Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang Siap 24 Jam

tanya Veronika asisten virtual dari Telkomsel

“Tak ada jawaban. Hanya terdengar suara Veronika,” kita cukup sering mendengar kalimat tersebut dulunya. Suara veronika muncul setidaknya karena dua hal: ponsel orang yang kita hubungi mati, atau tidak ada jaringan (sinyal).

Veronica ini sudah lama menjadi sahabat setia dan tidak pernah bosan menjawab pertanyaan kita. Kini, dengan mengadopsi teknologi AI, Telkomsel menyulap kemampuan Veronika untuk menjawab secara real-time. Anda kini bisa tanya veronika asisten virtual Telkomsel apapun yang diketahui.

Lalu, apa itu Veronica? Menurut informasi yang saya baca, Veronica ini merupakan singkatan dari voice response and info care. Dulu, Veronica adalah mesin atau sistem penjawab pribadi yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan.

Apa itu Asisten Virtual?

Sebelum kita mengulas panjang lebar mengenai atau ber-tanya veronika asisten virtual dari Telkomsel, ada baiknya kita memahami lebih dulu istilah asisten virtual. Apalagi kita cukup sering mendengar istilah ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.

Istilah asisten virtual sebenarnya dialih-bahasakan dari frasa dalam bahasa Inggris, virtual assistant, yaitu sebuah profesi yang merujuk pada seseorang yang bertugas memberikan layanan administrasi dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh. Kerja jarak jauh ini sering disebut dengan kerja remote.

Bagaimana asisten virtual ini bekerja? Ya, sama saja seperti pekerjaan seorang asisten pada umumnya, yaitu untuk membantu menyelesaikan masalah rutin setiap hari. Seperti namanya, asisten virtual, semua pekerjaan mereka dilakukan secara virtual atau online.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, asisten virtual menjadi kebutuhan setiap perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen atau nasabah secara efektif dan efisien. Tugas mereka mulai dari menjawab semua keluhan dan pertanyaan dari konsumen, hingga membantu konsumen menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Sebagai sebuah perusahaan operator telekomunikasi dengan jutaan pengguna, Telkomsel tentu saja membutuhkan asisten virtual. Untung saja mereka mempunyai veronica, si mbak cantik yang sejak lama sudah setia menemani pengguna. Hanya saja pekerjaan Veronika ini tidak lagi sederhana saat jaringan 3G baru ditemukan.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis untuk Anak Milenial Indonesia

Kita, para pengguna kartu Telkomsel, tentu tidak asing lagi dengan pekerjaan Veronika. Misalnya, ketika kita menelepon seseorang dan ponselnya dalam kondisi mati, maka muncullah Veronika untuk menjawabnya, dan kemudian mempersilakan kita meninggalkan pesan suara.

Begitu pula ketika kita mengirim pesan singkat kepada seseorang yang ponselnya sedang tidak aktif atau di luar jangkauan sinyal, maka pesan yang kita kirimkan akan masuk ke ponsel penerima ketika Hp dinyalakan dan memiliki sinyal (aktif).

Kini, operator telekomunikasi dengan pengguna terbanyak di Indonesia membutuhkan asisten lebih dari sebelumnya. Itulah mengapa mereka memperbaharui layanan Veronica, dan memberi nama baru untuknya: Asisten Virtual Telkomsel.

Mengenal Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Veronika naik kelas dan derajatnya diangkat lebih tinggi dari Veronica ‘jadul’ ketika dunia digital belum berkembang pesat seperti hari ini. Sebagai asisten virtual, Veronika harus lebih canggih dan cerdas lebih dari sebelumnya, dan mereka juga harus menguasai platform digital.

Bagi yang masih bertanya-tanya, apa itu Veronika asisten virtual Telkomsel, penjelasan dari laman resmi Telkomsel bisa sedikit membantu. Asisten Virtual Telkomsel adalah sebuah layanan digital berbasis chat atau obrolan yang diluncurkan oleh Telkomsel.

Asisten virtual Veronika dari Telkomsel telah melayani pelanggan sejak 24 Agustus 2017. Operator seluler terbesar di Indonesia ini boleh berbangga, karena menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang memiliki layanan customer service berbasis kecerdasan buatan (AI). Layanan asisten virtual ini dapat berjalan dengan baik di aplikasi pesan.

