Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tahun 2022?

Cara menghasilkan uang dari blog
Ilustrasi pekerja online. Sumber: Pixabay

Dalam postingan kali ini, kami akan membahas beberapa pertanyaan yang paling banyak dicari di internet. Pertanyaan itu adalah “bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”, “apa saja cara menghasilkan uang dari blog?”, dan “berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dari blog?”.

Nah, jika Anda kebetulan sedang mencari informasi tentang pertanyaan-pertanyaan di atas, maka Anda sedang berada di tempat yang tepat. Soalnya, dalam tulisan ini, kami akan membahas secara tuntas cara menghasilkan dari blog di tahun 2022.

Apa yang kami bahas ini, akan membantu dan menuntun Anda untuk menghasilkan dari blog seperti blogger profesional.

Mari kita lihat ke tahun-tahun sebelumnya, ketika orang menulis blog sebagai hobi semata sambil bekerja penuh waktu. Belakangan, sebagian orang menulis blog untuk menghasilkan uang dan menjadi pekerjaan sampingan.

Dari dulu hingga sekarang, fungsi blog masih tetap sama sebenarnya, tetapi banyak hal sudah berubah. Di tahun 2021 ini, dunia blogging kembali digeluti, dan blogger menjadi profesi online yang benar-benar memberi keuntungan finansial.

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita lihat potensi dari blog. Hal ini akan memberi Anda pemahaman mengenai cara menghasilkan uang dari blog.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbukti Ampuh

Berapa Banyak Anda Dapat Menghasilkan Uang Dari Blog?

Seperti sudah kami singgung di atas, blogger sekarang ini merupakan sebuah profesi. Ia sama kayak aktor, dokter, konsultan, guru dan lain sebagainya. Hanya saja, penghasilan seorang blogger itu berbeda-beda, tergantung levelnya juga. Rata-rata penghasilan seorang blogger berkisar antara Rp50 juta hingga 200 juta per tahun.

Jumlah uang yang dihasilkan tersebut sangat tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya:

  • Ceruk (niche) apa yang Anda tulis di blog?
  • Apakah Anda mempelajari ilmu baru dan mempraktekkannya di blog?
  • Berapa banyak lalu lintas yang Anda hasilkan dari blog?
  • Teknik mana yang Anda terapkan untuk blog Anda?
  • Selain faktor di atas, sebenarnya ada banyak faktor lain yang turut mempengaruhi jumlah yang Anda hasilkan dari blog. Misalnya, konsistensi, motivasi, jaringan, dan tujuan Anda menjadi penulis blog.

    Jika Anda membuat blog niche yang punya nilai klik tinggi dengan sangat baik, dan memahami pemasaran digital, Anda akan sukses di dunia blogging. Untuk mempelajari pemasaran digital (digital marketing) sampai mahir, Anda bisa membaca buku Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing.

    Baca juga: Bagaimana Mendapatkan Uang Puluhan Juta dari Lomba Blog

    Apa Saja Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

    Kita tahu, ada banyak cara berbeda untuk menghasilkan uang blog. Para blogger kerap membagikan pengalaman mereka membuat blog hingga menghasilkan uang.

    Anda pun dapat memonetisasi blog untuk menghasilkan uang, tetapi itu juga tergantung pada tingkat keseriusan Anda mengelola blog serta jenis blog apa yang Anda kelola.

    Cara menghasilkan uang dari blog bermacam-macam. Di bawah ini beberapa jalan yang kerap digunakan para penulis blog untuk menghasilkan uang.

  • Jaringan Iklan/Ad Network (Adsense, Media.net, Infolinks)
  • Affiliate Marketing
  • Jual Produk Digital (eBook)
  • Ulasan Berbayar/Paid Review
  • Konsultasi Online
  • Kursus online
  • Iklan Asli/Native Advertising
  • Iklan Langsung
  • Kolaborasi dengan merek
  • Layanan jasa sesuai dengan keahlian
  • Intinya, jangan pernah terpaku pada satu cara/jalan. Terapkan trik dan teknik monetisasi yang sesuai untuk blog Anda. Soalnya, memasang iklan di blog tidaklah cukup. Pikirkan cara lain juga, sehingga blog Anda benar-benar memberi keuntungan ekstra.

    Jaringan Iklan/Ad Network

    Jaringan iklan atau Ad Network merupakan metode paling direkomendasikan dan paling sederhana untuk memonetisasi blog. Ada beberapa jaringan iklan populer yang dipilih para blogger. Ini dia di antaranya:

  • Google Adsense (by Google)
  • Media.net (by Yahoo!)
  • Untuk mulai menghasilkan uang, blog Anda harus disetujui lebih dulu oleh jaringan iklan ini. Sekali disetujui, program periklanan tersebut akan menampilkan iklan secara otomatis yang sesuai dengan konten Anda, dan juga apa yang diminati pengunjung.

