa mendapatkan uang dari bermain dengan menjual akun, atau mengikuti kompetisi. Bahkan, sebagai seorang gamer profesional, kamu bisa merekam permainan kamu dan kemudian mengunggahnya ke YouTube atau Creator Studio Facebook. Dari situlah kamu bisa menghasilkan uang yang banyak.

Selain itu, banyak kompetisi eSport Mobile Legends berskala nasional hingga internasional yang diselenggarakan tiap tahun. Hadiah yang ditawarkan buat pemenang pun tidak kaleng-kaleng, karena mencapai jutaan rupiah.

Satu lagi peluang bisnis yang bisa diraup dari game ini adalah menjadi joki. Kamu hanya perlu memainkan akun orang untuk menaikkan peringkat. Bayarannya disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Semakin kamu mahir bermain game, semakin besar uang yang bisa kamu peroleh.

4. RO: Idle Poring

RO: Idle Poring atau yang dikenal dengan game Ragnarok menduduki posisi keempat sebagai game penghasil uang terbaik saat ini.

Game yang bergenre Role Playing Game (RPG) ini merupakan salah satu game legendaris yang memiliki jutaan pemain dan penggemar setia. Coba saja googling di internet, kamu akan terkejut dengan fakta yang ada.

Game yang sengaja dihadirkan untuk versi mobile ini menugaskan para pemainnya menjelajahi peta dan menyelesaikan misi yang diberikan. Ketika berjelalah, para pemainnya dapat mencari barang-barang langka atau rare item. Barang-barang tersebut nantinya bisa kamu jual kembali untuk mendapatkan uang.

Untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak, kamu harus lebih rajin dan sering bermain game serta menyelesaikan misi-misi yang diberikan.

5. Mobile Premier League

Mobile Premier League (MPL) menawarkan hadiah berupa saldo GoPay. Jadi, bukan berupa uang layaknya hadiah game e-sport lainnya. Pasalnya, game ini merupakan hasil kerja sama vendor dengan Gojek.

Dengan begitu, para pemain yang akunnya sudah terhubung dengan aplikasi Gojek nantinya bisa langsung menukarkan berlian atau diamond ke dalam saldo GoPay.

Proses penukarannya pun sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Namun, untuk mendapatkan saldo GoPay, tentu kamu harus memainkan game-nya terlebih dahulu dan mengumpulkan berlian atau diamond sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak berlian dan diamonds yang kamu dapatkan, berarti saldo yang bisa kamu peroleh akan lebih banyak lagi. Bagaiman, tertarik mencoba game ini?

6. Garena Free Fire

Ini game favorit anak saya. Game battle royale Garena Free Fire mungkin tidak memiliki reputasi sebesar PUBG atau Fortnite yang jauh lebih populer. Namun, game ini banyak dimainkan anak-anak karena lebih ringan.

FYI, game ini sangat terkenal di Indonesia, loh. Pada 2019, Garena Free Fire berhasil masuk YouTube Rewind dan sukses mengalahkan popularitas PUBG di platform berbagi video milik Google tersebut.

Game penghasil uang langsung ke rekening tanpa modal ini juga banyak muncul di turnamen eSports besar seperti Piala Presiden dan SEACA dengan total hadiah miliaran rupiah. Jika kamu tertarik menghasilkan uang dari game ini, kamu harus meningkatkan kemampuan memainkan game ini. Sehingga bisa mendapatkan booyah berkali-kali.

7. Game penghasil uang Market Glory

Game yang bisa menghasilkan uang lainnya adalah Market Glory. Permainan yang dibuat pengembang asal Rumania ini memungkinkan kamu mendapatkan uang sungguhan ketika memainkannya.

Dalam permainan ini kamu harus menggerakkan sendiri kotamu. Misalnya, mendirikan usaha, menjalankan pemerintahan, bekerja, dan lain-lain.