Tanya veronika asisten virtual dibangun dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan. Teknologi ini digunakan secara virtual sebagai asisten untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan. Veronika ini memiliki kemampuan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui pesan chatbot.

Fitur dan Fungsi Veronika Asisten Virtual

Sebagai asisten virtual andal, veronika dapat berfungsi untuk mengeksekusi perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket data dan pulsa.

Kehadiran fitur tersebut untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, lokasi MyGraPARI atau informasi lainnya seputar layanan Telkomsel. Inilah fitur canggih yang dimiliki oleh Veronika, asisten virtual dari Telkomsel.

Baca juga: 10 YouTubers dengan Penghasilan Tertinggi Tahun 2020, Nama PewDiePie Menghilang dari Daftar

Telkomsel mengembangkan chatbox veronika agar dapat beradaptasi dengan sistem komunikasi modern, berupa layanan pesan instan. Untuk tujuan tersebut, telkomsel menggandeng perusahaan teknologi Accenture, dengan menghadirkan asisten virtual Veronika yang siap 7×24 jam. Hal ini akan mempermudah pelanggan untuk berinteraksi secara langsung melalui platform social chat.

Saat pertama kali diluncurkan, asisten virtual Telkomsel ini hanya tersedia di tiga platform, yaitu aplikasi LINE, Facebook Messenger, dan Telegram. Kini, para pengguna Telkomsel dapat menikmati layanan Asisten Virtual Telkomsel melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Boleh dibilang, transformasi Veronika ini menjadi solusi pelayanan pelanggan di kanal digital yang menggabungkan sisi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, customer analytics, dan interaksi manusia untuk menghasilkan sebuah layanan self-service yang memberikan pengalaman pengguna menjadi lebih baik, cepat, dan tepat.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), asisten virtual Veronika ini dapat menjawab berbagai permintaan informasi dari pelanggan. Di antaranya informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, informasi tagihan, informasi PIN T-Care, dan juga informasi PUK.

Transformasi GraPARI Virtual Telkomsel

Demi mengembangkan veronika asisten virtual, operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini merancangnya sebagai GraPARI Virtual. Sebagai asisten, mereka hadir untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan dari pelanggan kapan pun dan di mana pun. Boleh dibilang, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengimplementasikan layanan virtual ini.

Dengan hadirnya GraPARI Virtual Telkomsel ini, memungkinkan pelanggan untuk memperoleh solusi layanan, seperti berlangganan paket, pembelian pulsa, membayar tagihan, serta melakukan redeem POIN.

Secara sederhana, veronika memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menangani pekerjaan seperti membeli pulsa, paket data, hingga melacak lokasi GraPARI terdekat. Semua informasi itu hanya cukup dilakukan lewat pertanyaan di aplikasi pesan instan.

Kendati demikian, Veronika Telkomsel belum bisa menerima keluhan pelanggan. Namun, pihak Telkomsel sangat yakin bahwa kemampuan tersebut bisa dipelajari AI Veronica seiring waktu berjalan.

Lalu, mengapa asisten virtual ini dibenamkan pada aplikasi layanan instan? Boleh jadi karena kini banyak masyarakat menggunakan media sosial. Bahkan, kecenderungan masyarakat mengakses media sosial disebut-sebut menjadi alasan Telkomsel meng-upgrade kemampuan Veronika.

“Indonesia adalah pengguna media sosial yang sangat besar, lima besar dunia, sehingga kita merasa perlu menghadirkan layanan digital di media sosial,” kata seorang perwakilan Telkomsel dalam pernyataan di media.

Cara Mengakses Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Nah, bagi Anda yang ingin meminta bantuan dari veronika, Anda bisa mencoba tanya-tanya veronika dari platform berikut. Cara mengaksesnya pun cukup mudah. Silakan disimak cara mengakses veronika ya, teman-teman.

Aplikasi MyTelkomsel

Sebagai pengguna Telkomsel, kamu wajib memiliki aplikasi ini. Melalui aplikasi self-service Telkomsel ini, kamu bisa mencoba fitur asisten virtual veronika. Untuk memulai obrolan dengan veronika, klik “Menu” yang ada di kolom bawah. Setelah itu klik menu “Help Center”, pilih “Chat with Veronika”, dan kamu akan dibawa ke halaman chat. Untuk memulai percakapan, kamu bisa ketik “Hai” atau “Halo”. Veronika akan membalas sapaanmu dengan memberikan kata kunci untuk berbagai kebutuhan, seperti Isi Pulsa, Beli Paket, Kirim Hadiah, dan lainnya.