    Para blogger baru kerap menggunakan metode ini di blog mereka untuk mendatangkan penghasilan. Selain penerapannya mudah, iklan yang ditampilkan pun tidak akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Soalnya, iklan yang ditampilkan adalah iklan berkualitas tinggi.

    Kadang kita memiliki masalah. Untuk disetujui oleh jaringan iklan ini, blog kita harus memiliki tampilan halaman yang lumayan. Masalahnya adalah, blog kita (terutama yang baru dibuat) kita tidak mendapatkan tampilan halaman yang cukup. Ini akan berpengaruh pada jumlah uang yang bisa Anda hasilkan. Tampilan yang sedikit berarti pendapatan Anda juga kecil.

    Jangan khawatir, karena ada juga jaringan iklan lain (list-nya di bawah) yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Jaringan iklan ini bisa Anda gunakan jika tampilan halaman blog Anda kurang dari 250 tampilan/hari.

    Hanya saja, rata-rata blogger menjadikan Google AdSense atau Media.net sebagai prioritas utama. Ini wajar karena manfaat yang diperoleh dari jaringan periklanan ini lebih tinggi dibanding yang lain. Pun begitu, tidak ada salahnya mencoba jaringan iklan di bawah ini:

  • PopAds
  • Propellerads
  • Revenue Hits
  • Jika Anda merasa bahwa iklan kontekstual tidak cukup, maka Anda dapat mencoba iklan bergambar atau iklan afiliasi.

    Affiliate Marketing

    Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang adalah melalui iklan afiliasi. Bahkan dari penjualan tunggal, Anda akan menghasilkan lebih banyak uang daripada mengklik satu iklan kontekstual.

    Metode affiliate marketing sangat menguntungkan dan paling banyak digunakan oleh blogger.

    Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing) adalah topik tunggal dan mendalam, jadi, kami akan membahas topik ini secara terpisah dalam postingan lain. Dalam postingan ini, kami hanya membahas secara sekilas saja. Seperti apa itu pemasaran afiliasi? Bagaimana memulai? Bagaimana memilih program afiliasi yang tepat?

    Berikut adalah beberapa program pemasaran afiliasi populer yang bisa Anda coba:

  • Amazon Affiliate Program
  • AWIN
  • Fiverr
  • Weebly
  • ClickBank
  • Coludways
  • Bluehost
  • Partner Stack
  • Shutterstock
  • Kemudahan program pemasaran afiliasi adalah kita bisa menggunakannya di platform blogging apa pun baik itu gratis atau berbayar seperti Squarespace, Wix, Mix, Medium, atau bahkan Instagram.

    Anda tidak perlu berbuat lebih banyak dalam hal ini, cukup bagikan tautan afiliasi spesifik Anda dari produk yang Anda rekomendasikan, dan jika ada teman yang membelinya melalui tautan Anda, Anda akan menerima sejumlah besar komisi.

    Banyak blogger mendapatkan ribuan dolar setiap tahun dari metode ini.

    Jual produk digital

    Kalau Anda lebih teliti, Anda akan menemukan banyak blogger yang menjual eBook mereka sebagai produk digital.

    Ini mudah, Anda hanya perlu memilih topik (yang Anda ketahui dengan baik), menulis e-book tentang topik itu dan siap untuk dijual di blog Anda atau platform lain (Amazon, Flipkart, dll).

    Menjual eBook di blog seperti ceri di atas kue karena akan menghasilkan pendapatan pasif Anda (Saya tahu ini cara yang cukup bagus). Atau untuk membuatnya lebih sederhana bagi Anda, Anda bahkan dapat menyusun posting atau artikel Anda ke dalam struktur buku dan hanya itu. Jual di tempat yang Anda inginkan. Anda juga dapat menjual produk fisik Anda di blog Anda dengan menggunakan WooCommerce.

    Paid Review

    Paid review atau ulasan berbayar termasuk cara menghasilkan uang dari blog yang terbukti ampuh. Nah, jika Anda ingin meningkatkan penghasilan bulanan Anda dari blog, Anda bisa mencoba ulasan berbayar. Ini adalah metode cepat di mana Anda bisa mendapatkan lebih dari $10 hanya dengan memposting blog/postingan ulasan kecil.