Tujuannya adalah mendapatkan keuntungan secara virtual kotamu sebanyak-banyaknya dengan strategi yang tepat.

Kerennya lagi, keuntungan virtual itu bisa dikonversikan ke uang asli. Bisa ditransfer ke rekening bank, atau ke akun Paypal milik pemain.

8. Exodus 3000

Exodus 3000 mengharuskan pemainnya untuk menjelajah planet Mars dan mencari mineral untuk bisa mendapatkan Mars dollar.

Jika pemain berhasil mendapatkan 300.000 Mars dollar, maka nilai Mars dollar ini setara dengan 20 US dollar. Kalau dirupiahkan sekitar Rp250 ribu.

Andai kamu bisa mendapatkan 600.000 Mars dollar, jumlah dollar yang bisa kamu raup lebih besar lagi yaitu $40. Jumlah ini lebih dari cukup untuk mentraktir pacar kamu di restoran terkenal.

Bagaimana, bermain game ini menggiurkan, bukan? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak mineral, dengan cara rajin menambang gunung berapi dan sering melawan pemain-pemain Exodus 3000 lainnya.

9. Arena of Valor

Popularitas Arena of Valor (AoV) memang sudah meredup sejak kehadiran ML. Tapi, AoV masih memiliki penggemar setia. Soalnya bermain game ini berpotensi menghasilkan uang yang lumayan besar.

Sampai saat ini, Garena Indonesia selaku penerbit game ini masih rajin mengadakan turnamen resmi AoV dengan total hadiah mencapai 1 miliar. Kalau kamu ingin bermain game yang menghasilkan uang, AoV bisa menjadi pilihan. Soalnya, level kompetisi permainan ini relatif lebih rendah dibandingkan ML yang sangat populer, itu.

Dengan minimnya persaingan di game penghasil uang ini, peluang kamu mendapatkan cuan via game ini justru semakin besar. Pembayarannya dilakuan via akun PayPal!

10. Black Desert Mobile

Game ini sendiri merupakan versi HP dari Black Desert Online, sebuah MMORPG populer dari developer asal Korea Selatan, Pearl Abyss.

Sebagai aplikasi game penghasil uang yang terbukti membayar, permainan ini sempat bikin geger sejagad. Soalnya, sempat muncul berita tentang pemain yang menjual karakter game ini seharga Rp22 juta!

Kamu pun bisa mendapatkan uang dari permainan ini dengan strategi yang sama. Misalnya, menjual item dan hal-hal serupa lainnya yang kamu dapatkan dari bermain game ini.

11. Higgs Domino

Higgs Domino Island adalah sebuah permainan domino yang berciri khas lokal terbaik di Indonesia. Boleh dibilang, inilah game penghasil uang yang cukup populer belakangan ini di kalangan gamer. Ada banyak permainan dalam aplikasi game ini, seperti bermain domino, ludo, atau game spin otomatis seperti Duo fu Duo cai, Fafafa, dan 5Dragons. Bayaran yang bisa kita terima mulai dari jumlah terkecil seperti Rp30 hingga puluhan ribu rupiah. Uang yang kita dapatkan bisa ditukar dalam bentuk pulsa.

Bahkan, kini para pemain bisa menjual chip yang diperoleh dari game ini. Misalnya, untuk 1B chip coin dijual Rp65 ribu. Bayangkan jika kamu memiliki 1T chip coin, tentu kamu bisa membeli rumah mewah, bukan?

Baca juga: Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis untuk Anak Milenial Indonesia

Cara mendapatkan uang dari game

Bermain game saat ini bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Bahkan, bermain game bisa menjadi karier yang menjanjikan di kemudian hari. Masih ingat gamer asal Swedia, Felix Arvid Ulf Kjellberg. Di jagad YouTubers, ia lebih dikenal sebagai PewDiePie, adalah seorang komentator permainan video di YouTube yang berasal dari Swedia.

Berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari game.

