Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram Anda

Bayangkan ada orang yang kepo dan ingin melihat riwayat pencarian di Instagram Anda, tentu tidak menyenangkan bukan? Misalnya, Anda secara diam-diam mengintip akun mantan atau akun-akun nakal di Instagram, tentu aktivitas ini sangat personal dan Anda tidak mau hal ini diketahui oleh orang lain.

Coba ingat-ingat lagi berapa orang terakhir yang kamu intip saat mencari di aplikasi. Anda pasti gelisah dan perut Anda terasa mual jika mengingat kembali, bukan?

Entah itu seseorang yang bersandar di pundak Anda untuk melihat Anda mencari akun Instagram yang baru saja Anda bicarakan atau mereka meminjam telepon untuk mencari sendiri profil dengan cepat-beberapa pegangan Instagram pertama yang muncul di bilah pencarian hampir selalu memalukan.

Meskipun saya tidak memiliki jawaban mengapa kita (mungkin) semua seperti ini, saya punya jawaban tentang bagaimana Anda dapat menyembunyikan bahwa Anda seperti ini. Yang harus Anda lakukan adalah menghancurkan bukti.

Berikut cara menghapus Riwayat Pencarian Instagram Anda dalam beberapa langkah sederhana di aplikasi dan desktop:

1. Buka profil Instagram Anda


Langkah pertama adalah mengklik ikon profil Anda. Lalu, ketuk pada tiga garis berkerumun di sudut kanan akun Instagram Anda.

2. Akses Pengaturan Anda



Saat menu pop-up muncul, ketuk Pengaturan. Kemudian, temukan dan ketuk pada tab Keamanan.

3. Bersihkan riwayat pencarian Instagram Anda



Ah, ini dia langkah yang sudah Anda tunggu-tunggu.

Setelah Anda berada di bagian Keamanan, ketuk pada “Bersihkan Riwayat Pencarian” sepenuhnya di bagian bawah.

Ini membawa Anda ke semua pencarian baru-baru ini, di mana Anda dapat mengetuk “Bersihkan Semua” di sudut kanan.

Penting untuk dicatat bahwa mengosongkan seluruh riwayat penelusuran Anda mungkin agak mencurigakan.

Untungnya, Anda juga memiliki opsi untuk menghapus bagian-bagian tertentu dari riwayat penjelajahan Anda, alias pencarian yang paling memalukan, secara individual (mantan Anda, mitra baru mantan Anda, teman-teman terbaik mitra mantan Anda, dll.) dengan mengetuk “x” di sebelah pegangan mereka sebagai gantinya.

Anda juga dapat melakukan ini hanya dengan masuk ke alat Pencarian di aplikasi untuk menghindari harus melalui langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Tapi, tergantung berapa lama riwayat pencarian Anda, mengetuk tombol “Bersihkan Semua” mungkin lebih cepat. Terutama ketika Anda hanya memiliki beberapa detik sebelum seseorang mungkin melihat bukti riwayat pencarian Anda yang memalukan.

4. Jangan lupa untuk menghapus browser web Insta Anda

Tentu saja, riwayat pencarian Anda berbeda jika Anda menggunakan Instagram di peramban web.

Untuk menghapusnya di versi desktop, buka Pengaturan dan klik foto profil Anda di sudut kanan atas.

Kemudian, ketuk ikon Pengaturan dan tab “Privasi dan Keamanan”. Gulir ke bawah dan klik pada data Akun dan kemudian “Lihat Data Akun.”

Di bawah tab “Aktivitas Akun”, Anda akan melihat “Riwayat Pencarian” dan opsi untuk “Lihat Semua.” Kemudian, klik “Bersihkan Riwayat Pencarian” dan “Ya, Saya Yakin” untuk menghapus daftar pegangan Instagram. (Anda mungkin juga hanya ingin menghapus riwayat peramban saat Anda sedang melakukannya.)

Walaupun semua langkah ini mungkin terdengar membingungkan pada awalnya, tapi Anda akan segera terbiasa dan dapat melakukannya dengan cepat, lebih cepat daripada teman atau anggota keluarga dapat mengatakan: “Hei, saya akan menggunakan ponsel Anda untuk mencari seseorang di Instagram.”

Tarik nafas lega. Mereka tidak akan menemukan apa pun. []

Sumber: Mashable

Leave a Reply