7 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Artikel

Ilustrasi cara mendapatkan uang dari menulis artikel

Seperti kita tahu, menulis adalah salah satu hobi yang sangat menguntungkan untuk dijalani. Menjadi penulis artikel, misalnya, merupakan impian setiap orang. Dari menulis kita bisa menghasilkan uang. Nah, jika Anda mencari cara mendapatkan uang dari menulis artikel, Anda sedang beruntung. Panduan di bawah ini berisi cara mendapatkan uang dari menulis.

Menulis Ulasan Online

Banyak orang lebih suka belajar dari pengalaman orang lain, terutama terkait suatu produk sebelum membelinya. Itulah mengapa orang-orang lebih dulu membaca ulasan di sebuah website sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Jangan heran jika situs tentang ulasan produk sangat ramai dikunjungi.

Tahukah Anda, bahwa Anda juga dapat menghasilkan dengan menulis review atau ulasan di internet. Untuk mulai menghasilkan uang, Anda bisa mendaftar ke beberapa situs web sebagai penulis. Di situs-situs tersebut, Anda dapat mengulas buku, film, ponsel keluaran tersebut, mobil atau bahkan video game.

Bahkan, jika Anda menguasai tentang seluk-beluk mobil, misalnya, Anda bisa membangun website yang khusus membahas tentang mobil. Awalnya tentu saja tidak banyak orang melirik website/blog Anda, tapi seiring perjalanan waktu, mereka akan menjadi pengunjung setia. Saat itulah Anda mulai menghasilkan uang.

Baca juga: Kerja Online Dibayar Google? Begini Cara dan Langkah-langkahnya

Menjadi Jurnalis Freelance

Jurnalis adalah karir cemerlang bagi siapa saja yang memiliki kecintaan dan bakat menulis. Banyak situs web kini menerima tulisan dari penulis freelance. Mempekerjakan penulis artikel freelance lebih menguntungkan bagi media, karena mereka hanya membayar per artikel yang tayang.

Penting untuk dicatat bahwa ini adalah industri yang kompetitif dan menawarkan bayaran rendah untuk penulis muda. Anda mungkin memerlukan sedikit pengalaman sebelum mempertimbangkan opsi ini. Namun, jika Anda mampu menghasilkan tulisan berkualitas, Anda akan lebih enjoy menjadi penulis freelance dan menjalani profesi ini.

Meskipun tidak selalu mudah, adalah mungkin untuk menghasilkan uang sebagai jurnalis lepas. Ini adalah pilihan yang bagus untuk penulis yang kuat dengan mata yang bagus untuk cerita dan perhatian yang brilian terhadap detail. Anda bisa mendapatkan hingga Rp1 juta untuk artikel yang dipesan.

Mengikuti Kompetisi Menulis

Ada banyak sekali kompetisi menulis setiap bulan dengan hadiah uang tunai hingga puluhan juta. Bahkan, banyak brand kini rutin menggelar lomba blog dengan hadiah yang menggiurkan. Mengikuti lomba menulis akan tampak bagus di Curriculum Vitae (CV) Anda jika Anda menang.

Tidak hanya kompetisi menulis, banyak brand bahkan menggelar lomba blog SEO di mana pemenang ditentukan berdasarkan hasil di mesin pencari. Ini tentu saja bagus jika Anda senang berkompetisi.

Berpartisipasi dalam kompetisi menulis adalah cara yang bagus untuk mempertajam keterampilan menulis Anda dan menghasilkan uang saat Anda melakukannya.

Cara memenangkan kompetisi menulis:
Jadilah kreatif – Untuk mengesankan juri kompetisi, Anda harus menonjol dari baris pertama entri Anda. Cobalah untuk memulai dengan sesuatu yang mengejutkan dan, jika Anda bisa, pertimbangkan untuk bermain-main dengan teknik penulisan konvensional dan mempresentasikan ide Anda dengan cara yang tidak biasa dan mudah diingat.

Baca entri pemenang sebelumnya – Cobalah untuk menemukan entri pemenang dari tahun-tahun sebelumnya untuk melihat gaya dan argumen yang sebelumnya telah berhasil. Anda juga boleh-boleh saja membaca karya peserta lain untuk mencari ide yang mungkin luput dari perhatian mereka.