    Dari mana saya mendapatkan peluang tinjauan berbayar? Biasanya, pemilik brand menghubungi blogger secara langsung melalui kontak yang ada di blog. Tapi jika Anda ingin lebih aktif, ada beberapa situs web untuk menemukan peluang ulasan berbayar.

  • Izea Pay Per Post
  • Revcontent
  • Famebit (YouTube)
  • Tomoson
  • Konsultasi Online

    Jika Anda ahli dalam sesuatu, Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang membutuhkannya.
    Secara online kita biasanya mendapatkan jawaban untuk semua pertanyaan tetapi ahli sebenarnya dapat menjelaskan lebih lanjut dan untuk itu, Anda tidak perlu pergi ke mana pun, konsultasi langsung. Di situs JustAnswer, misalnya, banyak pakar menyediakan konsultasi online.

    Kursus online

    Apakah Anda dapat membuat video? atau bisakah Anda mengonversi teks/posting ke format video?
    Bisakah Anda membuat video kursus selama sekitar 2-3 jam?

    Jika Anda dapat melakukan semua ini, Anda harus menggunakan metode ini. Sekarang ini, orang kebanyakan merujuk ke video atau audio daripada membaca konteks jadi. Jadi, meluncurkan kursus online sangat bagus, apalagi jika Anda memiliki kursus yang unik, peluang Anda untuk mendapatkan uang sekitar $100 ribu tidaklah sukar.

    Banyak perusahaan menjual kursus online mereka di mana Anda dapat mempelajari WordPress, Pemasaran Afiliasi, Desain Web, dan Adsense melalui video. Beberapa platform yang dapat Anda gunakan untuk memberikan kursus online adalah Teachable dan LearnDash.

    Native Advertising

    Cara paling direkomendasikan untuk menghasilkan dari aktivitas blogging ada Native Advertising. Sebagian besar situs berita dan blog menghasilkan uang dari iklan asli. Berikut adalah beberapa platform periklanan asli yang akan menghemat waktu dan tenaga Anda: Outbrain, Taboola, Adsense, Mgid.

    Iklan Langsung

    Bicara tentang program periklanan, tidak diragukan lagi, Adsense adalah yang pertama dipikirkan oleh blogger. Tapi tetap saja AdSense memiliki beberapa keterbatasan. Batasan seperti jumlah yang Anda dapatkan ketika seseorang mengklik (PPC- Pay Per Click).

    Coba ambil iklan langsung, ganti dengan unit AdSense itu untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

    Bagaimana saya bisa mendapatkan iklan langsung? Solusinya Anda dapat menambahkan slot iklan atau mencoba jaringan yang berbeda untuk memulai. Di banyak halaman blogger yang berbeda mungkin Anda melihat halaman “Beriklan dengan kami” atau “Media-kit”, halaman ini biasanya mengambil Iklan Langsung.

    Jika Anda pengguna WordPress, gunakan plugin WPAdvancedAds untuk mengelola iklan Anda.

    Kolaborasi dengan Merek

    Semua jenis blog, menggunakan metode ini untuk membangun basis pemirsa. Jalankan kampanye untuk merek demi menjangkau audiens target mereka.

    Banyak blogger melakukannya dengan berbagai merek. Ini adalah cara terpanas untuk memonetisasi blog Anda.

    Jasa

    Anda mungkin memiliki beberapa keterampilan. Anda dapat membuat penawaran dengan menggunakan keterampilan. Benar-benar bergantung pada Anda apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik, Anda dapat menawarkan desain grafis, pengeditan video, SEO, Pemasaran Media Sosial, dan sebagainya.

    Menawarkan layanan tidak hanya membantu Anda mendapatkan uang tetapi juga meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan keterampilan. Peluncuran layanan mandiri cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membuat halaman di blog Anda, daftar layanan yang Anda berikan.

    Kesimpulan: Banyak Cara Menghasilkan Uang dari Blog

    Ada juga cara lain untuk menghasilkan uang dari blogging, tapi menurut saya yang kita bahas di atas adalah yang paling banyak digunakan dan disarankan oleh blogger lain.

    Saya berjanji, semua cara di atas bagus dan Anda harus memilih cara mana yang lebih sesuai dengan niche Anda.

    Saya harap postinga cara menghasilkan uang dari blog tahun 2022 ini bermanfaat bagi Anda. Mudah-mudahan semua blogger Indonesia jaya. Jika ada cara yang lebih baik, tolong tulis di kolom komentar. Terima kasih. []

    Berita sebelumya3 Tips Membuat Curriculum Vitae Menarik dengan Cepat
    Berita berikutnyaCara Membuat Video Online Pengantar YouTube yang Menakjubkan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here