Senin, Agustus 2, 2021

Jual Buku Doa Orang Gila karya Taufik Al Mubarak

Ada banyak kisah sedih dan lucu ketika Aceh berkubang dalam balutan konflik. Kisah-kisah itu, diingat dan diceritakan, dengan nuansa berbeda-beda. Kisah sedih, misalnya, sekali pun diceritakan dengan riang-gembira, tetap saja menyisakan luka. Sementara kisah lucu, menjadi tidak lucu ketika kisah itu terjadi atau saat diceritakan. Dan, oleh orang Aceh, kedua ‘jenis kisah’ itu sama-sama dinikmati dengan kadar yang seimbang.

Setidaknya, inilah yang akan Anda temukan dalam buku Doa Orang Gila & Hal-hal Tak Terduga. Oleh penulis, kisah-kisah tersebut dikemas dalam buku dengan judul yang sedikit ‘gila’, untuk kisah-kisah yang tidak kalah gilanya. Penulis buku ini ingin mengajak Anda untuk menangis dan tertawa secara seimbang, seraya bertanya sendiri: apa yang salah dengan Aceh ini?

Cuplikan...

Seorang polisi duduk di kursi plastik, posisinya menghadap pintu terali besi. Umurnya tidak lagi muda, pangkatnya sudah mentok dan tak mungkin naik lebih tinggi lagi. Dari bentuk fisik, ia tak bakal mampu bertugas di lapangan apalagi dikirim untuk memburu para pejuang GAM yang rata-rata masih berusia muda. Sebagai polisi yang sudah 'karatan' dia sama sekali bukan teman asyik untuk diajak bicara.

Maun berdiri di balik pintu terali besi, dan mendengar polisi tua ini mengoceh tak karuan. Segala sumpah serapah untuk pejuang GAM dimuntahkan, dan sialnya Maun menjadi tong sampah untuk ocehannya yang tidak berguna itu. Semua lakab terburuk dan terkutuk disematkan kepada GAM. Bahkan, polisi itu pun menyumpahi para petinggi GAM yang bermukim di luar negeri. "Kalian itu bodoh, mau saja dijadikan tumbal oleh si orang Tiro itu," katanya.

Maun hanya diam dan tak berkomentar apa-apa. Ia melihat polisi tua di hadapannya dengan tatapan jijik. “Lebih baik menjadi orang bodoh yang tahu berjuang daripada jadi polisi tolol seperti kamu,” gumam Maun dalam hati. Kebetulan polisi itu orang Aceh, tapi mungkin bukan orang Aceh yang mendapatkan pencerahan.

"Kau tahu apa yang dilakukan Hasan Tiro di luar negeri?" tanyanya. Maun tahu, polisi itu tak memerlukan jawaban darinya. Benar saja, ia menjawab sendiri pertanyaan tersebut, dan dari jawaban itu menunjukkan betapa rendah moralnya. "Dia asyik (maaf, aku tak berani menulis kata itu di sini) .... di sana," sambungnya. Polisi ini kemudian tersenyum puas seolah-olah baru saja memenangi togel.

“Dalam konteks discourse, masyarakat Aceh mengembangkan GAM related stories alias cerita-cerita spesifik yang berhubungan dengan akibat-akibat GAM. Kisah tentang bagaimana tentara memaksa penjaga malam sebuah kampung dipaksa berenang di sawah kering, misalnya, hanya lahir dalam sistem ingatan kolektif di bawah pengaruh GAM ini. Pemaksaan ini, seperti terlihat dalam tulisan “Sisa Batuk Masa Konflik” di dalam buku ini, menjadi cerita pahit kepada masyarakat. Akan tetapi, cerita yang sama juga berfungsi sebagai alat menertawakan diri sendiri.”

Fachry Ali

Cendekiawan Muslim

Penulis

Taufik Al Mubarak adalah penulis blog aktif dan sering menulis tentang isu Aceh, politik dan jurnalisme. Bukunya yang sudah diterbitkan berjudul Aceh Pungo. Pernah mengikuti beberapa kursus penulisan di Aceh dan luar Aceh. Pernah diundang memberikan pelatihan terutama tentang kepenulisan. Penulis bisa dihubungi melalui email: [email protected] atau twitter @almubarak

Promo

Harga Promo

Rp 60.000*Rp 90.000
Nikmati harga promo selama bulan Februari (1-28 Februari 2021). Buku Doa Orang Gila dijual dengan harga Rp60.000. Setelah Februari, harga kembali normal.
  • * Untuk luar Banda Aceh tambah ongkos kirim.

Cara Melakukan Pemesanan

Ada beberapa cara untuk membeli dan mendapatkan buku Doa Orang Gila.

1. Untuk pembeli di Banda Aceh, pemesanan bisa dilakukan melalui layanan pesan WhatsApp.

2. Untuk pembeli dari luar Banda Aceh, pemesanan bisa dilakukan melalui marketplace Tokopedia atau Shopee.

TERBARU