Periksa syarat dan ketentuan kompetisi – Ini sangat penting. Bahkan sebelum Anda mulai menulis untuk kompetisi, pastikan Anda memenuhi syarat untuk mendaftar. Beberapa kompetisi mungkin mensyaratkan batasan usia, dari area tertentu atau memiliki tingkat pengalaman menulis tertentu (misalnya menjadi penulis yang diterbitkan). Pokoknya jangan abaikan syarat dan ketentuan lomba, termasuk lomba blog.

Koreksi – Selalu baca ulang tulisan Anda beberapa kali sebelum mengirimkannya. Mungkin membacanya dengan keras akan membantu untuk menyoroti kesalahan ketik atau inkonsistensi dalam argumen Anda, dan ada baiknya juga meminta keluarga dan teman untuk membacanya juga siapa tahu mereka menemukan sesuatu yang Anda lewatkan.

Baca juga: Bagaimana Mendapatkan Uang Puluhan Juta dari Lomba Blog

Membuat Blog

Penting bagi seorang penulis untuk membuat blog yang dimonetisasi. Blog Anda adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan artikel Anda dan mendapatkan pengikut yang lebih besar. Membuat blog termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari menulis artikel blog yang sangat direkomendasikan.

Anda dapat memulai blog secara gratis di WordPress, Wix, atau Weebly. Anda akan dapat membuat portofolio atau menjual produk Anda di salah satu platform ini.

Anda juga dapat bergabung dengan program afiliasi untuk mendapatkan komisi ketika pembaca Anda melakukan pembelian atau mendaftar akun.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tahun 2022?

Menulis Buku

Impian setiap penulis adalah menulis buku terlaris dan bukunya diulas di beberapa media dan situs berita. Royalti dari menulis buku memang tidak seberapa, tapi jika buku Anda laris manis di pasaran, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Anda bisa menulis buku fisik atau buku digital. Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan menjual buku secara online di platform seperti Amazon Kindle atau Google Book Play. Harga buku berkisar dari $5 hingga $100.

Anda harus memulai dari yang kecil, menulis cerita pendek, puisi, artikel inspirasional, atau apapun yang menjadi passion Anda.

Mintalah Tip dari Pembaca Anda

Banyak penulis tidak nyaman dengan meminta sumbangan pembaca tetapi tombol sederhana yang memungkinkan pembaca Anda memberi tip bahwa Anda tidak seburuk yang Anda pikirkan.

Menggunakan platform seperti Saweria atau Trakteer, Anda dapat menerima tips dari pembaca setia karya Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang sebagai penulis. Menggunakan platform Saweria atau Trakteer adalah cara terbaik mendapatkan uang dari menulis online sebagai penulis pemula.

Penulis Hantu (Ghost Writer)

Jika Anda lebih tertarik pada uang daripada ketenaran, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi penulis hantu (ghost writer). Jika Anda bingung bagaimana cara kerja penulis hantu, ada baiknya Anda menonton film Ghost Writer.

Siapa Penulis Hantu?
Seorang penulis hantu membuat artikel untuk diterbitkan di bawah merek lain. Atau menulis atas nama orang lain.

Seorang ghost writer tidak peduli dengan pengakuan atas artikel mereka. Mereka lebih peduli pada jumlah uang yang mereka terima. Soalnya, sebagai penulis hantu bayaran yang mereka terima bisa dua kali lipat jika artikel itu atas nama mereka sendiri.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

Kesimpulan
Ada banyak cara mendapatkan uang dari menulis artikel, beberapa di antaranya bahkan tidak ada dalam daftar di atas, yaitu: menghasilkan uang sebagai penerjemah lepas, menghasilkan uang dengan menulis di media sosial. Jadi cobalah salah satu dari cara di atas dan perhatikan mana yang lebih memungkinkan untuk Anda lakukan. Selamat mencoba.

Berita sebelumya7 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah
Berita berikutnyaSlot Online: Alternatif Menghasilkan Uang Secara Online dari Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here