Home > Finansial > Mengenal Bank Digital Indonesia: Solusi Perbankan Masa Depan

Mengenal Bank Digital Indonesia: Solusi Perbankan Masa Depan

Di suatu pagi yang cerah di Jakarta, Bapak Hidayat sedang terburu-buru menuju kantor. Hari itu ia memiliki agenda penting yang harus dilakukan: membayar tagihan rutinnya sebelum jatuh tempo. Namun, saat tiba di bank lokal terdekat, ia kaget melihat antrian panjang. Jika ia ikut mengantri, itu akan membuatnya semakin terlambat ke kantor.

Apa yang bisa ia lakukan? Ia teringat pernah memasang aplikasi keuangan di ponsel pintar miliknya. Tanpa ragu-ragu, ia mengeluarkan ponsel dan membuka aplikasi keuangan yang ia pasang beberapa waktu lalu itu. Dalam beberapa menit, Bapak Hidayat berhasil membayar tagihan rutinnya tanpa harus mengantri, dan masalah ia selesai dengan cepat. Inilah keajaiban dari perbankan digital di Indonesia.

Kehadiran Bank Digital Indonesia telah menjadi penyejuk di tengah teriknya persaingan bisnis perbankan nasional. Dengan menawarkan solusi yang cepat, efisien, dan nyaman untuk melakukan transaksi keuangan, banyak orang kini beralih dari layanan perbankan konvensional ke perbankan digital.

Apa itu Bank Digital?

Lalu, apa sebenarnya Bank Digital Indonesia itu? Bank digital adalah lembaga keuangan yang menjalankan usahanya secara online atau daring. Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12 /POJK. 03/2018, bank digital adalah layanan untuk nasabah perbankan untuk mendapatkan informasi, komunikasi, dan transaksi perbankan secara elektronik.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat dipahami bahwa bank digital ini tidak mengharuskan nasabahnya untuk datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi. Semua kegiatan perbankan bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh bank digital tersebut.

Ada beberapa manfaat dari kehadiran bank digital, yaitu: Pertama, pelayanan perbankan digital memungkinkan kita untuk mengakses rekening bank kita kapan pun dan di mana pun melalui ponsel pintar atau komputer. Inilah yang memungkinkan Bapak Hidayat untuk membayar tagihan rutinnya dengan mudah tanpa mengantri. Selain itu, berbagai fitur seperti transfer uang, perpanjangan waktu deposito, hingga pembelian produk keuangan bisa dilakukan dengan cepat dan praktis.

Kedua, Bank Digital Indonesia membuat hidup lebih mudah dengan menghilangkan ketergantungan pada lokasi fisik bank. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk pergi ke bank dan menunggu giliran. Segala jenis transaksi keuangan dapat dilakukan dengan satu sentuhan jari, membebaskan kita dari kesulitan rutinitas pembayaran dan menghemat waktu berharga.

Selain itu, keamanan juga menjadi salah satu keunggulan Bank Digital Indonesia. Dibekali dengan teknologi enkripsi terkini, aplikasi perbankan digital Indonesia menawarkan lapisan keamanan yang kuat dan dapat diandalkan. Transaksi online kita dilindungi dengan sandi unik dan autentikasi ganda, sehingga meminimalkan risiko kejahatan dunia maya.

Mewujudkan Solusi Perbankan Masa Depan

Meskipun banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dari adanya bank digital, masih banyak orang yang ragu untuk beralih ke perbankan digital. Kepercayaan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Namun, Bank Digital Indonesia telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan layanan profesional dan bermutu. Mereka menyediakan tim dukungan pelanggan yang siap membantu mengatasi masalah serta meningkatkan kepercayaan dan pengalaman nasabah.

Dalam menghadapi tantangan modern, banyak bank lokal di Indonesia telah memperkenalkan layanan perbankan digital. Dengan inovasi berkualitas, Bank Digital terus berupaya memperluas dan meningkatkan jangkauan layanan digitalnya. Melalui pengembangan teknologi dan infrastruktur, mereka berhasil mendekatkan diri kepada pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Perbankan Digital di Indonesia telah mengubah cara kita berinteraksi dengan uang dan perbankan. Mereka menetapkan standar baru dalam hal kemudahan, efisiensi, dan keamanan dalam dunia perbankan. Perlahan namun pasti, perbankan digital menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat Indonesia. Mungkin saat ini, kita dapat membayangkan hari di mana antrian di bank telah menjadi kenangan, tertutup dalam lembaran sejarah. Bank Digital telah membawa solusi perbankan masa depan ini, mempermudah hidup kita dan membawa kita menuju era perbankan yang lebih baik.

Daftar Bank Digital di Indonesia

Berikut daftar beberapa bank digital di Indonesia:

  • Jenius (dari PT Bank BTPN)
  • Blu by BCA (dari PT Bank Central Asia Tbk)
  • SeaBank (dari PT SeaBank Indonesia)
  • Bank Jago (dari PT Bank Jago Tbk)
  • Allo Bank
  • Digibank (dari PT Bank DBS Indonesia)
  • Neo Bank (dari PT Bank Neo Commerce Tbk)
  • Line Bank (dari PT Bank Hana Indonesia bekerjasama dengan LINE Indonesia)
  • Mobile Banking BCA (dari PT Bank Central Asia Tbk)
  • Livin’ by Mandiri (dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk)
  • BRImo (dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)
  • Bank Raya (dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)
  • TMRW (dari PT Bank UOB Indonesia)
  • Hibank (dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)
  • PermataME (dari PT Bank Permata Tbk)

Dari daftar di atas, setidaknya ada tujuh bank digital yang memiliki aset terbesar di Tanah Air pada 2023. Adapun, penguasa pasar aset bank digital diisi oleh PT Bank Seabank Indonesia dan PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Neo Bank Terbaru 2024

Bank digital ini mencatatkan kinerja aset yang moncer pada 2023 terdorong oleh kinerja penyaluran kreditnya. Bank Jago misalnya, mencatatkan aset Rp21,29 triliun pada 2023, tumbuh pesat 25,52% secara tahunan (year on year/yoy). Kinerja aset bank digital besutan konglomerat Jerry Ng ini ditopang oleh penyaluran kredit yang mencapai Rp13 triliun, meningkat 38% yoy, jauh di atas rata-rata industri.

Bank digital besutan konglomerat Chairul Tanjung, yakni PT Allo Bank Tbk. (BBHI) menempati peringkat keenam bank digital terbesar dengan aset Rp12,75 triliun. Berikut tujuh (7) bank digital di Indonesia dengan aset terbesar di Indonesia tahun 2024:

bank digital indonesia dengan aset terbesar

Sneakers NB 574 ML574LGI Beige

New Balance Sneakers 574 Beige Navy ML574LGI Original. Sepatu yang cocok digunakan oleh cowok maupun cewek. Sangat nyaman di kaki. Cocok untuk segala keperluan.

Leave a Comment