EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, Lembaga Les Bahasa Berkualitas di Indonesia

0
277
EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional
Les Inggris Dewasa di English First (Foto: EF)

English First (EF) Adults adalah lembaga kursus bahasa Inggris profesional dan berkualitas di Indonesia. Reputasinya sebagai tempat les bahasa internasional ini sudah cukup dikenal. Selain menawarkan konsep kursus bahasa Inggris yang efektif, biaya pendidikannya juga murah.

Seperti kita tahu, bahasa merupakan alat komunikasi paling penting bagi umat manusia dalam berkomunikasi antar-sesama. Tanpa bahasa, komunikasi antar manusia yang berbeda secara bahasa akan mengalami kebuntuan, salah pengertian dan bahkan bisa menimbulkan kerancuan. Karenanya, memahami dan mampu berbahasa asing, seperti bahasa Inggris, sangat dibutuhkan. Apalagi, bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan internasional.

Mengapa kemampuan berbahasa Inggris secara benar itu sangat penting? Saya ingat sebuah kisah yang dibagikan oleh Prof. Dr. Darni Daud ketika dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah, pada 30 Januari 2010 silam. Darni menceritakan betapa pentingnya bahasa Inggris sebagai alat komunikasi antar-manusia yang berbeda secara budaya.

Pada tahun 1989, saya dan bersama teman-teman untuk pertama kali menginjak kaki di negeri kanguru, Australia, sebagai karyasiswa di University of Sydney. Suatu ketika, seorang profesor mengundang sekitar 30-an mahasiswa Indonesia, dan Thailand untuk dinner (makan malam) bersama di rumahnya.

Malam itu kebetulan cuaca cukup dingin dan gerimis. Namun, ketika acara makan yang cukup santai itu dimulai, tiba-tiba salah seorang teman dari Indonesia mengacungkan tangan sambil berucap dalam Bahasa Inggris yang berdialek kaku (mungkin karena belum begitu fasih), “Excuse me sir, I want to go to the back.”

Begitu mendengar kalimat tersebut, cerita Darni, tuan rumah sedikit kaget dan bingung. Dan, kemudian langsung berdiri untuk menghormati sang tamu. Ia segera mengantar tamu ke halaman belakang, seperti permintaan. Tidak ada yang tahu apa yang dilakukan sang tamu di belakang rumah. Tak lama kemudian tuan rumah bergabung kembali dengan tamu yang lain. Lalu, beberapa di antara para undangan itu memberi tahun sang Profesor bahwa yang dimaksud teman tadi bukan mau ke halaman belakang rumah, melainkan ke toilet alias kamar kecil.

Kemampuan berbahasa yang terbatas, menyebabkan ia menerjemahkan kalimat “Maaf, saya mau ke belakang,” ke dalam bahasa Inggris secara kaku. Padahal, dalam konteks budaya kita, kalimat “ingin ke belakang” merupakan bentuk ucapan yang paling sopan daripada mengatakan “Maaf, saya mau buang air kecil.” Para tamu yang lain kemudian tertawa geli.

Untuk menghindari kejadian konyol seperti dalam cerita di atas, kita perlu belajar bahasa Inggris di tempat les bahasa Inggris terbaik seperti di EF Adults kursus bahasa Inggris profesional di Indonesia.

Baca juga: Yuk Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 12, Ini Cara Daftarnya

Apa itu EF Indonesia dan EF Adults?

English First atau EF merupakan salah satu lembaga les bahasa Inggris tertua di dunia. Lembaga ini didirikan pada tahun 1965 di Swedia, salah satu negara yang masuk dalam rumpun Skandinavia. Awalnya, EF ini hanya memiliki seorang guru yang punya mimpi ingin “meruntuhkan dinding pembatas dalam pembelajaran bahasa baik secara wilayah maupun budaya”.

Siapa sangka, lembaga yang awalnya hanya dikelola oleh seorang guru tersebut berubah menjadi salah satu penyedia jasa kursus bahasa Inggris terbaik dan terbesar di dunia. EF menawarkan pembelajaran dan les bahasa yang tersertifikasi untuk orang-orang dari beragam latar belakang dan usia. Bahkan mereka membuka kesempatan untuk belajar di luar negeri dalam program pertukaran budaya.

Tidak mengejutkan jika EF telah ditunjuk sebanyak lima kali sebagai penyedia jasa pelatihan bahasa dan jasa pendidikan resmi untuk Olimpiade (1988 di Seoul, 2008 di Beijing, 2014 di Sochi, 2016 di Rio dan 2018di Pyeongchang). Reputasi lembaga ini sudah cukup dikenal setelah membuka cabang lebih dari 500 sekolah dan kantor di 53 negara.

Bagaimana EF hadir di Indonesia? EF telah berada di Indonesia sejak 1986, dan masih eksis sampai hari ini. Bahkan, pusat pelatihannya tidak hanya tersebar di Jakarta, melainkan ada di Surabaya, Semarang, Tangerang dan di sejumlah kota-kota besar lainnya di Indonesia.

