Situs Penulis Resensi Buku yang Terbukti Membayar

situs penulis resensi buku

Apakah Anda seorang penulis? Kini, seorang penulis lepas dapat menghasilkan uang tidak hanya dari menulis artikel semata, melainkan juga dari menulis resensi buku. Ada banyak situs penulis resensi buku yang menerima tulisan review buku dari penulis luar.

Di internet sebenarnya cukup banyak website yang menerima tulisan ulasan buku dari penulis, mulai dari media cetak besar seperti Kompas, Tempo, Jawa Pos, dan Republika, juga media online. Media-media ini menerima tulisan dari luar dan bersedia membayar dengan honor mahal.

Dewasa ini memang tidak sulit mencari media yang mau menerima tulisan/artikel dari penulis lepas. Beda dengan dulu, di mana informasinya sangat terbatas. Nah, jika Anda serius menjadi penulis lepas, Anda bisa memasarkan tulisan di situs-situs yang pernah kita ulas di blog ini.

Baca juga: Daftar Situs yang Bayar Mahal Penulis

Nah, sekarang kami akan mengulas situs penulis resensi buku yang terbukti membayar. Situs-situs ini bersedia memberi uang dan membayar penulis resensi untuk setiap ulasan buku yang ditulisnya. Sebagai langkah awal, kami hanya menyebutkan 5 situs resensi buku terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan tulisan.

5. Situs Resensi Buku yang Terbukti Membayar Para Penulis

1. Online Book Club
Website yang beralamat di www.onlinebookclub.org merupakan sebuah situs komunitas untuk para pecinta buku. Situs yang tampilannya sangat sederhana ini menawarkan uang untuk setiap ulasan buku yang ditulis oleh calon penulis.

Hanya saja, situs ini tidak sembarangan menerima tulisan review buku. Sebelum tulisan Anda dimuat di situs ini, ada tes terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menentukan apakah mereka cocok atau tidak untuk menjalin kerjasama dengan Anda. Soalnya, website ini mencari ulasan buku yang benar-benar jujur, di mana kita sudah pernah membaca buku yang akan ditulis resensinya itu.

Ulasan yang jujur dari pembaca buku itu akan membantu audiens mereka dan para penulis buku. Mereka tidak akan mentolerir ulasan yang dibuat dari hasil copy paste dan penulis resensi tidak pernah membaca buku yang diulasnya tersebut. Jika Anda tertarik untuk mendaftar sebagai penulis resensi buku di situs ini, silakan langsung diklik di link di atas.

2. WC Online
Situs penulis resensi buku yang menerima tulisan dari luar adalah WC Online. Situs dengan alamat www.wcwonline.org ini sepertinya cocok untuk kalangan wanita. Soalnya, di situs ini banyak mengulas buku yang berhubungan dengan perempuan.

Sebelum Anda mengirim ulasan atau resensi buku ke situs ini, Anda harus terlebih dulu mengirimkan resume atau contoh ulasan. Resume ini berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik situs apakah Anda layak menjadi bagian dari mereka atau tidak.

Menurut informasi yang kami baca, situs ini sangat mengedepankan profesionalisme dan tidak memberi celah untuk tulisan hasil plagiasi. Konon, di situs ini, seorang penulis resensi buku dibayar bukan per artikel, melainkan per kata. Penulis dibayar $0.01/kata.

3. New Page
Website www.newpages.com mencari penulis resensi buku sesuai dengan minat. Situs ini berusaha mendekatkan para pembaca dengan penulis kreatif favorit mereka. Ya, website ini berusaha melibatkan penulis dengan para pembacanya. Dan, uniknya situs ini, mereka menerima ulasan buku dari penulis yang benar-benar menyukai buku yang diresensinya itu.

Sebagai informasi, website ini mencari pengulas buku dengan tulisan dan bahasa yang mudah dicerna namun tetap terlihat intelek. Jika Anda merasa tulisan Anda enak dibaca dan sedikit lebih intelek, tidak ada salahnya mencoba mengirim tulisan resensi ke situs ini.

4. Kirkus Reviews
Situs www.kirkusreviews.com didedikasikan sebagai website khusus untuk resensi buku. Karena itu, website ini membutuhkan banyak pengulas (peresensi) buku. Mereka mencari penulis resensi yang benar-benar mampu menulis resensi buku dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk menjadi penulis resensi buku di situs ini, Anda akan ditanya tentang spesialisasi Anda terlebih dahulu. Hal ini penting untuk tinjauan bakat dan pengalaman. Mereka akan melihat apakah Anda cocok untuk menjadi bagian dari mereka atau tidak. Dan, Anda akan dibayar dalam bentuk dollar.

5. Publisher Weekly
Situs penulis resensi buku terakhir dari daftar kita adalah www.publishersweekly.com. Website ini memang menyediakan job zone untuk pengulas buku. Jika bergabung di sini, Anda akan menjadi kontributor mereka. Ulasan buku yang dibutuhkan terdiri dari jenis buku fiksi dan non-fiksi. Untuk melamar sebagai penulis di situs ini, Anda akan diminta membuat ulasan minimal 200 kata.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Artikel

Memahami Resensi Buku dan Hal-hal yang Berhubungan dengan Buku

Apa itu resensi buku? Secara etimologi atau asal kata, resensi berasal dari bahasa Belanda yaitu resentie yang memiliki arti “kupasan atau pembahasan”.

Sedangkan secara istilah, resensi diartikan sebagai sebuah kupasan atau pembahasan baik terhadap buku, film, drama, dan karya lainnya yang dipublikasikan di media massa. Media massa yang digunakan untuk publikasi cukup beragam ada yang memakai media online, media digital, dan media offline.

Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa resensi buku adalah kegiatan mengupas, mengevaluasi, mempertimbangkan, mengkritik, dan membedah substansi sekaligus memberikan komentar pada sebuah buku.

Secara sederhana, resensi pada buku adalah menyusun ulasan tentang buku tersebut. Harapannya adalah, pembuat resensi bisa berbagi informasi mengenai isi dari buku tersebut sekaligus memberi opini pribadi. Jadi, resensi bisa dikatakan bersifat subyektif dan tidak obyektif. Bagus dimata pembuat resensi belum tentu di mata pembaca lainnya.

Kesimpulan
Di masa pendami Covid-19 ini, banyak sekali peluang menulis bagi para penulis untuk menghasilkan uang dari internet. Cukup banyak situs yang menawarkan peluang menulis di situs online. Tidak sedikit dari situs-situs yang bersedia membayar mahal para penulis. Jadi, tunggu apalagi, segera bergabung di situs tersebut, dan mulailah menghasilkan uang dari passion kalian sebagai penulis. []

Artikulli paraprakCoba Kerja Lepas di 5 Situs Freelance Terpercaya di Indonesia
Artikulli tjetër7 Situs Survey Online Berbayar yang Terbukti Membayar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini