Cara Mendapatkan Uang dari Program Mitra Medium Terbaru 2022

Akhir tahun 2021 lalu, Medium mengumumkan bahwa mereka membuat beberapa perubahan yang signifikan pada layanan Medium Partner Program (MPP). MPP atau Program Mitra Medium merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penulis di platform tersebut untuk memonetisasi konten mereka. Artinya, penulis dapat menghasilkan uang dari menulis artikel di Medium.

Platform Medium.com didirikan pada tahun 2012 oleh co-founder Twitter, Ev William. Karena pertumbuhannya yang sangat pesat, maka pada tahun 2017, pengelola Medium meluncurkan program mitra medium. Sejak itu, platform ini telah membayar $28 juta kepada lebih dari 200.000 kontributor atau penulis konten.

Saat pertama kali diluncurkan, Medium membayar seorang penulis berdasarkan jumlah claps yang mereka terima. Claps atau tepuk tangan menunjukkan seberapa menarik konten yang mereka buat. Namun, belakangan medium menawarkan pembayaran berdasarkan berapa banyak waktu yang dihabiskan seorang anggota berbayar untuk membaca konten/karya penulis.

Apakah Medium membayar penulis artikel? Sebenarnya bukan Medium yang membayar penulis mitra. Uang untuk membayar para penulis di Medium berasal dari uang berlangganan para anggota/member. Member ini adalah mereka yang berlangganan konten di Medium dengan membayar $5 per bulan atau $50 per tahun. Kebersediaan mereka membayar biaya berlangganan ini memberi akses untuk mereka membaca semua postingan di platform tanpa menabrak paywall.

Oleh Medium, biaya berlangganan ini dibagi secara merata kepada para penulis yang kontennya dibaca. Jika seorang Medium menghabiskan 10% waktunya untuk membaca satu karya penulis, maka penulis itu akan mendapatkan 10% dari bagi hasil biaya berlangganan. Misalnya, dalam sebulan seorang member Medium membaca dua tulisan berbayar (tulisan yang ada tanda *) dari dua penulis berbeda, maka masing-masing penulis akan mendapatkan $2.50 dari biaya berlangganan bulanan member tersebut.

Meskipun meluncurkan perubahan layanan penulis mitra, Medium mengatakan bahwa penghasilan seorang penulis berdasarkan waktu baca akan tetap sama. Hanya saja, Medium akan menawarkan cara baru untuk menghasilkan uang dengan meluncurkan program rujukan (referral).

Sebelumnya, jika seorang pembaca beralih menjadi anggota yang membayar dalam waktu 30 hari setelah membaca cerita penulis, penulis tersebut akan mendapatkan kredit untuk jumlah waktu yang dihabiskan pembaca untuk membaca karya mereka. Tapi, di bawah model baru, penulis program mitra sekarang akan memiliki halaman arahan rujukan yang dipersonalisasi — untuk setiap pembaca yang membeli langganan Medium melalui halaman mereka, penulis akan mendapatkan setengah dari biaya berlangganan anggota itu selama mereka tetap menjadi anggota yang membayar, dikurangi standar 2,9% + $0,30 dalam biaya pemrosesan pembayaran. Jadi, jika seorang penulis mendapatkan 100 pembaca untuk mendaftar keanggotaan Medium bulanan melalui rujukan mereka, itu akan menghasilkan $227 bagi penulis per bulan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Opini di Medium

Menjadi Penulis Mitra Medium Makin Berat

Medium tidak hanya membuat perubahan terkait model penghasilan baru bagi penulis mitra, melainkan juga memperketat syarat mendaftar program mitra. Sebelumnya, seorang yang ingin menjadi penulis mitra cukup mendaftar di halaman program mitra medium. Untuk diterima menjadi mitra mereka wajib memiliki akun Stripe untuk menerima pembayaran. Sebagai informasi, Stripe merupakan satu-satunya sistem pembayaran yang tersedia di Medium.

Namun, sejak adanya perubahan tersebut, sekarang lebih sulit bagi seorang penulis untuk bergabung dengan Program Mitra. Untuk dapat mendaftar program mitra, penulis harus memiliki 100 pengikut, setidaknya sudah menerbitkan satu cerita dalam kurun waktu tertentu, dan mereka harus tinggal di wilayah geografis tertentu. Aturan baru ini juga berlaku untuk penulis mitra yang sudah bergabung dalam program mitra.

Mereka (para mitra lama) bisa jadi akan kehilangan statusnya sebagai penulis mitra jika tidak menerbitkan satu tulisan dalam periode enam bulan, dan jumlah pengikut mereka tidak mencapai 100 orang. Para mitra yang ada (terdaftar) dapat mempertahankan status mitranya hingga akhir tahun 2021 lalu, tapi jika jumlah pengikut mereka tidak mencapai 100 orang pada saat itu, maka keikutsertaan mereka dalam program mitra akan dihapus.

Perlu diingat, di bawah struktur sebelumnya, menjadi Mitra saja tidak menjamin imbalan finansial — beberapa mitra dengan pengikut yang lebih kecil akan menghasilkan uang setiap bulan. Soalnya, seperti disinggung di atas, penghasilan seorang mitra tidak dihitung dari jumlah pengikut melainkan berapa lama seorang anggota berbayar Medium membaca konten mereka.

Perubahan lain yang dilakukan oleh Medium adalah soal ambang batas pembayaran minimal. Sebelumnya, berapapun pendapatan seorang penulis mitra, mereka akan menerima pembayaran setiap awal bulan. Sementara kini, jika seorang penulis menghasilkan kurang dari $10 dalam sebulan, bayaran itu akan bergulir ke bulan berikutnya sampai mereka mengumpulkan setidaknya $10.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tahun 2022?

Para Pesaing Medium

CEO Medium Ev Williams dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch pada November 2021 lalu mengatakan, jumlah anggota Medium berada pada kisaran ratusan ribu. Pada bulan Maret 2021, Medium memiliki 725.000 anggota, tetapi Digiday sebelumnya melaporkan bahwa Medium berharap dapat meraih 1 juta anggota pada tahun 2020 lalu.

Pesaing Medium, Substack, yang didirikan pada tahun 2017, memiliki 250.000 pelanggan berbayar dan mengumpulkan $65 juta seri B dua bulan kemudian. Medium terakhir mengumpulkan dana ventura pada tahun 2016 dengan putaran seri C senilai $50 juta. Sebagai platform yang memungkinkan penulis mendapatkan bayaran, Medium jelas mendapatkan pesaing berat.

Platform seperti Substack dan Ghost yang lebih baru membayar penulis berdasarkan berapa banyak pelanggan berbayar yang mereka miliki. Model pembagian pendapatan baru Medium juga memberi insentif kepada penulis untuk mengumpulkan pembaca ke platform, tetapi Medium membutuhkan sekitar 50%. Untuk langganan langsung ke buletin individu penulis, Substack membutuhkan 10%, dan Ghost membutuhkan $9 per bulan. Sementara pembaca Substack atau Ghost mungkin berlangganan beberapa buletin individual, pelanggan Medium hanya membayar $5 per bulan atau $50 per tahun untuk mengakses semua konten situs web.

Bisnis buletin kini menjadi sangat kompetitif. Pada bulan Juni, Facebook meluncurkan platform buletin yang disebut Buletin dengan kontributor pilihan, dan Twitter mengakuisisi Revue awal tahun ini. Kemudian, akhir tahun lalu, Quora meluncurkan platform monetisasi yang disebut Quora+, yang biaya berlangganannya sama dengan keanggotaan Medium. Mirip dengan Medium, pelanggan Quora+ mendapatkan akses ke semua konten yang dipilih oleh penulis mana pun untuk ditempatkan di balik paywall, dan penulis dibayar berdasarkan keterlibatan dengan konten mereka. Tetapi penulis juga dapat menulis posting berbayar di Spaces, publikasi buatan pengguna di Quora, di mana Quora mengambil potongan 5% dari pembayaran tersebut.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara mendapatkan uang dari program mitra medium terbaru 2022. Semoga bermanfaat. []

Leave a Comment