EF Adults yang sudah ada sejak tahun 2013 ini terus dimodernisasi sesuai zaman, seperti hadirnya program Smart English. Program ini dibagi menjadi tiga tahapan utama yakni Learn (Belajar), Try (Coba) dan Apply (Aplikasi) dengan penggabungan metode belajar text book dan skenario nyata agar belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menarik.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terbaru, lembaga ini menyelenggarakan program pelatihan intensif untuk orang dewasa dan pendidikan bagi anak-anak. EF bahkan menyediakan kursus secara online maupun offline (kursus di sekolah-sekolah).

Pentingnya berbahasa Inggris secara Profesional)

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling banyak penuturnya di dunia. Bahkan bahasa Inggris termasuk salah satu dari enam bahasa kerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain bahasa Inggris, ada bahasa Perancis, Spanyol, Rusia, China, Arab. Jadi, menguasai bahasa Inggris sangatlah penting.

Menguasai bahasa Inggris sangatlah penting. Karenanya bahasa ini perlu dipelajari oleh siapa pun. Seorang kepala negara yang tidak mampu berbicara bahasa Inggris akan terkucilkan dalam setiap pertemuan internasional. Diplomasi dan lobi internasional jadi terkendala.

Kini, orang dewasa banyak yang menyesali dan kecewa karena tidak mampu berbahasa Inggris. Apalagi, bahasa ini digunakan di berbagai tempat dan tujuan, termasuk di dunia kerja. Lihat saja, dalam setiap lowongan kerja, ada persyaratan bahwa pelamar harus mampu berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.

Hal inilah yang akhirnya membuat beberapa orang dewasa memutuskan untuk belajar bahasa, meski telah sekian lama meninggalkan bangku sekolah. Sekali pun terlihat mudah, untuk dapat mahir berbahasa Inggris secara aktif dan pasif sangat sulit dilakukan secara otodidak. Kita mutlak membutuhkan tempat les bahasa Inggris profesional.

Kemampuan bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat untuk dapat kuliah ke luar negeri. Banyak orang yang tidak lulus dan diterima untuk kuliah di luar negeri karena kendala bahasa. Soalnya, untuk mendaftar ke kampus di luar negeri, kamu wajib melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS.

Bahkan, untuk menjadi seorang blogger traveler, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan. Kalau kita, mereka akan mengalami banyak kesulitan ketika berpergian di luar negeri. Karenanya, seorang blogger traveler yang ingin belajar bahasa, tidak ada salahnya mencoba les di EF Adults kursus bahasa Inggris profesional di Indonesia.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Internet di Masa Covid-19

Kemudahan belajar Bahasa Inggris di EF Adults

Apa saja kemudahan belajar bahasa Inggris di EF Adults? Yang jelas EF Adults memberikan kemudahan pembelajaran di manapun dan kapan pun. Pembelajaran EF Adults dilangsungkan melalui kelas-kelas di setiap EF Center, maupun kelas-kelas online yang dapat di akses setiap saat sesuai dengan jadwal yang dapat disesuaikan dengan masing-masing peserta kursus (siswa).

Jadi, kita bisa memilih untuk belajar di EF Center yang mana, dan mengatur jadwal sendiri dengan mudah. Bagi yang merasa tidak punya waktu untuk belajar secara langsung di ruang belajar, mereka masih bisa memilih belajar secara online.

Sistem belajar di EF Adults adalah menggabungkan classroom experience dengan nuansa lounge yang cozy. Adanya fasilitas free wi-fi menjadi tempat hang-out dan meeting point yang menyenangkan bagi siswa-siswanya. Tidak hanya para profesional yang menikmati fasilitas ini, mahasiswa yang belajar di EF juga menikmati interaksi dengan teman-teman baru dan meningkatkan networkingnya.

Kemudahan metode pembayaran di EF Indonesia

Tidak hanya proses belajarnya yang mudah, metode pembayarannya cukup mudah dan bisa diakses oleh siapa pun. Soalnya, EF Adults memiliki beberapa pilihan sistem pembayaran, antara lain cash, transfer antar bank, kartu kredit dan cicilan, sehingga setiap orang bisa memilih metode pembayaran yang sesuai.

Untuk melakukan transaksi pembayaran di EF Adults kursus bahasa Inggris profesional, kamu tinggal pilih saja metode apa yang paling mudah dan memungkinkan. Untuk memberi kemudahan bagi para pelajar, EF menggandeng KoinWorks, platform peer to peer lending Indonesia yang melayani investasi dan pinjaman online tanpa agunan, untuk berbagai pinjaman produktif. Kerja sama EF-English Centers for Adults dan KoinWorks memberikan kemudahan terutama bagi calon pelajar yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris bersama EF Adults.

Oh ya, untuk kamu yang memiliki kartu prakerja, EF Adults juga mengakomodir pembayaran melalui kartu prakerja. Jadi, kamu bisa mengambil kursus bahasa yang kamu inginkan, dan kemudian membayar menggunakan kartu prakerja. Tertarik, silakan membeli kursus bahasa Inggris melalui mitra pelatihan yang ada.