Situs Resmi Telkomsel

Kamu dapat juga mengakses asisten virtual telkomsel veronika ini dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel. Asisten virtual ini dapat kamu akses melalui semua halaman situs, dengan cara mengklik icon veronika yang berada di pojok kanan bawah. Cukup klik logo veronika tersebut, kamu akan dibawa ke halaman obrolan. Jangan kaget jika veronika akan meminta beberapa data dari kamu sebelum memulai obrolan.

Aplikasi WhatsApp

Kamu bisa juga bercakap-cakap dengan asisten virtual veronika melalui layanan pesan instan WhatsApp di nomor 0811-1111-1111 (Cantik kan nomornya?). Cukup ketik “hai” atau “halo”, veronika akan merespon sapaan kamu. Bagi pelanggan pascabayar, Veronika juga bisa memberikan detail informasi mengenai tagihan yang belum terbayar, tanggal tenggat, hingga batas penggunaan.

Bot Telegram

Bagi kamu yang menggunakan Telegram, kamu bisa mencoba layanan Telkomsel Care melalui akun @telkomsel_official_bot. Saat berada di halaman Telegram Telkomsel Care kamu tinggal tekan tombol “start” yang ada di bawah. Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

Facebook Messenger

Kamu bisa juga tanya veronika di Facebook Messenger Telkomsel. Dengan klik tautan tersebut, secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman chat Facebook Messenger. Sapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo” dan sampaikan kebutuhanmu. Ikuti langkah demi langkah yang dikirimkan dalam kolom chat.

LINE

Kamu dapat juga mengakses veronika melalui aplikasi pesan instan LINE (@Telkomsel). Cara memulai percakapan dengan veronika sama juga dengan langkah di WhatsApp, Telegram, maupun Facebook Messenger.

Baca juga: Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang Setia Menjawab Anda

Untuk semua kebutuhan informasi terkait layanan Telkomsel, silakan tanya Veronika asisten virtual cantik dari Telkomsel.

Frequently Asked Questions tentang Veronika Asisten Virtual Telkomsel

1. Apa yang dimaksud dengan Asisten Virtual?
Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chatting untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel. Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

2. Bagaimana cara mengakses veronika asisten virtual Telkomsel?
Layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel. MyTelkomsel Situs web Telkomsel WhatsApp Facebook Messenger Telegram LINE Untuk melakukan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan.

3. Kapan layanan asisten virtual dapat digunakan oleh pelanggan?
Asisten Virtual Telkomsel telah melayani pelanggan sejak 24 Agustus 2017. Layanan ini tersedia selama 24 jam.

4. Channel apa saja yang layanan asisten virtual telkomsel?
Saat ini layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

5. Bagaimana jika saya salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN saat berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel?
Jika pelanggan salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.

6. Bagaimana jika saya ingin mengganti topik di tengah-tengah percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel?
Untuk mengganti atau mengakhiri topik percakapan, Anda bisa mengetik “Batal” atau “Cancel”.

7. Bagaimana cara menemukan lokasi GraPARI terdekat melalui Asisten Virtual Telkomsel?
Untuk menemukan lokasi GraPARI terdekat, ketik “GraPARI terdekat” lalu gunakan fitur ’Share Location’.

8. Apakah terdapat aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) yang dikirim saat berinteraksi di Asisten Virtual Telkomsel?
Ada. Berikut beberapa aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika pelanggan berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel: – Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. – Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. – Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1×24 jam.

9. Mengapa asisten virtual Telkomsel bernama Veronika?
Veronica terkenal saat komunikasi telepon dan SMS masih mendominasi. VERONiCA (Voice Response and Info Care) merupakan mesin penjawab pribadai yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan. Saat itulah, terdengar suara wanita yang khas menyapa pelanggan dan memperkenalkan diri dengan nama Veronica.

Referensi:
– Telkomsel.com
– Gizmologi.id

Exit mobile version