Baca juga: 7 Situs Survey Online di Indonesia yang Terbukti Membayar

1. Menjadi Live Streamer
Menjadi live streamer adalah bermain game secara real-time. Pekerjaan ini sangat mudah yang mana kalian hanya perlu duduk, bermain game, lalu mengoceh, atau berinteraksi dengan audiens kalian. Kamu bisa mencontoh PewDiePie atau gamer asal Indonesia.

Ada banyak sumber uang dari pekerjaan ini, seperti iklan dari berbagai perusahaan yang tertarik, uang donasi atau berlangganan dari streaming-service tertentu.

Untuk saat ini, platform terbesar adalah Twitch, tapi YouTube Gaming juga bisa dijadikan alternatif. Bahkan kamu bisa mencoba Creator Studio Facebook dan bermain game secara real-time di sana.

2. Menulis sebagai jurnalis video game
Jika kamu seorang penulis/jurnalis, kamu bisa memadukan keahlian bermain game dengan menulis. Kamu bisa bergabung bersama situs yang sudah ada atau meluncurkan situs sendiri dan mulai menulis berita, review, atau berbagai jenis konten jurnalistik lainnya.

Dengan menulis di situs lain, kamu bisa mendapatkan sejumlah honor atas tulisan yang kamu tulis. Sementara jika kamu bikin blog/situs sendiri, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan PPC atau donasi via Patreon.

3. Membuat konten walkthrough atau tutorial
Membuat video walkthrough atau tutorial di platform seperti YouTube bisa membantu banyak orang, terutama gamer pemula, yang sering kali mendapati diri mereka stuck di level atau misi pada beberapa game tertentu.

Jika membuat video dirasa terlalu sulit, kalian tetap memilih opsi lain dengan membuat panduannya secara tertulis atau menerbitkan panduan itu sebagai ebook. Keduanya, jika diseriusi, bisa mendapatkan pundi-pundi dollar.

4. Berprofesi sebagai gamer profesional
Memiliki skill atau keterampilan bermain game yang baik atau di atas rata-rata? Kamu bisa mencoba untuk terjun ke industri gaming sebagai gamer profesional.

Kamu bisa bergabung dengan tim e-sports, lalu mulai mengikuti turnamen dari situ.

Jika ini berjalan dengan baik, kamu akan mendapatkan penghasilan yang besar dari kemenangan di tiap turnamen atau dari sponsor.

Beberapa gamer profesional juga seringkali menekuni profesi lain seperti live-streamer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Bermain game online dengan poin yang bisa ditukar
Swagbucks dan MyPoints menawarkan kesempatan bagi pengguna mereka, untuk memainkan beberapa online game, seperti: Super Plunko, Deal or No Deal Slots dan Bejeweled Blitz dengan imbalan berupa poin.

Poin ini nantinya dikumpulkan terlebih dahulu, sebelum akhirnya ditukar dengan gift card atau uang tunai yang dibayar lewat PayPal.

Sama seperti game tester, ini juga menjadi salah satu profesi yang mudah untuk dilakukan. Namun dengan pendapatan yang tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga: Begini Penampakan PlayStation 5: Desainnya Cukup Elegan

6. Jadi game tester
Developer biasanya akan merekrut orang luar untuk menguji game yang mereka buat. Menjadi game tester, kalian bertugas menguji segala hal yang diinginkan oleh developer termasuk mendokumentasikan bug atau masalah yang ditemukan.

Ini menjadi salah satu profesi yang menyenangkan, karena kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan dari situ. Cara kerjanya sederhana dan hanya membutuhkan ketelitian. Itu saja.

Itulah daftar game penghasil rupiah terbaik di tahun 2021. Silakan dicoba!

Berita sebelumyaDaftar Situs yang Bayar Mahal Penulis
Berita berikutnyaCara Mendapatkan Uang Kripto Gratis dari HIVE dan Proses Pencairan: Sebuah Panduan Lengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here