Cara menjadi pelajar di EF Indonesia Adults

Seperti kita tahu, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah lembaga bahasa Inggris yang tidak terhitung, tetapi kebanyakan mereka hanya menerima peserta didik anak-anak atau remaja.

Orang dewasa kadang kesulitan mengakses kursus bahasa. Mereka kesulitan mencari lembaga les bahasa ketika hendak belajar bahasa. Kehadiran EF Adults memberi mereka kesempatan untuk belajar bahasa seperti para remaja. EF Adults merupakan salah satu lembaga les bahasa yang paling direkomendasikan sebagai tempat belajar bahasa untuk orang dewasa.

Sebagai informasi, di EF calon pelajar dapat memilih beberapa tingkatan untuk pilihan belajar yaitu:

● Level pemula
● Level dasar
● Level menengah
● Level lanjutan
● Level lanjutan atas.

Dari masing-masing level tersebut masih terdiri dari beberapa ilmu pengetahuan yang bisa Anda gunakan untuk belajar. English first sendiri menyiapkan kelas orang dewasa yang memang cukup besar antusiasnya. Dan, persyaratan untuk menjadi siswa di EF tidaklah ribet.

Ada 3 syarat untuk bisa menjadi siswa EF Adults:
– Kemauan yang kuat untuk belajar Bahasa Inggris.
– Kesediaan untuk menambah wawasan maupun teman melalui proses belajar di center.
– Keinginan untuk belajar budaya baru maupun menerima budaya baru dari teman yang kita temui melalui proses belajar secara online maupun di center.

Center Location EF Adults Kursus Bahasa Inggris

Menemukan penyedia les Inggris untuk dewasa sekarang ini memang gampang-gampang susah apalagi melihat kualitas yang bisa ditunjukkan. English First sendiri sebagai salah satu lembaga belajar swasta yang sudah berdiri sejak lama di Indonesia tentu tidak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Bahkan sampai dengan saat ini mereka masih melakukan sejumlah pengembangan dari berbagai sektor pendidikan, baik bahasa Inggris ataupun beberapa pelajaran yang digunakan dalam olimpiade. Bahkan kerjasama dengan beberapa perusahaan serta universitas ternama dunia menjadi salah satu bukti nyata dari kualitas EF Adults kursus bahasa Inggris profesional di Indonesia.

Makanya sebelum terlambat, segera bergabung dan daftarkan diri Anda melalui kantor EF terdekat sebagai tempat yang paling direkomendasikan untuk les Inggris dewasa. Jika kamu berdomisili di Jakarta, kamu bisa mendaftar di tempat les bahasa Inggris Jakarta yang tersebar di beberapa tempat.

fX Sudirman
f3, fX Sudirman, Jl. Jendral Sudirman – Pintu Satu Senayan, Jakarta 10270.
Center fX Sudirman terdapat di lantai f3 yang beroperasi sejak 2013.

Kuningan City
Kuningan City, Lt. 1. Jl. Prof. Dr, Satrio Kav. 8, Setiabudi Kuningan, Jakarta Selatan 12940.
Center Kuningan City tempat belajar bahasa inggris ini terdapat di lantai 1 yang beroperasi sejak 2014.

Mall Taman Anggrek
Mall Taman Anggrek, Lt. 3 Jl. Letjen S. Parman, Kav. 21, Jakarta Barat 11470.
Center Mall Taman Anggrek terdapat di lantai 3 yang beroperasi sejak 2014.

The Plaza Office Tower
The Plaza Office Tower Level 22 # B,Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30, Jakarta Pusat 10350
Center The Plaza Office Tower terdapat di lantai 22 yang beroperasi sejak 2017.

Mall of Indonesia
Mall of Indonesia, Lt 2, C9-C10, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta 14240
Center Mall of Indonesia lembaga kursus bahasa inggris ini terdapat di lantai 2 yang beroperasi sejak 2018.

Lippo Mall Puri
Lippo Mall Puri, Lt 1. Unit L1-67C. Jl. Puri Indah Raya Blok U 1. Puri Indah CBD, Jakarta 11610
Center Lippo Mall Puri mulai beroperasi sejak 2017.

Tunjungan Plaza 6
Tunjungan Plaza 6, Level 5 Jl. Embong Malang 21-31, Surabaya 60261
Center Tunjungan Plaza 6 mulai beroperasi sejak 2017.

Kesimpulan
Era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat membuat semua orang harus selalu mengasah dirinya, terlebih di dunia kerja. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama di dunia kerja. Mulai dari wawancara awal hingga berkomunikasi dengan para kolega. Mampu berbahasa Inggris dengan baik di dunia kerja adalah awal karir yang cerah.

Jadi, kalau Anda sedang mencari tempat belajar bahasa Inggris online untuk dewasa? Informasi di atas saya yakin akan membantu Anda menemukan tempat belajar terbaik, demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Jangan pedulikan soal usia, karena tidak ada istilah tua untuk belajar bahasa, terutama bahasa Inggris.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here